Jarang diketahui! 8 Zat dalam Buah Nipah Dapat Menyebabkan Stres

Jarang diketahui! 8 Zat dalam Buah Nipah Dapat Menyebabkan Stres

Jarang diketahui! 8 Zat dalam Buah Nipah Dapat Menyebabkan Stres-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID – Selain manfaat buah yang harus kalian ketahu, akan tetapi juga ada dari beberapa buah yang yang jika dikomsumsi berlebihan akan berdampak tidak baik untuk kesehatan.

Maka dari itu konsumsilah buah jangan berlebihan agar tetap bisa untuk membantu kesehatan tubuh kita. Sedangkan manfaat buah nipah berasal dari tinggi antioksidan di dalamnya.

Hal tersebut karena nutrisinya mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, atau yang kita kenal sebagai stres oksidatif.

Buah nipah juga mengandung tinggi antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh, dimana kandungan tersebut juga pengusir dan penetralisir radikal bebas dari dalam tubuh.

Buah nipah juga termasuk ke dalam keluarga sawit yang hampir terancam punah di Asia Tenggara, dimana pohonnya tumbuh subur pada kawasan hutan bakau di Provinsi Jambi.

Semua bagian dari pohon nipah bisa kalian manfaatkan untuk kehidupan manusia, yakni seperti contohnya daun dapat digunakan sebagai atap rumah sementara getahnya juga bisa kalian pakai sebagai bahan baku gula.

Adapun untuk buahnya dimana di dalamnya mengandung tinggi antioksidan yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh, bahkan salah satunya dapat membantu mencegah diabetes.

BACA JUGA:8 Khasiat Buah Kesemek untuk Kesehatan, No 3 Baik Bagi Kanker

Sedangkan untuk cara kerjanya dengan menghambat reaksi berantai peroksidasi yang berasal dari radikal bebas atau stres oksidatif, hal tersebut karena kandungannya berkaitan dengan hiperglikemia dan resistensi insulin pada seseorang dengan faktor risiko diabetes.

Untuk sederhananya dimana antioksidan alami di dalam buah nipah efektif mencegah, mengurangi dan memperlambat perkembangan penyakit di dalam tubuh.

Sedangkan manfaat lainnya seperti yakni menangkal radikal bebas dan racun yang berpotensi membahayakan tubuh. Sedangkan beberapa zat atau aktivitas yang meningkatkan kadar stres oksidatif dalam tubuh, antara lain:

1) Melakukan olahraga secara berlebihan

2) Trauma jaringan dalam tubuh akibat peradangan atau cedera

3) Iskemia dimana penurunan aliran darah ke jaringan atau organ tubuh akibat gangguan pembuluh darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: