Masih Bingung! Inilah 7 Perbedaan iOS dan Android Lebih Canggih dan Unggul Mana

Masih Bingung! Inilah 7 Perbedaan iOS dan Android Lebih Canggih dan Unggul Mana

perbedaan iOS dan Android-perbedaan iOS dan Android-

DISWAYJATENG.ID – Kedua sistem operasi dari iOS dan Android memang memiliki perbedaan yang sangat menonjol. Dari bebagai sisi yang berbeda seperti update aplikasi, kamera, desain, dukungan software, jadwal rilis, tingkat keamanan dan masih banyak lagi.

Untuk itulah berikut 7 perbedan iOS dan Android, lebih canggih dan unggul mana menurut anda?

BACA JUGA:HP Gaming Paling Sangar Performa Gahar 2023

1. Desain

Desain dari iOS memang menjadi ciri khas, jika seseorang melihat sepintas pasti tahu bahwa itu adalah handphone iPhone. Berebeda dengan desain perangkat Android yang begitu banyak sekali pilihannya. Ada bezelnya yang tipis, lebar dan masih banyak lagi bentuknya. Jika disimpulkan desain ponsel Android dapat terlihat dari merek yang memiliki ciri khasnya.  

2. Harga Device

Hal ini bervariasi dari harga terendah hingga sampai tertinggi, tergantung dari jenis merek handphone. Identik terlihat mahal atau overprice yang pasti anda kenal yaitu iOS, karena sejak ponsel ini muncul harganya sudah melambung tinggi.

Alasannya terlihat lebih mahal, mungkin disebabkan iOS melakukan banyak riset yang cukup lama dan memikirkan kualitas dari segi material.

Akan tetapi jika ponsel Android sering dibanderol murah, karena Android memiliki pasar dunia yang tertinggi. Untuk anda yang memiliki sedikit uang namun ingin memiliki handphone dengan fitur yang canggih dan unggul dapat membeli ponsel android.

BACA JUGA:Pingin Hp Android Anda Awet dan Berfungsi Maksimal? Ikuti 23 Cara Merawat Hp Ini

Tapi ada juga ponsel Android dengan harga yang mahal dan sama halnya dengan iPhone. Sehingga dapat kita simpulkan bahwasanya ada harga pasti ada rupa.

3. Penggunaan Baterai

Dari keduanya Android lebih unggul dari iOS. Karena saat ini banyak merek atau brand ponsel Android yang menyediakan kapasitas baterai yang besar dan terbilang tahan lama. Sehingga untuk bermain game sangat awet atau tidak boros.

Sedangkan iOS memiliki kekurangan dari segi penggunaan baterai yang boros, jika terlalu lama untuk bermain game atau lain sebagainya.\

3. Keamanan

Dari segi keamanan iOS memang terkenal lebih aman dibandingkan dengan Android. Alasanya karena di App Store lebih sulit, disebabkan karena adanya permission atau izin yang lebih ketat.

Sedangkan di Google Play Store lebih mudah dan lebih banyak aplikasi yang termuat di Paly Store. Akan tetapi itu tidak menjamin semua aplikasi yang masuk ke Play Store bagus dan aman.

BACA JUGA:Bocoran Pembaruan Fitur iOS 17 yang Akan Segera Rilis, Apa saja?

4. Tipe Software

Tipe software iOS dan Android juga berbeda. Terlihat dari iOS yang masuk ke tipe closed source, sedangkan Android itu termasuk ke dalam tipe software open source.

Seperti halnya, closed source merupakan perangkat lunak yang sumber kodenya tidak dapat dibagikan (khusus untuk Perusahaan). Kelebihannya cukup banyak, dari segi keamanan lebih terjamin dan pengembangan full support.

Sedangkan jika open source adalah perangkat lunak yang sumber kodenya dapat terpakai oleh banyak orang. Contohnya jika anda mempunyai komunitas dan ingin mengembangkan sistem operasi. Maka dapat gunakan sumber kode Android dan bergabung ke dalam AOSP.

5. Kamera

Semua aplikasi sekarang sudah terintegrasi dengan fitur kamera. Contohnya saat anda menggunakan aplikasi Instagram untuk merekam video ataupun memotret.

Pada salah satu kamera fitur perekaman video Instagram iOS terlihat sangat mulus dan jernih. Akan tetapi saat menggunakan Android untuk perekaman video di instagram terlihat tidak stabil.

Dikutip dari berbagai sumber ternyata iOS bekerja sama dengan pihak Instagram, sehingga menghasilkan video dengan framr rate scene yang halus.

6. Ekslusif Aplikasi

Toko aplikasi Android yaitu Play store dan App store untuk iOS, walaupun keduanya sama memiliki toko aplikasi. Akan tetapi kenyataannya aplikasi yang hadir di perangkat smartphone tidak semuanya ada begitu juga di aplikasi iOS maupun Android. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: