Pengawas Sekolah Kabupaten Tegal Lantik Pengurus Baru

Pengawas Sekolah Kabupaten Tegal Lantik Pengurus Baru

DIKUKUHKAN - Kepengurusan Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia Kabupaten Tegal dikukuhkan oleh Ketua APSI Provinsi Jawa Tengah. Foto : Herrmas Purwadi/Radar Slawi --

DISWAYJATENG, SLAWI  – Untuk memantapkan organisasi dan tugas pokoknya. Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Kabupaten Tegal mengadakan pelantikan pengurus baru. Ketua APSI Provinsi Jawa Tengah  Pangarso Yuliatmoko SPd  MPd melantik secara langsung kepengurusan terpilih. Disaksikan Ketua PGRI Kabupaten Tegal, Dinas Dikbud, kepala Kantor Kemenag, Dewan Pendidikan dan Ikatan Penilik Indonesia ( IPI) Kabupaten Tegal.

Ketua APSI Kabupaten Tegal terpilih Muhammad Bukhori SPd mengatakan bahwa APSI merupakan wadah organisasi para pengawas baik dari pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Maupun pengawas yang berada di lingkungan kantor Kementerian Agama . 

“APSI merupakan sarana untuk saling bersinergi dan berbagi Kepengawawassan, sehingga harapannya APSI sebagai ujung tombak untuk pencapaian mutu pembelajaran di tingkat satuan pendidikan,” ujarnya, Kamis (24/8).

Ada 5 poin penting yang akan direalisasikan selama 5 tahun ke depan. Tentunya terkait peningkatan kompetensi pengawas,  pendampingan ke sekolah binaan untuk meningkatkan  kopetensi kepala sekolah dan guru dalam proses pembelajaran. 

“Serta menjalankan fungsi sebagai coach bagi kepala sekolah," cetusnya. 

Peran para pengawas saat ini sangat sentral terkait dengan pemberlakukan Kurikulum Merdeka. Sekaligus memastikan proses pembelajaran berpusat pada peserta didik. Pengawas juga pihaknya arahkan bisa berfungsi sebagai trainer dan dituntut untuk meningkatkan skill kepengawasan. Sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

“Termasuk sebagai pedamping kepala sekolah dan guru untuk memastikan proses pendampingan dari perencanaan disatuan pendidikan, pelaksanaan program dan evaluasi program secara pelaporan," ungkapnya. 

Anggota APSI Kabupaten Tegal saat ini terdiri 79 orang.

Mereka terdiri dari pengawas tingkat TK 2 orang, SD 44 orang, SMP 3 orang, SMK 2 orang, PAI 7 orang, MI 16 orang, MTs 2 orang dan MA  2 orang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: