Sebanyak 22 Kepala Desa Petahana Maju dalam Pilkades Serentak Gelombang I Kabupaten Tegal

Sebanyak 22 Kepala Desa Petahana Maju dalam Pilkades Serentak Gelombang I Kabupaten Tegal

RAKOR - Kepala Dinas Permades memimpin rakor pengarah dan pemantau Pilkades serentak tingkat Kabupaten Tegal. Foto : Hermas Purwadi/Radar Slawi --

DISWAYJATENG, SLAWI - Jelang penetapan bakal calon kades menjadi calon kades untuk maju Pilkades serentak gelombang I. Tercatat ada sebanyak 22 kades petahana yang maju diperhelatan tersebut. 

Kepala Dinas Permades Kabupaten Tegal Desy Arifianto didampingi Pejabat Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat Moelyono HS menyatakan, pihaknya kali ini menggelar rapat koordinasi panitia pengarah dan pemantau Pilkades serentak gelombang I tingkat Kabupaten Tegal. Dalam rakor ini dibahas terkait tahapan, mulai dari persiapan, pencalonan, pemungutan suara hingga penetapan kades terpilih. 

“Saat ini kita memasuki tahapan pencalonan dimana di tanggal 15 September 2023 mendatang akan digelar agenda penetapan bakal calon kades menjadi calon kades di 47 desa yang menggelar Pilkades serentak tahap I," ujarnya.

Dari hasil rakor tersebut, turut dibahas desa yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Desa yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah desa yang jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di atas 10.000. Dan ini sudah terpetakan untuk  Desa Balapulang Wetan, Jembayat, dan Mejasem Barat. Termasuk desa yang bakal calonnya sempat terdaftar lebih dari 5, dan desa yang bakal calon kadesnya berasal dari luar desa. 

“Ini juga menjadi perhatian dalam pola pengamanan nanti," cetusnya.

Kades yang maju di ajang Pilkades serentak gelombang I, tercatat dari Kecamatan Warureja di Desa Kendayakan, Rangimulya, dan Sidamulya. Sementara di Kecamatan Kramat di Desa Mejasem Barat, Kecamatan Tarub di Desa Brekat dan Tarub, Kecamatan Pangkah di  Desa Dukuhjati Kidul dan Grobog Wetan, Kecamatan Slawi di  Desa Slawi Kulon, Dukuhwringin, Dukuhsalam, dan  Kalisapu.

Menyusul Kecamatan Lebaksiu untuk Desa Kajen dan Kesuben, Kecamatan Bojong  di Desa Bojong dan Cikura, Kecamatan Bumijawa di Desa Batumirah,  Kecamatan Dukuhwaru di Desa Kabunan, Kecamatan Dukuhturi di Desa Ketanggungan dan Debong  Wetan, serta Kecamatan Kedungbanteng di Desa Sumingkir dan Semedo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id