Kebakaran TPA Putri Cempo, Pj Gubernur Jateng: Hari ini atau Besok Water Bombing Sudah Datang

Kebakaran TPA Putri Cempo, Pj Gubernur Jateng: Hari ini atau Besok Water Bombing Sudah Datang

JELASKAN - Pj Gubernur Jawa Tengah Komjen (Pur) Nana Sudjana memberikan penjelasan.--

DISWAYJATENG, SEMARANG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (P) Nana Sudjana AS MM mengatakan, bantuan water bombing dari BNPB akan tiba hari ini atau besok. Alat itu akan digunakan untuk penanganan kebakaran di TPA Putri Cempo, Mojosongo, Kota Surakarta.

"Penanganan (api) belum benar-benar padam. Kami putuskan minta bantuan water bombing dari BNPB. Insyaallah hari atau besok akan turun water bombing dari BNPB itu," kata Nana Sudjana saat ditemui usai rapat paripurna di Gedung DPRD Jawa Tengah, Senin 18 September 2023.

BACA JUGA:Ini Dia 7 Rekomendasi Laptop Murah dengan Spesifikasi Terbaik 2023

Nana menjelaskan semua administrasi untuk permintaan bantuan water bombing ke BNPB sudah dituntaskan Minggu 17 September 2023. Nana juga sudah berkoordinasi langsung dengan Kepala BNPB tepat saat mengecek ke lokasi bersama Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

"Kemarin kami mengecek terjadinya kebakaran di TPA Putri Cempo Solo. Lahan TPA seluas 17 hektar yang terbakar 2 hektar. Tapi sudah dilokalisir dan kemarin kita mengerahkan 59 damkar dari Soloraya, Semarang, dan kami minta bantuan juga ke DIY dan water canon dari Polri. Petugas itu ada sekitar 350 personel termasuk TNI-POLRI," katanya.

BACA JUGA:Hanya 3 Menit Nonton Video Bisa Hasilkan Rp15 Ribu, Ini Aplikasi Penghasil Uang yang Terbukti Membayar!

Sementara terkait perkembangan penanganan kebakaran TPA Putri Cempo hingga saat ini masih terus dilakukan. Kobaran api sudah tidak ada sejak kemarin namun masih ada titik api dan kepulan asap dari tumpukan sampah. Maka dari itu water bombing dibutuhkan untuk mempercepat proses dan memastikan api benar-benar padam karena masyarakat juga terkena dampak asap.

"Alhamdulillah sudah mulai menurun karena memang disana bagus untuk penataan TPA itu, jadi dibuat per blok. Jadi ada jalan yang memisahkan antarblok sehingga hanya 2 hektar yang terbakar," ungkapnya.

BACA JUGA:Tahukah Anda Apa itu KUR ? Pelajari 4 Syarat dan 5 Cara Mengajukannya

"Memang ada masyarakat yang terdampak dari asap itu makanya kami usahakan segera dapat diatasi," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id