Siswa SMAN 1 Bumiayu Ikuti Diklat Kader Muda Bela Negara

Siswa SMAN 1 Bumiayu Ikuti Diklat Kader Muda Bela Negara

MENYERAHKAN - Kepala SMAN 1 Bumiayu Yuniarso Amirudin, S.Pd, M.Si menyerahkan dokumen kegiatan siswa mengikuti pendidikan dan pelatihan kader muda bela negara.--

BREBES, DISWAYJATENG - Sebanyak 360 siswa siswi SMA Negeri 1 Bumiayu, Brebes mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan kader muda bela negara di Batalyon Infanteri 405 Surya Kusuma Wangon, Banyumas.

Kegiatan yang merupakan rangkaian penerimaan peserta didik baru ini merupakan kegiatan rintisan dalam upaya meningkatkan ketahanan mental bagi generasi muda khususnya siswa siswi SMAN 1 Bumiayu. 

BACA JUGA:4 Murid SMAK Penabur Bersaing OSN 2023

Dalam sambutan pembukaan kegiatan ini, Yuniarso Amirudin, S.Pd, M.Si menyampaikan, kegiatan ini diwajibkan bagi seluruh peserta didik baru kelas X tahun pelajaran 2023/2024.

Beberapa tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini di antaranya, penguatan mental peserta didik yang telah memasuki tahapan baru di sekolah menengah agar mampu beradaptasi dengan lingkungan baru dan kebiasaan baru.

"Kegiatan ini juga untuk membina fisik peserta didik dengan kegiatan PBB dan latihan dasar bela negara. Serta menguatkan semangat patriotisme cinta tanah air dengan materi yang telah disiapkan oleh Yonif 405," katanya, Senin (7/8). 

BACA JUGA:MPLS, Ratusan Siswa SMA Negeri 1 Bojong Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Dia menyebutkan, kegiatan pendidikan dan pelatihan kader muda bela negara ini untuk membentuk sikap disiplin waktu, aktivitas dan pengaturan kegiatan studi dan membentuk jiwa kebersamaan serta solidaritas antar sesama rekan seperjuangan.

Kegiatan ini juga untuk melatih jiwa leadership dalam memimpin diri sendiri maupun kelompok. Kemudian membentuk iman dan taqwa pada agama yang dianut oleh individu, serta membentuk perilaku jujur, tegas, adil, tepat, dan kepedulian antar sesama.

"Kegiatan berlansung selama 3 hari dimulai Kamis 3 Agustus dan ditutup Sabtu 5 Agustus ditandai dengan penyerahan penghargaan peserta terbaik putra atas nama Adly Anafi kelas X 8 putri Widya Destiana Putri kelas X 7 dan pemenang yel yel kelas X 3," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: