Ini Dia Daya Tarik yang Mempesona di Candi Ratu Boko Yogyakarta

Ini Dia Daya Tarik yang Mempesona di Candi Ratu Boko Yogyakarta

Ini Dia Daya Tarik yang Mempesona di Candi Ratu Boko Yogyakarta-disway jateng-

DISWAYJATENG.IDBerwisata sekaligus mencari ilmu pengetahuan sangat menyenangkan bukan, sama halnya jika kalian berkunjung ke tempat wisata Candi Ratu Boko yang menawarkan keindahan serta ilmu sejarah yang ada.

Tempat wisata yang satu ini juga sangat bagus untuk perkembangan daya ingat bagi anak kita akan sejarah masa lalu yang ada. Wisata ini juga sangat cocok bagi kalian yang ingin berlibur bersama keluarga maupun pasangan kalian.

Wisata Situs Ratu Boko, atau Candi Ratu boko merupakan peninggalam sejarah negeri ini yang paling berharga, karena banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari sini. Bahkan untuk keindahannya pun juga tidak kalah menggiurkan dengan yang lain.

Berikut daya tarik yang mempesona di wisata Candi Ratu Boko Yogyakarta, antara lain:

Daya Tarik Candi Ratu Buko

Wisata situs ini berada di atas bukit dengan ketinggian yang mencapai 200 mdpl, bahkan bisa dibilang kawasan ini, adalah sebuah kawasan keraton yang cukup lengkap diantara keraton jawa lainnya.

Dimana kompleks bangunan ini cukup lengkap tediri dari pintu gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian dan juga pagar pelindung. Terlihat hamparan sawah candi dan terkadang kereta api yang sedang melintas menjadi pesona yang cukup menarik.

Apalagi untuk udaranya yang sejuk karena banyaknya pepohonan dan rumput-rumput yang serba hijau, untuk menikmati pemandangan ini bisa dengan duduk di kursi-kursi yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Dari sekian banyak daya tarik yang dimiliki oleh situs ini ada satu hal yang membuat siapa pun pengunjung rela untuk menunggu, yakni keindahan pesona matahari erbenam atau sunset yang begitu cantik dan tidak ada tempat yang bisa menyuguhkan pemandangan seindah ini.

Warna oranye matahari tepat berada ditengah pintu gerbang situs dan berpadu dengan warna langit yang menggemaskan. Bisa dipastikan tempat ini mampu menghasikan foto terbaik dengan landscape yang terbaik pula.

Semuanya seakan terasa tepat dan pas, akan tetapi sekali lagi yang namanya pesona Matahari terbenam adalah sebuah pesona keberuntungan, karena biasanya kabut dan awan akan menyelimuti kawasan ini.

Tidak hanya itu saja ada pula tempat perkemahan, trekking, paket wisata edukatif dan pemandu yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung.

Harga Tiket Candi Ratu Boko Yogyakarta

Harga tiket lokasi ini bisa dibilang cukup murah, yakni dimana ada tiket terusan yang bisa dibeli di Candi Prambanan dengan harga Rp30.000, hingga Rp40.000 saja.

Jika para pengunjung menggunakan tiket terusan ini, maka akan disediakan sebuah Shuttle Bus yang akan mengantarkan para pengunjung dari Candi Prambanan menuju Keraton Ratu Boko pulang pergi.

Hanya saja Shuttle ini tersedia sampai pukul 16.00 WIB, Setelah itu para pengunjung bisa naik ojek menuju ke Candi Prambanan. Oleh karena itu saat berkunjung ke Candi Prambanan disarankan untuk berkunjung ke Keraton Ratu Boko terlebih dahulu, baru menikmati Candi Prambanan.

Jika para pengunjung berminat untuk datang langsung ke tempat ini, maka harga tiketnya sebesar Rp25.000 untuk usia diatas 6 tahun, sedangkan bagi yang berusia dibawah 6 tahun yakni Rp10.000.

Sedangkan untuk wisatawan asing dikenakan biaya sebesar 13 dollar, sebenarnya harga yang ditawarkan ini cukup mahal untuk sekelas situs kerajaan. Hanya saja  bangunan peninggalan keraton ini sudah berusia ratusan.

Olah karena itu untuk biaya perawatannya juga cukup mahal, kecuali jika pengunjung datang saat Sunset tiba, maka harga tersebut bisa jadi cukup murah dengan hasil yang akan didapatkan.

Lokasi Candi Ratu Boko

Wisata Candi Ratu Boko terletak di Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman.

Petunjuk Jalan Menuju Candi ratu Boko

Jika dari arah Kota jogja ambil jalur jalan Solo sampai tiba di lampu merah pertigaan pasar Prambanan, kemudian belok ke kanan dan berjalan sekitar 3 kilometer. Setelah dari sini maka akan ada papan petunjuk yang akan menjadi pemandu para pengunjung.

BACA JUGA:Candi Ratu Boko: Keindahan Tempat Wisata yang ada di Yogyakarta

Demikian itulah pembahasan kita mengenai keindahan daya tarik wisata Candi Ratu Boko, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: