Jangan Anggap Remeh! Berikut 7 Manfaat Jambu Air Untuk Kesehatan

Jangan Anggap Remeh! Berikut 7 Manfaat Jambu Air Untuk Kesehatan

Ilustrasi Manfaat Jambu Air Untuk Kesehatan--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Jambu air alias Syzygium aqueum merupakan buah yang sangat populer di Indonesia. Buah ini begitu menyegarkan baik untuk dikonsumsi langsung maupun dalam bentuk olahan misalnya rujak.

Sebab, jambu air mengandung kadar air yang cukup tinggi. Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, buah ini memiliki 87 g air.

Lebih dari itu, kandungan jambu air lainnya juga menyehatkan, misalnya serat, zat besi, vitamin B dan C, kalsium, beta karoten, dan sebagainya.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 7 manfaat buah jambu air untuk kesehatan:

1. Kaya akan Vitamin C

Manfaat pertama dari jambu air yang disebutkan adalah bahwa jambu air kaya akan Vitamin C. Vitamin C adalah nutrisi penting yang berperan dalam berbagai fungsi dalam tubuh kita.

Beberapa manfaat utamanya termasuk:

Penguatan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh kita, sehingga tubuh lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit.

Antioksidan

Vitamin C adalah antioksidan alami yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dini dan penyakit kronis.

Pemulihan Luka

Vitamin C penting untuk produksi kolagen, protein yang membantu proses penyembuhan luka dan memperbaiki jaringan tubuh.

Penyerapan Zat Besi

Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan tumbuhan, membantu mencegah anemia.

2. Baik untuk Pencernaan

Manfaat kedua dari jambu air yang disebutkan adalah bahwa jambu air baik untuk pencernaan. Ini disebabkan oleh kandungan serat yang tinggi dalam buah ini.

Serat memiliki beberapa manfaat penting untuk kesehatan pencernaan kita:

Mencegah Sembelit

Serat larut dalam air, yang ditemukan dalam jambu air, membantu melunakkan tinja dan mencegah terjadinya sembelit. Serat juga meningkatkan volume tinja, membuat proses buang air besar lebih lancar.

Mendukung Kesehatan Usus

Konsumsi serat yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan usus dengan merangsang pergerakan usus yang sehat.

Mengurangi Risiko Penyakit Pencernaan Serat makanan telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit pencernaan, termasuk kanker usus besar.

Pengaturan Kadar Gula Darah

Serat dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dengan mengurangi kecepatan penyerapan glukosa dari makanan.

Menjaga Berat Badan Sehat

Makanan yang kaya serat cenderung lebih mengenyangkan, membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan berlebihan.

BACA JUGA:5 Sikap Ini Bantu Agar Kamu Tidak Gampang Berpikiran Negatif, Apa Saja?

3. Menjaga Kesehatan Mata

Jambu air mengandung zat antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin. Kedua zat ini dikenal sebagai karotenoid, yang dapat membantu melindungi mata dari efek buruk sinar UV dan kerusakan akibat penuaan.

Lutein dan zeaxanthin terkonsentrasi di bagian mata yang disebut makula, yang memiliki peran penting dalam menjaga penglihatan tajam dan mencegah penyakit mata seperti degenerasi makula terkait usia.

4. Mengendalikan Gula Darah

Serat larut dalam jambu air membantu dalam pengendalian kadar gula darah. Serat membantu mengurangi laju penyerapan glukosa dari makanan ke dalam aliran darah, yang dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Ini membuat jambu air menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang memiliki diabetes atau yang ingin menjaga kadar gula darah tetap seimbang.

5. Menjaga Berat Badan Sehat

Jambu air rendah kalori dan kaya serat, sehingga dapat membantu dalam menjaga berat badan yang sehat atau dalam program penurunan berat badan.

Serat dalam jambu air membuat Anda merasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

Selain itu, konsumsi makanan yang kaya serat dapat membantu menjaga keseimbangan gula darah, yang berkontribusi pada pengaturan berat badan.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Jambu air mengandung potasium, mineral yang penting untuk menjaga kesehatan jantung dan sistem peredaran darah.

Potasium membantu mengatur tekanan darah dengan mempengaruhi keseimbangan air dan elektrolit dalam tubuh.

Dengan menjaga tekanan darah normal, potasium dalam jambu air dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

7. Menyegarkan Kulit

Kandungan vitamin C dalam jambu air memiliki manfaat penting untuk kesehatan kulit. Vitamin C adalah nutrisi yang diperlukan dalam produksi kolagen, protein yang membantu menjaga elastisitas dan kekuatan kulit.

Dengan mengkonsumsi jambu air atau menerapkan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C, Anda dapat membantu menjaga kulit tetap sehat, mengurangi tanda-tanda penuaan, dan memberikan efek penyegaran pada kulit.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber