Tandingi Emas Mewah! Inilah 6 Kepiting Termahal di Dunia, Penasaran Ingin Mencobanya?

Tandingi Emas Mewah! Inilah 6 Kepiting Termahal di Dunia, Penasaran Ingin Mencobanya?

Ilustrasi Kepiting Termahal di Dunia--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Bukan sembarang kepiting biasa, enam kepiting langka ini disebut sebagai kepiting termahal di dunia. Harga satu kepiting ini setara dengan harga emas mewah.

Dibandingkan seafood lainnya, harga kepiting memang lebih tinggi. Tapi berbeda dengan kepiting yang disajikan di restoran, ada beberapa jenis kepiting langka yang justru dilelang sebagai barang berharga.

Seperti kepiting jenis Snow Crab asal Jepang yang laku di angka kisaran Rp 600 juta. Lalu ada juga kepiting jenis Spider Crab yang baru saja dilelang sebagai benda seni, di angka ratusan juta rupiah.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut enam kepiting termahal di dunia:

1. Kepiting Tottori

Prefektur Tottori di Jepang terkenal sebagai penghasil kepiting jenis snow crab yang berkualitas. Pada akhir tahun 2018 lalu, kepiting snow crab dari Tottori ini berhasil meraih predikat kepiting termahal di dunia.

Bahkan kepiting ini terdaftar dalam buku Guinness World Records. Disebutkan bahwa kepiting ini berhasil dijual dalam acara pelelangan. Harganya mencapai 2 juta yen (Rp 277 juta).

Kepiting ini memiliki berat sekitar 1,28 kg. Tentu saja kepiting super mahal ini tidak akan dimakan. Sang pembeli memutuskan untuk memajang kepiting mahal ini di Tottori Karo Crab Aquarium, yang ada di kota Tottori.

2. Kepiting Snow Crab

Masih di wilayah Tottori, kepiting snow crab di sana kembali memecahkan rekor dunia. Setelah di tahun 2018, Prefektur Tottori di Jepang tercatat memiliki kepiting termahal di dunia.

Di akhir tahun 2019 rekor baru kembali dipecahkan. Kali ini pusat pelelangan di Tottori berhasil menjual snow crab seharga $46.000 (Rp 647 juta). Berat kepiting ini sekitar 1,2 kg dengan lebar mencapai 14,6 cm.

Menurut sang penjual meski harga satu kepiting ini setara dengan satu mobil mewah. Tapi untuk masalah rasa tidak akan mengecewakan. Setelah dibeli, daging kepiting snow crab ini akan disajikan di restoran kelas atas di Tokyo.

BACA JUGA:Pilihan Tepat Mencegah Sembelit! Berikut 6 Manfaat Tersembunyi Buah Nangka Bagi Kesehatan

3. The Giant Spider Crab

Kepiting laba-laba raksasa yang mengerikan mengintai di sepanjang dasar laut dekat Jepang. Hidup hingga 100 tahun, makhluk raksasa ini dapat memiliki kaki lebih dari 12 kaki panjangnya dan berat lebih dari 40 pon!

Meskipun penampilannya seperti monster, kepiting laba-laba raksasa sebenarnya cukup jinak. Hewan tersebut bergerak lambat di sepanjang dasar laut, ngemil organisme mati saat bergerak melalui air.

Kepiting laba-laba raksasa tidak umum ditangkap karena mereka hidup begitu dalam di bawah gelombang. Namun, makhluk ini merupakan makanan lezat di Jepang.

Jika mereka tidak dimakan, spesies tersebut bisa dilestarikan dan dipamerkan sebagai benda koleksi yang unik - seperti spesimen taxidermi yang dijual pada tahun 2014.

Makhluk raksasa ini dilelang seharga sekitar $ 12.000 atau sekitar Rp179 juta! Kepiting laba-laba raksasa sering hidup 50 meter di bawah permukaan laut.

4. Crystal Crab

Kepiting kristal adalah salah satu varietas yang paling populer di kalangan koki kelas atas. Spesies ini memiliki cangkang tipis dan memberikan porsi daging yang besar, sehingga menjadi pilihan populer untuk restoran.

Kepiting kristal hanya hidup di sepanjang pantai barat Australia. Sebagai kepiting laut dalam, spesies ini sulit ditangkap, sehingga lebih mahal. Meskipun varietas ini tidak terancam punah, populasi terisolasi kepiting kristal meningkatkan harga.

Sebuah kepiting kristal tunggal dapat dijual seharga $ 300 atau sekitar Rp4,6 juta, menjadikannya kepiting ketiga yang paling mahal di planet ini. Berbeda dengan spesies lain, kepiting kristal tetap putih setelah dimasak.

5. Kepiting Raja Alaska

Kepiting jenis Raja Alaska masuk ke dalam daftar kepiting termahal di dunia. Proses penangkapannya yang sulit membuat kepiting ini harganya melambung tinggi di pasaran. Bahkan per 100 gram kepiting Alaska bisa dikenakan harga Rp 500.000.

Tapi meski harganya mahal, seorang YouTuber asal Singapura tetap nekat mukbang dengan menu kepiting Alaska. YouTuber bernama Zermatt Neo ini mampir ke salah satu restoran seafood premium di sana.

Ia kemudian memesan banyak hidangan kepiting Alaska berukuran besar, sebagai bentuk perayaan hari ulang tahunnya. Totalnya Zermatt menghabiskan uang sebanyak SGD 6000 (Rp 64 juta) di restoran tersebut.

BACA JUGA:Daftar 7 Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Apa Saja?

6. Kepiting Raja

Kepiting raja atau king crab memiliki ukuran yang sangat besar dan rasa daging yang enak. Sesuai dengan namanya, kepiting satu ini memiliki harga yang mahal bahkan bisa mencapai puluhan juta.

Lewat salah satu video YouTuber The Food Ranger, mereka menunjukkan seberapa mahal kepiting di wilayah China. DI sana mereka mampir ke salah satu restoran di Guangzhou.

Restoran itu menjual aneka jenis seafood eksotik. Salah satunya King Crab dengan berat di atas 10 kg. Untuk bisa menyantap hidangan ini mereka harus merogoh kocek hingga $3400 (Rp 50 juta).(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber