Sayur Brokoli: Rasanya yang Enak dan Mempunyai 6 Manfaat untuk Kesehatan

Sayur Brokoli: Rasanya yang Enak dan Mempunyai 6 Manfaat untuk Kesehatan

Sayur Brokoli: Rasanya yang Enak dan Mempunyai 6 Manfaat untuk Kesehatan -disway jateng-

DISWAYJATENG.ID – Selain buah yang bagus untuk menjaga kesehatan kita, kalian juga harus mengimbanginya dengan mengonsumsi sayur yang kaya akan nutrisi.

Salah satu sayur yang kaya akan nutrisi yakni brokoli, dimana sayuran yang satu ini sangat bermanfaat bagi kesehatan sebab banyaknya kandungan nutrisi didalamnya.

Sayur brokoli ini dikenal sebagai menu terbaik untuk diet, bahkan bukan hanya baik dalam hal menurunkan berat badan. Tetapi ada beberapa manfaat super lainnya adalah melancarkan pencernaan, mencegah kanker dan menjaga kesehatan mata.

Jika kamu sedang ingin mencoba menu sehat dan menjalankan penurunan berat badan, maka brokoli adalah menu yang tepat sebagai santapanmu. Sayur brokoli adalah sumber antioksidan yang sangat kuat, dan selain itu sayur ini memiliki kandungan nutrisi tambahan berupa magnesium, fosfor, seng dan zat besi.

BACA JUGA:7 Manfaat Sayur Brokoli untuk Kesehatan Anak Kecil Kita

Jadi bukan hanya baik untuk menurunkan berat badansaja, akan tetapi sayur brokoli juga bermanfaat untuk kesehatan. Contohnya yakni seperti melawan sel kanker, meningkatkan kesehatan tulang dan melancarkan pencernaan.

Berikut 6 manfaat sayur brokoli untuk kesehatan kita, yakni antara lain:

1. Mendukung Keseimbangan Hormonal

Sayur ini juga mengandung senyawa tanaman yang disebut indole-3-carbinol (I3C), dimana senyawa ini dapat membantu menyeimbangkan hormon dengan mengatur kadar estrogen.

I3C juga dapat mengurangi risiko kanker payudara dan reproduksi yang diinduksi estrogen pada pria dan wanita, dan meski begitu perlu penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Menurut jurnal ilmiah berjudul Steam cooking significantly improves in vitro bile acid binding of collard greens, kale, mustard greens, broccoli, green bell pepper and cabbage yang dipublikasikan di Nutrition Research.

Mereka menyebutkan jika konsumsi brokoli kukus secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, dan proses mengukus dapat membantu nutrisi pada sayuran hijau ini tetap terjaga sehingga senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan dapat lebih maksimal bekerja untuk tubuh.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: