Sering Tidur Dengan Kipas Angin Menyala? Ini 5 Dampak Buruknya Bagi Kesehatan

Sering Tidur Dengan Kipas Angin Menyala? Ini 5 Dampak Buruknya Bagi Kesehatan

Ilustrasi bahaya tidur menggunakan kipas angin--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Indonesia merupakan negara tropis, dengan suhu udara yang cenderung panas. Penggunaan kipas angin di rumah pun menjadi solusi bagi kebanyakan orang.

Tak terkecuali ketika tidur di malam hari, masih banyak orang yang memanfaatkan semilir sejuk angin dari kipas angin, tujuannya adalah agar bisa tidur pulas tanpa kegerahan.

Meski begitu, tidak semua orang bisa tidur menggunakan kipas angin. Bahaya tidur dengan kipas angin bisa menimbulkan efek negatif bagi orang dengan kondisi kesehatan tertentu.

Beberapa penelitian pun mengungkapkan bahwa tidur menggunakan kipas angin dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Sejumlah masalah kesehatan bisa muncul akibat penggunaan kipas angin, di antaranya:

1. Kekurangan Oksigen

Salah satu bahaya utama tidur dengan mengarahkan kipas angin ke tubuh, terutama wajah, adalah membuat tubuh kekurangan oksigen.

Sebab angin yang dihasilkan dari kipas angin bukanlah oksigen, melainkan karbon dioksida. Jika kipas angin itu diarahkan ke wajah selama tidur malam, tubuh akan kesulitan untuk mendapatkan oksigen yang cukup.

Terlebih jika kamu tidur di ruangan tertutup yang kurang ventilasi, sirkulasi udara pun tidak akan berjalan dengan baik.

2. Menimbulkan Alergi

Bahaya tidur pakai kipas angin bisa mengedarkan debu, tungau, serbuk sari tanaman, dan alergen lainnya di dalam kamar.

Alergen bisa menimbulkan reaksi alergi, seperti bersin, hidung meler, mata berair, tenggorokan gatal, maupun gangguan pernapasan.

Alergen dapat pula memperburuk kondisi asma. Apabila kamu menderita asma dan alergi, sebaiknya hindari tidur pakai kipas angin.

BACA JUGA:Inilah 8 Daftar Manfaat Kacang Pistachio Bagi Kesehatan, Salah Satunya Cegah Diabetes

3. Penurunan Suhu Tubuh

Berkeringat merupakan salah satu upaya tubuh untuk mengatur atau menyeimbangkan suhu di dalam tubuh.

Ketika tidur, manusia normalnya akan mengeluarkan keringat, sedangkan penggunaan kipas angin semalaman akan membuat keringat dalam tubuh tidak bisa keluar.

4. Menyebabkan Hidung Mampet

Sirkulasi udara yang diproduksi oleh kipas angin ketika tidur bisa menyebabkan mulut, hidung, dan tenggorokan menjadi kering.

Kondisi ini kemudian akan memicu produksi ingus yang berlebihan dan memicu sakit kepala, hidung mampet, sakit tenggorokan, bahkan membuat seseorang mudah mendengkur.

Meskipun tidak memicu penyakit tertentu, penggunaan kipas ketika tidur bisa memperparah kondisi kesehatan jika sedang sakit.

5. Menyebabkan Kulit dan Mata Kering

Udara yang dihembuskan dari kipas angin pada tubuh akan memicu kulit dan mata yang menjadi terlalu kering.

Jika tidak diatasi dengan baik, kondisi ini bisa menyebabkan kulit sangat kering seperti ditarik dan iritasi.

BACA JUGA:Ini Dia 8 Manfaat Minyak Bunga Matahari Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

Apabila cuaca panas menjadi penghambat kamu tidur tanpa kipas angin, lakukan beberapa tips berikut agar kualitas tidur tetap baik dan kesehatan kamu tidak terganggu.

1. Gunakan tirai yang berwarna terang. Sebab, tirai berwarna gelap bisa membuat ruangan terasa lebih panas.

2. Tutup jendela dan turunkan tirai saat udara di luar sedang panas. Anda dapat membuka jendela untuk ventilasi ketika udara sedikit lebih dingin.

3. Sebelum tidur, Anda bisa mandi air dingin atau hanya memercikkan air dingin ke wajah dan leher. Selain itu, boleh juga untuk mengonsumsi air dingin untuk menyegarkan diri.

4. Jika ingin tetap menggunakan kipas angin, jangan terlalu mengarahkan kipas angin langsung ke arah tempat tidur atau tubuh.

5. Rutin membersihkan kipas angin agar tidak berdebu. Debu dan kotoran yang menempel pada kipas angin harus dibersihkan untuk menghindari dampak pada kesehatan seperti reaksi alergi.

Nah, itu dia beberapa masalah kesehatan yang terjadi akibat menggunakan kipas angin saat tidur. Jadi, cobalah untuk mengurangi penggunaan kipas angin ketika tidur malam, ya.

Usahakan untuk menggunakan kipas angin seperlunya saja, dan biarkan tubuh berkeringat, karena itu jauh lebih sehat.

Atau kamu dapat memperhatikan beberapa tips di atas agar tidak mengalami dampak buruk dari penggunaan kipas angin saat tidur.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber