Air Terjun Kedung Pedut: Panorama Keindahan Alam yang Masih Alami di Yogyakarta

Air Terjun Kedung Pedut: Panorama Keindahan Alam yang Masih Alami di Yogyakarta

Air Terjun Kedung Pedut: Panorama Keindahan Alam yang Masih Alami di Yogyakarta-disway jateng-

DISWAYJATENG.IDSiapa disini yang suka jika berkunjung ke tempat wisata air terjun atau curug, apalagi Air Terjun Kedut Pedut ini yang masih jarang dikunjungi pengunjung menyebabkan suasana serasa masih alami.

Kalian bisa datang ketempat wisata yang satu ini bersama keluarga atau dengan teman kalian untuk sekedar duduk santau, maupun mencari tempat foto yang terbaik untuk diunggah di media sosial.

kawasan ini pernah menjadi lokasi sebuah acara televisi bertajuk traveling di sebuah stasiun swasta, dengan keindahannya memang mampu mengalahkan beberapa air terjun ternama di Daerah Yogyakarta.

Kulon Progo merupakan kawasan di Daerah Istimewa Yogyakarta yang mempunyai segudang pesona alam, keindahannya tidak kalah dengan yang dimiliki oleh Gunungkidul dan juga Bantul yang sudah punya nama dengan ikon wisatanya.

Saat ini Kulon Progo sedang mengembangkan potensi wisatanya apalagi dengan pembangunan kawasan bandara yang sebentar lagi akan resmi beroperasi.

Kawasan air terjun kedung pedut ini berada di area perbukitan, jadi tidak hanya air terjun ini saja melainkan masih banyak air terjun di sekitar yang juga belum terangkat ke permukaan namanya.

Keindahan Wisata Air Terjun Kedung Pedut

Keunikan dari wisata air terjun ini terletak pada warna air yang memiliki dua warna yaitu hijau tosca dan berwarna putih. Bagi kalian yang belum pernah sama sekali ke sini mungkin tidak akan percaya dengan warna yang disajikan.

Kawasan ini baru dibuka untuk umum pada 15 februari 2015, dan warga sekiitar biasanya menyebut air terjun ini dengan nama waterpark alami. Karena pada tempat ini ada sebuah kolam renang yang terbentuk secara alami.

Airnya pun berasal dari, sumber mata air yang terjun yang jaraknya tidak jauh dari kawasan ini.Warna yang terlihat di tempat ini bisa jadi karena pengaruh batuan dasar sungai yang larut secara perlahan sehingga merubah warna air seperti yang terlihat sampai saat ini.

Secara keseluruhan bila dihitung kawasan kedung pedut ini mempunyai hampir 5 kedung, yaitu Kedung anyes, kedung lanang, kedung wedok, kedung merak, kedung merang.

Dimana setiap kedung mempunyai kedalaman yang cukup beragam dan kalian bisa memilih mau terjun dimana. Kedut pedut berasal dari dua kata yaitu kedung yang berarti genangan, dan pedut yang berarti dalam.

Jadi kedung pedut mempunyai arti genangan air yang cukup dalam, dan dilihat dari kedalamannya memang cukup dalam sekitar 2 sampai 3 meter. Dalam sekali bukan Bahkan kolam renang buatan jarang memakai kedalaman seperti ini.

Sebenarnya kolam ini ada dua yakni dimana yang satu berada di dekat air terjun utama, tetapi disarankan bagi kalian jangan berenang cukup menikmatinya saja, hal tersebut karena kawasannya yang cukup berbahaya.

Selain kedua kolam ini masih ada beberapa kolam kecil yang tersaji disini, kolam-kolam kecil ini membentuk seperti sebuah tangga. Untuk menikmatinya kalian bisa melihatnya dari atas gardu pandang.

Disini keindahan Air Terjun Kedung Pedut terhampar di depan mata, dengan warna airnya yang biru sungguh sangat menyilaukan. Beberapa fasilitas pun sudah dibangun di kawasan ini seperti kursi, jembatan dari kayu, warung-warung penjual makanan, musholla, toilet, ruang ganti dan masih banyak lagi.

Bahkan ada yang menarik di kawasan ini pada saat kalian memutuskan untuk berenang, maka lompatlah dari sebuah jembatan kayu ke bawah dan rasakan sensasi yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

BACA JUGA:6 Wahana Menyenangkan yang Ada di Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Demikian itulah sekilas tentang keindahan wisata Air Terjun Kedung Pedut Yogyakarta, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: