Ternyata Inilah Manfaat-Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan

Ternyata Inilah Manfaat-Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan

manfaat buah durian bagi kesehatan--

DISWAYJATENG.ID - Durian adalah buah tropis dengan kulit tebal dan duri tajam di permukaannya. Buah ini hadir dalam berbagai ukuran, seringkali sebesar bola sepak dengan berat hingga beberapa kilogram.

Kulit durian memiliki warna hijau atau coklat tergantung varietasnya, memiliki aroma yang sangat kuat dan khas, yang mungkin disukai oleh sebagian orang, dan tidak sedap bagi sebagian orang.

Di dalam kulit durian terdapat daging lunak berwarna kuning atau jingga. Daging durian terbagi menjadi banyak lobus berisi biji besar.

Rasanya kompleks, perpaduan antara manis, creamy dan sedikit asin, dengan lapisan tekstur yang lembut namun padat. Selain itu durian juga memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu:

BACA JUGA:Inilah Daftar Manfaat-Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

1. Sumber Energi Tinggi.

Manfaat pertama buah durian yaitu sumber energi yang tinggi. Buah durian mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi tahan lama. Ini menjadikannya pilihan yang baik untuk mengatasi kelelahan dan menjaga keseimbangan energi tubuh.

2. Kaya dengan Nutrisi.

Berikutnya yaitu kaya akan nutrisi. Durian mengandung vitamin dan mineral penting seperti vitamin C, vitamin B kompleks, potasium, magnesium, dan zat besi. Nutrisi ini mendukung kesehatan jantung, otot, kulit, dan sistem kekebalan tubuh.

3. Serat Pencernaan.

Buah durian mengandung serat yang meningkatkan fungsi pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

4. Kandungan Antioksidan.

Durian mengandung antioksidan seperti vitamin C dan fitonutrien, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari efek radikal bebas yang merusak dan mengurangi risiko penyakit kronis.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang.

Kandungan mineral seperti kalsium, fosfor dan magnesium dalam durian membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

6. Mengandung Tryptophan.

Durian mengandung asam amino tryptophan, yang diperlukan untuk pembentukan serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati dan tidur.

7. Mendukung Pertumbuhan dan Perbaikan Jaringan Tubuh.

Kandungan protein durian membantu dalam pertumbuhan, perbaikan dan pemeliharaan jaringan tubuh.

8. Zat Besi untuk Anemia.

Kandungan zat besi dalam durian dapat membantu mencegah atau mengobati anemia dengan cara meningkatkan produksi sel darah merah.

9. Kandungan Lemak Sehat.

Meski mengandung lemak, sebagian besar lemak dalam durian adalah lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang baik untuk kesehatan jantung.

10. Khasiat Tradisional.

Dalam beberapa budaya tradisional, durian dianggap memiliki khasiat tonik dan dikatakan dapat meningkatkan stamina, vitalitas, dan libido.

Namun perlu diingat bahwa konsumsi durian harus diimbangi dengan ukuran porsi yang tepat dan sebagian besar manfaat ini akan terlihat saat durian dimasukkan ke dalam diet seimbang dan gaya hidup sehat secara keseluruhan. .

BACA JUGA:Manfaat dari Buah Apel yang Baik Untuk kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: