Hanya di Rumah, Berikut 7 Cara Mudah Mengobati Radang Tenggorokan Selain Minum Obat

Hanya di Rumah, Berikut 7 Cara Mudah Mengobati Radang Tenggorokan Selain Minum Obat

Ilustrasi Cara Mudah Mengobati Radang Tenggorokan selain minum obat--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Dalam istilah medis, radang tenggorokan dikenal dengan sebutan tonsilofaringitis. Pasalnya, radang tenggorokan sering disertai dengan peradangan pada tonsil atau amandel.

Penyebab umum dari radang tenggorokan adalah virus, meski pada beberapa kasus dapat juga disebabkan oleh bakteri, seperti Streptococcus beta hemolyticus, Streptococcus viridans, dan Streptococcus pyogenes.

Radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh jamur. Oleh karena itu, gejala radang tenggorokan juga menjadi sangat bervariasi, tergantung pada penyebabnya.

Radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi kuman tertentu dapat disertai keluhan batuk, pilek, dan demam.

Selain mengonsumsi obat-obatan, radang tenggorokan ternyata juga bisa diatasi dengan berbagai cara.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 7  cara mudah mengobati radang tenggorokan:

1. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup adalah langkah penting dalam mengobati radang tenggorokan. Saat Anda beristirahat, tubuh memiliki kesempatan untuk fokus pada pemulihan dan perbaikan jaringan yang meradang.

Aktivitas berlebihan atau kurang tidur dapat memperburuk kondisi tenggorokan yang sudah meradang.

Dengan memberikan tubuh istirahat yang cukup, Anda membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih efektif dalam melawan infeksi atau peradangan, yang pada akhirnya dapat mempercepat proses penyembuhan tenggorokan yang terganggu.

2. Minum Air Hangat

Minum air hangat atau teh herbal adalah langkah yang bisa membantu meredakan gejala radang tenggorokan. Air hangat memiliki efek melembutkan dan mengurangi iritasi pada tenggorokan yang meradang.

Teh herbal seperti teh chamomile atau teh jahe juga dapat memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu meredakan peradangan.

Minum cairan hangat juga membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, yang penting untuk proses penyembuhan.

Cairan hangat juga bisa membantu melonggarkan lendir dan lendir yang mungkin terjebak di tenggorokan, memberikan rasa lega.

3. Berkumur dengan Larutan Garam

Berkumur dengan larutan garam hangat adalah salah satu cara yang efektif untuk mengobati radang tenggorokan. Larutan garam hangat membantu meredakan peradangan dan mengurangi pembengkakan pada area tenggorokan.

Cara ini bekerja dengan cara mengubah lingkungan di tenggorokan menjadi kurang menguntungkan bagi bakteri dan virus yang mungkin menyebabkan infeksi.

Cara melakukannya adalah dengan mencampurkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat. Pastikan garam larut sepenuhnya.

Kemudian, gunakan larutan ini untuk berkumur selama beberapa detik, lalu keluarkan. Berkumur dengan larutan garam hangat dapat membantu membersihkan kuman dan lendir dari tenggorokan, serta memberikan sensasi rasa lega.

BACA JUGA:5 Karakter Unik yang Dipunyai Orang Bermental Kuat, Kamu Termasuk?

4. Menghirup Uap

Menghirup uap hangat adalah metode yang bisa membantu meredakan radang tenggorokan. Cara ini bekerja dengan menjaga kelembapan di area tenggorokan dan hidung, yang dapat membantu meredakan iritasi dan mempercepat pemulihan.

Untuk melakukan ini, Anda bisa mendidihkan air dalam mangkuk besar. Setelah air mendidih, letakkan mangkuk di permukaan datar dan kemudian condongkan kepala Anda di atas mangkuk, tutupi kepala dengan handuk, dan hirup uap secara perlahan.

Uap hangat membantu melembutkan lendir dan lendir di tenggorokan, sehingga lebih mudah untuk dibersihkan.

Pastikan air tidak terlalu panas sehingga tidak membahayakan kulit atau merusak jaringan tenggorokan. Juga, ingatlah untuk berhati-hati agar tidak terlalu dekat dengan air mendidih atau menghindari risiko terkena luka bakar.

5. Konsumsi Makanan Lembut

Mengonsumsi makanan lembut dan mudah dikunyah adalah penting saat mengobati radang tenggorokan. Makanan yang terlalu keras atau kasar dapat meningkatkan iritasi pada tenggorokan yang meradang.

Pilih makanan seperti sup, sereal lembut, puding, pure buah-buahan, dan makanan lembut lainnya yang tidak akan menyebabkan ketidaknyamanan saat dikonsumsi.

6. Hindari Merokok dan Asap

Jika Anda merokok atau berada di lingkungan yang terpapar asap, sebaiknya hindari hal ini selama Anda sedang mengalami radang tenggorokan.

Merokok dan paparan asap dapat memperburuk kondisi tenggorokan yang meradang dan menyebabkan iritasi yang lebih parah.

7. Gunakan Pereda Nyeri

Jika radang tenggorokan menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan yang signifikan, Anda bisa menggunakan pereda nyeri yang dijual bebas seperti parasetamol atau ibuprofen.

Namun, pastikan untuk mengikuti dosis yang tertera pada kemasan dan berkonsultasi dengan apoteker atau dokter jika Anda memiliki kondisi medis lain atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber