Ini Dia 3 Cara Menjaga Berat Badan Ideal, Ikuti Tips ini Mudah Kok!

Ini Dia 3 Cara Menjaga Berat Badan Ideal, Ikuti Tips ini Mudah Kok!

3 cara menjaga berat badan ideal--

DISWAY JATENG -  Ini dia 3 Cara Menjaga Berat Badan Ideal. Seringkali menjaga berat badan susah bagi sebagian orang. Mempunyai berat badan ideal adalah keinginan banyak orang karena tidak hanya membuat penampilan menjadi lebih menarik tapi juga syarat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Untuk mengetahui apakah berat badan sudah ideal kalian perlu mengetahui indeks massa tubuh atau imt yang digunakan untuk menentukan kondisi kekurangan dan kelebihan berat badan pada orang dewasa untuk menghitung IMT kalian menggunakan rumus menghitung berat badan sebagai berikut

IMT = {Berat badan (kg)) / (Tinggi badan (m) x Tinggi Badan (m)}

Bagaimana hasilnya? Jadi, jika kurang dari 17 tandanya itu anda kurang berat badannya bila hasilnya antara 25 sampai 27 berarti tubuhmu sudah kelebihan berat badan dan bila hasilnya lebih dari 27 tandanya sudah obesitas.

Ada beberapa gaya hidup kehidupan atau pola hidup adalah faktor penting untuk mempengaruhi berat badan kondisi stres kurang tidur kurang aktivitas fisik. banyaknya konsumsi makanan olahan dan minuman tinggi garam, gula, lemak serta pola makan tidak seimbang merupakan bagian dari gaya hidup yang mempengaruhi kenaikan berat badan.

BACA JUGA:Ini Dia 7 Sayuran Nyaris Tanpa Kalori yang Dapat Turunkan Berat Badan

Mungkin belum banyak yang menyadari pentingnya pola tidur yang baik dan sesuai umur dengan tidur cukup maka fungsi tubuh dapat berjalan baik dan terhindar dari stress. Sebaliknya kurang tidur secara terus-menerus dapat mengacaukan hormon rasa lapar dan meningkatkan nafsu makan yang bisa membuat anda makan secara berlebihan.

Nah, setelah mengetahui imt dan faktor mempengaruhi berat badan berikut adalah tips menjaga berat badan ideal langkah-langkah untuk mewujudkan berat badan ideal yang kami rangkum dari berbagai sumbet. 

3 tips cara menjaga berat ideal sebagai berikut

1. Kurangi cemilan tinggi GGL (gula, garam, dan lemak) dan konsumsi lebih banyak buah dan sayur

Cemilan tinggi gula, garam, dan lemak tidak hanya bisa memicu penyakit jantung, diabetes atau penyakit lainnya loh. Tetapi juga bisa menambah berat badan jadi agar tetap menikmati makanan manis dan segar tanpa menambah berat badan.

Kalian perlu memakan buah-buahan seperti pepaya, nanas, anggur, salad sayur atau salad buah, yang dapat kalian konsumsi sebagai cemilan alternatif. Jadi selain menikmati rasa manis dan kalian juga dapat mendapatkan manfaat seperti vitamin dan antioksidan.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Penyebab Berat Badan Naik, Nomor 1 sering diabaikan!

2. Lakukan aktivitas fisik atau olahraga 30 menit per harinya

Kalian tidak diharuskan untuk berolahraga intens selama 30 menit per hari. Olahraga ringan saja seperti Joging atau naik turun tangga juga sudah cukup.

Anda dapat mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan menggantinya dengan bersepeda, berjalan kaki, ketika bepergian di area sekitar rumah sehingga dapat menjaga  dari berat badan dan tetap pada kondisi berat badan yang ideal.

BACA JUGA:Ini 10 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga dan Diet, Dijamin Lemak di Perut Hangus!

3. Istirahat yang cukup

Jadi istirahat itu sangat diperlukan oleh tubuh dalam menjaga tubuh tetap ideal karena begadang dapat mempengaruhi kenaikan berat badan. Hal ini dikarenakan meningkatnya hormon yang bisa meningkatkan nafsu makan dan mengganggu metabolisme tubuh.

Oleh sebab itu, sesuai anjuran CDC pastikan anda tidur selama 8 sampai 10 jam setiap hari. Nah jika Anda mengabaikan masalah berat badan saat ini dapat menyebabkan masalah yang lebih serius di masa yang akan datang.

Jadi jaga berat badan Anda agar tetap ideal mulailah dengan 3 cara menjaga berat badan ideal di atas ya!

Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: