Animo Peserta Duta Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Membludak, Mulai Tahapan Tes Tertulis

Animo Peserta Duta Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Membludak, Mulai Tahapan Tes Tertulis

PANTAU - Kepala DLH didampingi Kabid Penataan Lingkungan memantau pelaksanaan tes tertulis pemilihan Duta Lingkungan Hidup. -Hermas Purwadi-

SLAWI, DISWAYJATENG - Animo peserta pemiliHan Duta Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal tahun 2023 memludak.

Peserta yang merupakan pelajar tingkat SMA, SMK, dan MA ini ambil bagian untuk bersaing menjadi yang terbaik. Dari data jumlah pendaftar tercatat ada sekitar 86 pelajar. 

Namun saat dan pada seleksi  tahap I yang meliputi ujian tertulis, peserta yang hadir tercatat ada 65 orang.

BACA JUGA:DLH Kabupaten Tegal Gulirkan Tahapan Seleksi Duta Lingkungan Hidup

Kepala Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) Mochtar Mawardi SKM MKes didampingi Kabid Penataan Ligkungan, Taroyo ST MT  menyatakan untuk seleksi tahap I atau tes tertulis digelar di ruang Bapeda Litbang. 

"Seleksi tahap I atau tes tertulisini dilaksanakan dengan cara  peserta menjawab pertanyaan pilihan ganda sebanyak 80 soal dengan tema pengetahuan umum seputar lingkungan hidup. Materi soal berasal dari semua bidang yang ada di DLH. Dari hasil seleksi tahap I akan dipilih masing-masing 15 besar kategori putra dan putri , Jadi total ada 30 orang dengan  nilai tertinggi untuk bisa mengikuti seleksi tahap II," ujarnya Senin ( 31/7) kemarin.

Keduanya menyatakan upaya untuk menumbuhkan pemahaman dan kesadaran masyarakat mengenai peran penting lingkungan hidup dalam menopang perikehiduan manusia harus dilakukan secara terus-menerus, untuk dapat mengubah perilaku yang lebih bersahabat dengan lingkungan hidup. 

BACA JUGA:DLH Kabupaten Tegal Gulirkan Lomba Kreasi Daur Ulang Sampah

"Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menumbuhkan kader-kader lingkungan hidup sebagai penggerak di tengah masyarakat melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan lingkungan hidup terutama yang menyasar generasi muda sebagai generasi penerus bangsa," cetusnya.

Ditegaskan bahwa maksud digelarnya pelaksaan kegiatan Pemilihan Duta Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Tahun 2023, diantaranya untuk memberikan pendidikan dan pelatihan di bidang lingkungan hidup kepada masyarakat terutama pada generasi muda pelajar SMA/SMK/MA di seluruh Kabupaten Tegal. 

BACA JUGA:DLH Kabupaten Tegal Susun Rencana Aksi Pengurangan Bahaya Timbal

"Kami ingim memberikan wawasan kepada generasi muda tentang permasalahan lingkungan hidup yang riil terjadi di tengah-tengah kehidupan masyarakat, serta memberikan  dorongan kemampuan analisis, kreatifitas dan kemampuan menyelesaikan masalah kepada generasi muda tentang permasalahan lingkungan hidup yang terjadi di sekitar kita," ungkapnya.

Sesuai rencana, peserta yang lolos ke seleksi tahap II akan mengikuti fildtrip ke TPA Penujah Kecamatan Kedungbanteng.

BACA JUGA:DLH Kabupaten Tegal Kunjungi Balai Pemantapan Kawasan Hutan dan Tata Lingkungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: