Mana yang Lebih Sehat, Mandi Air Dingin atau Air Hangat?

Mana yang Lebih Sehat, Mandi Air Dingin atau Air Hangat?

--

DISWAYJATENG.ID – Mandi merupakan membersihkan diri dari kuman serta menjaga kebutuhan sehari-hari yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi, kalin juga harus tahu bahwa mandi menggunakan suhu air yang berbeda akan memberikan dampak yang berbeda pula bagi tubuh kalian.

Mungkin masih banyak dari kalian yang bingung lebih baik mandi dengan air dingin atau air hangat? Sebenarnya, mandi menggunakan air dingin maupun air hangat memiliki manfaat masing-masing bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu khasiatnya yang berbeda maka kalian sendiri mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing tubuh kalian.

Manfaat Mandi Air Dingin

Berikut merupakan manfaat mandi mengunakan air dingin bagi kesehatan tubuh kalian.

1, Meningkatkan sistem daya tahan tubuh

 

Mandi mengunakan air dingin akan merangsang tubuh untuk memproduksi sel darah putih lebih banyak.

Sel darah putih inilah yang berperan menangkal serangan berbagai virus, kuman dan bakteri yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

2. Melancarkan sirkulasi darah

 

Dengan lancarnya aliran darah keseluruh tubuh maka seluruh organ tubuh juga tetap terjaga dan terpelihara kesehatannya.

Tak hanya itu saja akan mandi mengunakan air dingin juga mampu mempercepat proses penyembuhan, serta mengurangi berbagai jenis peradangan pada tubuh.

3. Mengurangi Tingkat Stres pada pikiran

 

Mandi dengan air dingin pada pagi hari akan memastikan seluruh bagian tubuh mendapatkan pasokan oksigen dalam jumlah yang cukup. Kebutuhan oksigen pada organ yang terpenuhi akan mampu mengurangi tingkat stres yang dialami.

4. Meredakan Depresi

 

Pengidap depresi bisa mencoba mandi air dingin untuk meredakan gejala depresi yang dirasakan. Alasanya, mandi air dingin bisa membuat ujug saraf di permukaan kulit mengirimkan implus-implus elektrik pada otak.

Hal ini dijadikan sebagai salah satu sinyal agar otak tetap aktif dan segar. Serta otak juga bisa memproduksi hormon beta-endorfin yang bisa membuat kalian merasa lebih baik.

5. Mempercepat memulihkan nyeri otot dan pegal linu

 

Mandi menggunakan air dingin terutama efektif dalam mengurangi ngeri otot yang gejalanya muncul terlambat seperti beberapa hari setelah kalian berolah raga yang ekstrim.

Air dingin memiliki sifat regeneratif yang dapat membantu menenangkan nyeri otot setelah sesi latihan yang melelahkan.

Manfaat Mandi Air Hangat

Jika ingin mandi menggunakan air panas perhatikan pada suhu air yang dipakai untuk mandi sebaiknya tidak lebih tinggi dari 44 derajat celcius. Serta sebaiknya mandi dilakukan selama 5 sampai 10 menit. Berikut manfaat mandi air panas yang perlu kalian diketahui.

1. Melancarkan peredaran darah.

 

Manfaat mandi air panas bisa membuat peredaran darah lancar. Apalagi jika dilakukan di bawah pancuran dengan tekanan air yang setabil. Kalian bisa berdiri dibawah pancuran selama 5 menit juga membantu memperlancarkan sirkulasi pada arteri dan pembulu darah.

2. Mencegah insomnia dan gangguan tidur.

 

Kalian yang mengalami insomnia atau memiliki gangguan tidur makan disarankan untuk mandi air hangat sebelum tidur. Hal ini bisa membuat kalian merasa lebih tenang dan bisa tidur lebih berkualitas.

3. Mengurangi stres dan cemas.

 

Dengan menggunakan air hangat, bisa membantu merangsang otak untuk memproduksi hormon oksitosin. Hormon ini bertugas membuat perasaan kalian lebih senang dan menjadi lebih positif.

4. Melemaskan otot-otot yang tegang, kaku, dan nyeri.

 

Ketika mandi menggunakan air hangat, kalian bisa menggerak-ngerakan anggota tubuh yaitu, lelehr, pundak, pinggang aau bagian tubuh yang lain sedang mengalami kaku.

Apabila ada pancuran, kalian bisa berdiri di bawah pancuran selama 10 menit. Lalau tekanan air dari pancuran bisa dijadikan sebagai pemijta alami yang membantu meredakan otot yang nyeri dan kaku.

BACA JUGA: Jangan Malas! Ini Dia 6 Manfaat Mandi Pagi Baik untuk Kesehatan

BACA JUGA: 6 Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan di Pagi Hari

Itulah beberapa menfaat mandi menggunakan air dinggin atau air hangat, keduanya memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Hanya saja kalian yang harus bisa menyesuaikan dengan kondisi tubuh kalian. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: