Cegah Hipertensi! 6 Jenis Ikan Ini Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Cegah Hipertensi! 6 Jenis Ikan Ini Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ilustrasi jenis ikan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Simak daftar ikan yang baik dikonsumsi untuk turunkan tekanan darah tinggi. Ikan kaya Omega 3 menjadi opsi terbaik yang bisa menjadi makanan rutin.

Hipertensi, juga dikenal sebagai tekanan darah tinggi, adalah kondisi di mana tekanan darah dalam arteri berada pada tingkat yang lebih tinggi dari normal secara terus-menerus.

Ini bisa menjadi masalah kesehatan serius karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya.

Beberapa ikan baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Lantas apa saja?

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 6 jenis ikan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi:

1. Ikan Salmon

Ikan Salmon adalah salah satu jenis ikan yang dikenal mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Ikan Salmon kaya akan asam lemak omega-3, terutama EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid).

Omega-3 ini dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan mengurangi tekanan darah.

Selain itu, ikan Salmon juga mengandung protein berkualitas tinggi, vitamin D, dan mineral seperti selenium, yang semuanya berkontribusi pada kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular secara keseluruhan.

Konsumsi ikan Salmon secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan darah Anda dan mengurangi risiko masalah tekanan darah tinggi.

BACA JUGA:Inilah Deretan Manfaat Buncis Bagi Kesehatan, Kaya Nutrisi dan Perlindungan dari Penyakit Kronis

2. Ikan Sarden

Ikan Sarden juga merupakan pilihan yang baik untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Ikan Sarden kaya akan nutrisi seperti asam lemak omega-3, vitamin D, dan kalsium.

Asam lemak omega-3 dalam ikan Sarden memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu menjaga kesehatan jantung serta mengurangi tekanan darah.

Selain itu, ikan Sarden juga mengandung koenzim Q10, yang dapat berperan dalam meningkatkan fungsi pembuluh darah dan tekanan darah.

Kombinasi nutrisi yang ada dalam ikan Sarden membuatnya menjadi makanan yang baik untuk memelihara kesehatan jantung dan mengatur tekanan darah Anda.

3. Ikan Makarel

Ikan Makarel juga merupakan ikan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Ikan Makarel adalah sumber kaya asam lemak omega-3, terutama EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid), yang memiliki efek positif terhadap kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Asam lemak omega-3 dalam ikan Makarel memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu melonggarkan dinding pembuluh darah, sehingga membantu mengurangi resistensi pembuluh darah dan tekanan darah.

Selain itu, kandungan protein, vitamin B12, dan selenium dalam ikan Makarel juga mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

4. Ikan Tuna

Ikan Tuna juga merupakan pilihan yang baik untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Ikan Tuna mengandung asam lemak omega-3, terutama EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid), yang memiliki efek positif terhadap kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular.

Asam lemak omega-3 dalam ikan Tuna dapat membantu mengurangi peradangan dalam pembuluh darah, meningkatkan elastisitas pembuluh darah, dan mengurangi tekanan darah.

Selain itu, ikan Tuna juga merupakan sumber protein yang baik, serta mengandung vitamin D dan selenium yang mendukung kesehatan jantung.

BACA JUGA:Daftar 9 Gejala Penyakit Batu Ginjal yang Dirasakan Tubuh, Sudah Tahu?

5. Ikan Kod

Ikan Kod memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Asam lemak omega-3 dalam ikan Kod memiliki efek antiinflamasi dan dapat membantu menjaga kelenturan pembuluh darah serta mengurangi tekanan darah.

Selain itu, ikan Kod juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang penting untuk memelihara kesehatan jantung.

Mengonsumsi ikan Kod secara teratur dapat membantu menjaga tekanan darah Anda dalam rentang normal dan mendukung kesehatan sistem kardiovaskular secara keseluruhan.

6. Ikan Teri

Ikan Teri adalah sumber protein yang mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah yang lebih rendah dibandingkan dengan ikan-ikan besar, tetapi tetap dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Ikan Teri juga mengandung vitamin D dan mineral seperti selenium yang mendukung fungsi jantung.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber