Ini Dia 9 Perbedaan Antara Notebook vs Laptop yang Perlu Anda Tahu, Jangan salah beli, Yuk Simak!

Ini Dia 9 Perbedaan Antara Notebook vs Laptop yang Perlu Anda Tahu, Jangan salah beli, Yuk Simak!

Perbedaan notebook vs laptop-google-

DISWAY JATENG - 9 perbedaan antara notebook vs laptop yang perlu anda tahu, Jika ingin memilih diantaranya. Secara umum, keduanya memiliki fitur-fitur yang hampir sama.

Akan tetapi, jika menelusuri lebih dalam lagi spesifikasinya, akan menemukan perbedaan yang cukup signifikan diantara keduanya.

Perbedaannya terletak pada prosesor yang berpengaruh dalam kecepatan atau performa sistem operasi Chatting padahal di bawah ini kita akan membahas perbedaan notebook versus laptop mulai dari spesifikasi kelebihan dan kekurangan. 

Yuk simak artikel ini dari berbagai sumber.

Perbedaan notebook dan Laptop

Dalam era teknologi saat ini, perangkat komputer portabel seperti laptop dan notebook itu semakin populer.  Keduanya menawarkan kenyamanan dan mobilitas yang tinggi sehingga memungkinkan pengguna dalam bekerja, belajar, atau bermain game kapan pun dan di mana pun.

Meski keduanya terlihat mirip, notebook dan laptop sebenarnya memiliki perbedaan yang lumayan signifikan dalam hal fitur serta spesifikasinya loh. apa saja berikut penjelasannya:

BACA JUGA:Rekomendasi Merek Laptop harga 2 Jutaan, cocok untuk Pelajar!

1. Dimensi layar

Hal yang paling jelas terlihat adalah dimensi layar notebook umumnya memiliki layar yang lebih kecil dibandingkan laptop ukuran notebook. Hanya bergeser sekitar antara 11 hingga 14 inci.

Sementara laptop memiliki layar yang lebih besar sampai 17 inci. Perbedaan ini tentu mempengaruhi pengalaman visual bagi pengguna layar laptop yang lebih besar menawarkan lebih banyak ruang kerja dan nyaman ketika sedang digunakan multitasking.

BACA JUGA:4 rekomendasi laptop Acer paling murah 2023, Mulai dari 3 hingga 6 Jutaan!

2. Berat

Perbedaan lainnya yaitu terletak pada beratnya atau biasanya notebook lebih ringan dibandingkan laptop. Hal ini karena notebook hanya memiliki berat sekitar 1 hingga 2 kg, sedangkan laptop itu memiliki bobot hingga 3 - 5 kg. bobot yang ringan membuat notebook menjadi pilihan lebih tepat dan nyaman untuk dibawa saat bepergian.

3. Keyboard

Ukuran keyboard juga menjadi perbedaan yang signifikan antara notebook vs laptop. Secara keseluruhan laptop juga memiliki keyboard yang lebih besar itu membuat pengguna lebih nyaman saat mengetik. Terutama ketika membutuhkan waktu yang lama sedangkan notebook memiliki keyboard yang lebih kecil.

4. DVD ROM

DVD ROM juga menjadi perbedaan antara notebook vs laptop. Laptop dilengkapi dengan perangkat DVD ROM Internal yang memungkinkan pengguna untuk membaca dan meulis kepingan kaset.

Di sisi lain notebook tidak memiliki perangkat DVD ROM bawaan namun ini bukanlah masalah besar karena kebanyakan aplikasi dan media saat ini dapat diakses secara digital melalui internet.

5. Daya tahan baterai

Aspek penting dalam perangkat komputer itu adalah daya tahan baterai. Dalam hal ini notebook dan laptop ini cukup memiliki perbedaan yang mencolok. Jika notebook memiliki daya tahan baterai yang lebih lama dibandingkan laptop.

Sementara itu laptop biasanya memiliki daya tahan yang lebih pendek karena spesifikasinya lebih tinggi. Baterai pada laptop biasanya lebih besar dan berat. Namun daya tahannya dapat bervariasi tergantung merek dan spesifikasinya. Daya tahan laptop itu mampu bertahan selama kurang lebih 4 jam sebelum perlu diisi ulang kembali.

6. Prosesor

Prosesor adalah komponen inti dalam komputer yang mempengaruhi performa perangkat secara keseluruhan. Dalam hal ini laptop umumnya memiliki keunggulan dibandingkan dengan notebook.

Laptop biasanya dilengkapi dengan prosesor lebih kuat seperti seri Intel core i5 atau i7 yang mampu menangani perintah atau tugas-tugas berat secara mudah.

Di sisi lain notebook biasanya dilengkapi dengan prosesor yang lebih rendah seperti Intel Celeron atau Pentium, sehingga notebook yang lebih cocok digunakan untuk tugas-tugas yang ringan seperti browsing web atau hanya untuk mengetik.

7. VGA

Adanya kartu grafis atau sering disebut juga juga memiliki perbedaan penting di antara laptop dan notebook. Ini karena umumnya dilengkapi dengan kartu grafis yang lebih canggih. Jadi memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi berat, seperti game atau rendering video.

Sementara notebook biasanya menggunakan kartu grafis terintegrasi yang cukup untuk tugas-tugas sehari-hari saja seperti menampilkan multimedia dan tugas.

8. Kapasitas RAM

Kapasitas RAM pada laptop biasanya lebih besar dibandingkan notebook. Dengan kapasitas yang lebih besar menjadikan pengguna lebih mudah dalam menjalankan tugasnya.

Hal ini karena dapat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dengan lancar tanpa ngelag dan meningkatkan performa sistem secara keseluruhan.

Sementara notebook itu memiliki kapasitas RAM yang lebih kecil jadi dapat memungkinkan mengalami keterbatasan dalam menjalankan berbagai tugas atau ketika multitasking.

9. Harga

Soal harga juga menjadi pertimbangan banyak orang ketika sedang memilih laptop atau notebook. Pada umumnya laptop memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan notebook.

Hal ini dikarenakan spesifikasi dan fitur pada laptop itu yang ditawarkan lebih tinggi. Akan tetapi harga pada kedua jenis perangkat tersebut itu bervariasi tergantung dengan hal-hal seperti merek model dan spesifikasi yang dipilih.

BACA JUGA:Rekomendasi Merek Laptop harga 2 Jutaan, cocok untuk Pelajar!

Kelebihan dan kekurangan notebook versus laptop

setelah memahami apa perbedaan antara notebook dan laptop. sekarang Anda dapat melihat kelebihan dan kekurangan pada masing-masing perangkat tersebut.

Berikut kelebihan dari notebook

1. Portabilitas yang tinggi dan ringan untuk digunakan di mana saja daya tahan baterai yang lama dan hemat daya.

2. Performa yang baik untuk kegiatan sehari-hari harga yang lebih terjangkau kemampuan untuk di upgrade upgrade pada beberapa model.

Kekurangannya dari notebook 

1. Spesifikasi yang lebih rendah tidak cocok untuk tugas berat seperti mengedit video ataupun gaming-gaming yang besar.

2. Penyimpanan yang kapasitasnya lebih kecil dibanding laptop.

3. Layar dan keyboardnya yang lebih kecil perangkat berpotensi panas saat digunakan dalam waktu lama.

 

Nah sekarang kelebihan pada laptop sebagai berikut:

1. Portabilitas yang tinggi cocok loh untuk bekerja dan belajar di mana saja. Fitur yang lengkap dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari lalu kemampuan untuk terhubung ke internet secara nirkabel atau menggunakan LAN

2. Penggunaan baterai selama beberapa jam tanpa perlu sumber daya listrik.

3. Perangkat dapat diatur sesuai dengan preferensi.

4. Performanya yang lebih tinggi dibandingkan dengan notebook.

5. Kapasitas penyimpanannya lebih kecil dibandingkan notebook.

Kekurangan pada laptop itu juga ada beberapa hal sebagai berikut:

1. Harga yang relatifnya lebih mahal dibanding notebook.

2. Cenderung menghasilkan panas yang tinggi.

3. Upgrade itu sulit dilakukan.

BACA JUGA:9 Laptop Murah Untuk desain Grafis harga dibawah 10Jutaan!

Nah itulah sederet perbedaan notebook versus laptop yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum membeli diantara perangkat tersebut.

Sekedar tips jika memiliki kendala dalam hal budget alih-alih membeli Anda juga dapat melakukan penyewaan laptop atau komputer melalui penyewaan terdekat. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: