Gak Usah Ambil Hati! Ini 7 Tanda Seseorang Iri dengan Pencapaianmu, Cukup Tahu Aja

Gak Usah Ambil Hati! Ini 7 Tanda Seseorang Iri dengan Pencapaianmu, Cukup Tahu Aja

Tanda - tanda orang lain iri dengan pencapaianmu--

DISWAYJATENG – Sebagai mahluk sosial, sangat wajar rasanya jika ada seseorang iri dengan pencapaianmu. Begitu  juga mungkin dengan sebaliknya.

Hubungan sosial di masyarakat sangat beragam sekali intrik-intrik yang terjadi. Masing-masing individu memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda.    

Dalam jalinan emosi manusia, kecemburuan adalah perasaan alami manusia yang dapat mendorong individu untuk mengambil tindakan yang tidak akan pernah mereka pikirkan sebelumnya. Sentimen yang kuat ini dapat dengan mudah membayangi hubungan tidak peduli seberapa kuat mereka. Ketika seseorang merasa iri dengan prestasi, kualitas, atau harta orang lain, kecemburuan dapat terwujud dengan cara yang halus namun nyata.

Dalam kebanyakan kasus, banyak tipe orang yang iri secara terbuka menunjukkan tanda-tanda yang jelas dari niat mereka, tetapi terkadang, membedakan perasaan mereka yang sebenarnya bisa menjadi sulit. Mengenali tanda-tanda seseorang cemburu padamu dapat melindungi dirimu dari kejadian yang tidak menguntungkan yang selanjutnya dapat melindungi kesehatan mental atau fisik.

Melansir dari laman fimela.com, berikut ini adalah beberapa tanda jika seseorang merasa iri padamu. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1.    Perbandingan Konstan

Ini adalah salah satu tanda paling menonjol bahwa seseorang diam-diam cemburu padamu. Perbandingan semacam ini sering kali muncul dari rasa iri atau perasaan tidak aman tentang pencapaian atau kualitas mereka.

Teman atau individu yang cemburu mungkin mendapati diri mereka terpaku pada pencapaian, harta benda, atau hubungan mereka, yang dapat menimbulkan perasaan negatif.

Mereka mungkin mengalami kebencian yang mendalam karena tidak berada dalam posisi yang sama denganmu.

Jika kamu merasakan seseorang sangat sering membandingkan dirinya denganmu, cobalah untuk terlibat dalam komunikasi terbuka untuk menghindari kekacauan lebih lanjut. Pastikan untuk membuat mereka mengerti bahwa perbandingan obsesif itu tidak sehat.

Setiap orang berbeda dan begitu pula tujuan dan pilihan hidup mereka. Buat mereka sadar akan konsekuensi kecemburuan dan bagaimana hal itu dapat berdampak negatif pada kehidupan dan karier.

2.    Sabotase Kemajuanmu

Ketika seseorang cemburu padamu, mereka mengambil tindakan merusak untuk dengan sengaja menghalangi pertumbuhan, kebahagiaan, atau tujuanmu atau untuk menciptakan citra dirimu yang buruk.

Tujuan akhir dari mengambil tindakan ini adalah untuk menjatuhkanmu atau mengurangi pencapaianmu.

Mereka mungkin menyebarkan desas-desus atau informasi negatif tentang dirimu, memanipulasi situasi untuk menghalangi jalanmu, atau memberikan nasihat yang menyesatkan. Mereka mungkin juga mencegahmu mengejar tujuanmu dengan memproyeksikan keraguan atau hal negatif.

3.    Pura-pura Memujimu

Saat mencari jawaban atas pertanyaan tentang bagaimana mengetahui apakah seseorang cemburu padamu, perhatikan perilaku mereka. Senyum palsu atas pencapaianmu, pujian tidak tulus di wajahmu, perilaku seperti itu sering kali didorong oleh kecemburuan dan keinginan untuk menyembunyikan perasaan iri atau dendam mereka yang sebenarnya.

Alih-alih merayakan pencapaianmu dengan tulus, mereka mungkin memberikan pujian yang tampak dangkal atau tidak tulus.

Meskipun mereka mungkin menawarkan pujian dan pujian di depanmu, mereka terlibat dalam menyebarkan hal-hal yang salah kepada orang lain segera setelah kamu berpaling, dengan tujuan untuk mengganggu sikapmu.

4.    Kritik Berlebihan

Penghinaan, berbicara buruk tentangmu, dan mengkritik keputusanmu adalah beberapa tanda utama seseorang iri dengan kesuksesanmu.

Alih-alih menawarkan umpan balik yang membangun atau perhatian yang tulus, individu yang cemburu akan mencari-cari kesalahan dan menemukan kesalahan dalam hampir semua hal yang kamu lakukan atau katakan.

Mereka mungkin fokus pada detail sepele atau membesar-besarkan kesalahan yang kamu buat, dengan tujuan membuatmu merasa tidak kompeten atau tidak mampu.

5.    Iri dengan Prestasimu

Jika seseorang cemburu padamu, mereka mengaitkan kesuksesanmu dengan keberuntungan atau faktor eksternal.

Dengan melakukan itu, mereka bertujuan untuk mengurangi pengakuan yang kamu terima dan membuat orang lain mempertanyakan kredibilitas atau pentingnya pencapaianmu.

Tujuan mereka mungkin untuk menyakitimu atau menciptakan ketegangan atau persaingan dalam hubungan atau lingkaran sosialmu.

6.    Keputusasaan

Segera setelah kamu memberi tahu mereka tentang rencana, sasaran, atau tujuanmu, mereka mulai memanipulasi atau tidak memotivasimu sehingga kamu tidak dapat melanjutkannya.

Mereka mungkin melontarkan komentar sinis atau kritik untuk membuatmu meragukan kemampuan dan potensimu. Selain itu, mereka mungkin meremehkan tujuan atau impian, membuatmu mempertanyakan apakah itu dapat dicapai.

7.    Rumor dan Gosip

Orang yang cemburu mungkin mengarang cerita, memelintir fakta, atau melebih-lebihkan kejadian untuk menggambarkan dirimu secara negatif. Ini adalah salah satu tanda yang jelas bahwa seseorang iri padamu.

Seseorang yang iri dengan prestasimu memiliki keinginan kuat untuk merusak kredibilitas atau status sosialmu dan perilaku kejam ini dapat membawa mereka mendekati tujuan mereka dan dapat dengan mudah menyebabkan kesalahpahaman, konflik, atau bahkan isolasi dari lingkaran sosialmu.

Ketika seseorang iri dengan kesuksesanmu, akan lebih baik kamu berhati-hati dengan sikap manis mereka. Bisa jadi, sikap manis tersebut digunakan untuk menghancurkan dirimu.

BACA JUGA:Unik dan Cerdas! Alat Pengiris Bawang Merah dari Botol Bekas, Tipis dan Rapi

Itulah 7 tanda-tanda orang lain merasa iri dengan pencapaianmu. Semoga menjadi inforamasi yang bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: