Inilah 7 Manfaat Sabun Pepaya Bagi Kesehatan Kulit, Kamu Wajib Tahu!

Inilah 7 Manfaat Sabun Pepaya Bagi Kesehatan Kulit, Kamu Wajib Tahu!

Ilustrasi Manfaat Sabun Pepaya Bagi Kesehatan Kulit,--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Manfaat sabun pepaya tentu saja diharapkan dapat menyehatkan dan mencerahkan kulit. Selain itu, manfaat sabun pepaya juga dipercaya dapat menyamarkan flek hitam dan bekas jerawat karena sabun pepaya terbuat dari bahan-bahan alami maka aman jika digunakan di area wajah.

Namun, untuk saat ini ada beberapa sabun pepaya yang menggunakan deterjen sintetis dan bahan lainnya sehingga dapat mengurangi kelembaban alami kulit maka dari itu penting bagi kita untuk bisa memilih produk sabun pepaya yang tepat dan juga aman.

Sabun pepaya mengandung bahan-bahan alami seperti enzim papain yang dipercaya dapat memecah protein yang bersifat anti inflamasi.

Selain itu, kandungan vitamin C dan antioksidan yang terdapat pada sabun pepaya juga dipercaya dapat mengurangi hiperpigmentasi serta merangsang produk kolagen.

Manfaat sabun pepaya juga berasal dari kandungan vitamin A yang mampu meningkatkan pertumbuhan sel kulit baru dan memudarkan bekas luka. Mau tahu lebih jelas tentang manfaat sabun pepaya?

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 7 manfaat sabun pepaya untuk kesehatan kulit:

1. Pembersihan

Manfaat pertama yaitu pembersihan, merujuk pada kemampuan sabun pepaya untuk membersihkan kulit dari berbagai kotoran dan zat-zat yang dapat menumpuk di permukaan kulit sepanjang hari.

Sabun pepaya biasanya mengandung bahan-bahan pembersih yang membantu mengangkat minyak berlebih, debu, kotoran, dan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori kulit.

Dengan membersihkan kulit secara menyeluruh, sabun pepaya membantu menjaga kulit tetap segar, bersih, dan bebas dari penyumbatan pori-pori yang dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat.

Pembersihan yang baik juga dapat memberikan dasar yang lebih baik untuk penyerapan produk perawatan kulit lainnya, seperti pelembap atau serum.

2. Pencerahan

Nomor 2, yaitu pencerahan, mengacu pada kemampuan sabun pepaya untuk membantu mencerahkan warna kulit. Kandungan utama dalam pepaya yang mendukung efek pencerahan ini adalah enzim papain.

Enzim ini memiliki sifat eksfoliasi ringan, yang berarti ia dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit.

Dengan menghilangkan lapisan sel kulit mati, papain membantu merangsang regenerasi sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Selain itu, papain juga dapat membantu menghambat produksi melanin yang berlebihan.

Melanin adalah pigmen yang memberi warna pada kulit, dan produksi berlebihan melanin dapat menyebabkan hiperpigmentasi atau noda gelap pada kulit.

Dengan meratakan produksi melanin dan mengangkat sel-sel kulit mati, sabun pepaya dapat membantu memberikan kulit yang lebih cerah dan merata.

Namun, perlu diingat bahwa hasil mencerahkan kulit dapat bervariasi tergantung pada individu dan jenis kulit.

Gunakan produk dengan bijaksana dan jangan lupa untuk selalu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan penggunaan tabir surya.

3. Pelembap

Meskipun sabun pepaya memiliki sifat pembersihan yang kuat, beberapa varian sabun pepaya juga mengandung bahan pelembap alami seperti minyak kelapa, gliserin, atau bahan pelembap lainnya.

Bahan-bahan pelembap ini membantu menjaga kulit tetap terhidrasi setelah pembersihan. Dengan kulit yang lembap, Anda bisa menghindari masalah kulit yang umum terkait kekeringan, seperti kulit kering, pecah-pecah, atau bersisik.

Kulit yang terhidrasi juga lebih mampu menjaga kehalusan dan elastisitasnya, yang penting untuk kulit yang sehat dan bercahaya.

Jadi, sabun pepaya tidak hanya membersihkan kulit, tetapi juga bisa membantu menjaga keseimbangan kelembapan kulit Anda.

Jika kulit Anda cenderung kering, Anda mungkin ingin memilih varian sabun pepaya yang kaya akan bahan pelembap untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.

BACA JUGA:Hanya di Rumah, Berikut 7 Cara Mudah Mengobati Radang Tenggorokan Selain Minum Obat

4. Pengelupasan

Manfaat keempat yaitu pengelupasan, mengacu pada kemampuan sabun pepaya untuk membantu mengangkat lapisan sel kulit mati dari permukaan kulit.

Kandungan enzim papain dalam pepaya memiliki sifat eksfoliasi, yang berarti ia dapat membantu melonggarkan dan mengangkat sel-sel kulit mati yang terkumpul.

Dengan mengangkat sel-sel kulit mati ini, sabun pepaya membantu merangsang regenerasi kulit yang lebih sehat dan segar.

Proses pengelupasan ini juga dapat membantu menghilangkan penumpukan sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan kulit tampak kusam, kasar, atau tidak merata.

5. Anti-penuaan

Anti-penuaan, mengacu pada kandungan antioksidan dalam pepaya yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Antioksidan membantu memperlambat proses penuaan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis halus, kerutan, dan kehilangan elastisitas kulit.

6. Perawatan jerawat

Selanjutnya yaitu perawatan jerawat, mengacu pada sifat antibakteri dan antiinflamasi pepaya. Sabun pepaya dapat membantu membersihkan pori-pori, mengurangi kemerahan, dan meredakan peradangan yang terkait dengan jerawat.

Namun, hasilnya dapat bervariasi tergantung pada jenis kulit dan tingkat keparahan jerawat.

7. Pengurangan noda hitam

Terakhir yaitu pengurangan noda hitam, mengacu pada kemampuan enzim dan nutrisi dalam pepaya untuk membantu mengurangi noda hitam atau bintik-bintik gelap pada kulit.

Pengelupasan ringan dari sabun pepaya dapat membantu menghilangkan lapisan kulit yang mengandung pigmen berlebih, sehingga mencerahkan noda gelap dan membuat kulit tampak lebih merata.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber