Ini Dia 7 manfaat Kesehatan dari Buah Zaitun

Ini Dia 7 manfaat Kesehatan dari Buah Zaitun

Ini Dia 7 manfaat Kesehatan dari Buah Zaitun-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID – Mengonsumsi buah zaitun juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita, bahkan buah yang satu ini sangat bermanfaat untuk ibu yang sedang hamil.

Menjaga kesehatan merupakan salah satu cara kita untuk bisa beraktivitas dan bekerja sehari-hari. Apalagi jika kita sering mengonsumsi buah-buahan salah satunya yakni zaitun.

Buah zaitun memiliki banyak keistimewaan bagi bumil karena kaya akan antioksidan dan nutrisi lainnya, contohnya buah ini mampu mencegah anemia serta meningkatkan kekuatan tulang ibu hamil.

Buah ini sangat tinggi vitamin E dan antioksidan kuat lainnya, selain itu kandungan lemak sehat di dalamnya dapat menghasilkan minyak melalui proses ekstraksi. Bahkan minyak zaitun menjadi salah satu komponen kunci dari diet Mediterania yang sehat.

Berikut 7 manfaat buah zaitun untuk kesehatan, antara lain:

1. Menjaga Kesehatan Rambut

Ibu hamil kerap mengalami perubahan hormon, dan kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pada rambut, seperti rambut kering atau bercabang.

Penggunaan minyak zaitun sangat membantu untuk membuat kulit menjadi lebih lembap, kamu bisa gunakan minyak ini sebagai masker rambut secara rutin.

Terdapat sebuah studi yakni 2015 pada hewan mengenai hal ini, penelitian itu terdapat dalam jurnal Plos One yang berjudul Topical Application of Oleuropein Induces Anagen Hair Growth in Telogen Mouse Skin.

Hasilnya tikus yang mendapatkan perawatan menggunakan oleuropein atau kandungan utama daun dan biji zaitun yang mampu menginduksi pertumbuhan rambut.

2. Memberikan Efek Antioksidan

Melansir dari jurnal Functional Food yang berjudul Olive Oil Antioxidant Compounds and Their Potential Effects over Health, yakni minyak zaitun mengandung banyak antioksidan.

Kandungan antioksidan yang terkandung adalah tokoferol, β-karoten, lutein, squalene, fenol lipofilik dan hidrofilik.

Banyaknya kandungan antioksidan mampu mengurangi risiko penyakit berbahaya, contohnya seperti penyakit jantung, kanker darah dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: