7 Manfaat Serai untuk Kesehatan! Cocok untuk Menurunkan Berat Badan

7 Manfaat Serai untuk Kesehatan! Cocok untuk Menurunkan Berat Badan

7 Manfaat Serai untuk Kesehatan! Cocok untuk Menurunkan Berat Badan --Image by jcomp on Freepik

DISWAYJATENG.ID - Serai selain menjadi bumbu pelengkap dalam makanan, ternyata banyak kandungan manfaat di dalamnya loh.

Serai adalah sejenis tanaman yang tumbuh subur di daerah tropis seperti Asia Tenggara. Tanaman ini memiliki batang panjang dan ramping dengan aroma yang segar dan citarasa yang unik.

Karena aromanya, serai sering digunakan untuk memberikan rasa segar dan harum pada berbagai hidangan. Terutama dalam masakan Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Selain sebagai bumbu dapur, serai juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang menarik.

BACA JUGA:5 Manfaat Air Ketumbar! Ternyata Bagus Untuk kesehatan Jantung

Manfaat dari Serai untuk Kesehatan Tubuh

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, kita selalu mencari cara-cara alami untuk menjaga atau meningkatkan kesehatan tubuh kita. Salah satunya ada serai, salah satu bahan alami yang bisa menjadi pilihan tepat. Berikut ini manfaat menakjubkan dari serai untuk kesehatan tubuh kita:

1. Mengurangi Stres

Di tengah padatnya aktivitas kita yang penuh dengan tekanan dan bisa membuat kita mengalami stres. Serai bisa menjadi salah satu obatnya untuk mengurangi atau meredakan rasa stres tersebut.

Hal itu dikarenakan, minuman serai hangat atau teh serai memiliki sifat relaksasi alami yang dapat membantu membuat tubuh merasa tenang. Terkadang, setelah seharian bekerja atau belajar, kita perlu momen relaksasi, dan secangkir teh serai bisa menjadi cara yang sempurna untuk membuat tubuh terasa lebih tenang.

2. Kaya akan Antioksidan

Antioksidan berguna untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel. Melansir dari penelitian Journal of Agriculture and Food Chemistry, kandungan antioksidan dalam serai, mampu mencegah kelainan di dalam fungsi sel pada pembuluh darah jantung.

3. Bagus Untuk Kesehatan Mulut

Tidak hanya enak di perut, serai juga bermanfaat untuk kesehatan mulut Anda. Kandungan minyak esensial dalam serai memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri dalam mulut. Ini bisa membantu menyegarkan napas Anda dan mencegah masalah seperti bau mulut.

BACA JUGA:7 Manfaat Ikan Gabus Untuk Kesehatan! Mulai dari Menjaga Kesehatan Jantung hingga Meningkatkan Fungsi Otak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diolah dari berbagai sumber