Yuk Berburu Kuliner Di Simpang Lima Semarang Yang Enak, Murah Meriah, Dan Juga Khas

Yuk Berburu Kuliner Di Simpang Lima Semarang Yang Enak, Murah Meriah, Dan Juga Khas

Yuk Berburu Kuliner Di Simpang Lima Semarang Yang Enak, Murah Meriah, Dan Juga Khas--

 DISWAYJATENG.ID - Sobat traveler, berikut ini daftar rekomendasi tempat wisata kuliner enak di Simpang Lima Semarang dan sekitarnya yang terkenal wajib dicoba. Mulai dari makanan khas lumpia, nasi ayam, nasi pecel, tahu gimbal, hingga menu modern kekinian bisa Anda temukan di sana.

Jika Kota Yogyakarta punya Malioboro, maka Semarang memiliki Simpang Lima yang hampir selalu ramai pengunjung. Sesuai namanya, Simpang Lima merupakan titik pertemuan lima jalan besar di Kota Semarang, antara lain Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gajah Mada dan Jalan Ahmad Dahlan.

Sebagai ikon pariwisata Semarang, kawasan Simpang Lima menawarkan berbagai daya tarik, salah satu diantaranya adalah aneka kuliner enak yang menggoyang lidah. Di sana, terdapat Pujasera berisi sekitar 20 kios penjual makanan, mulai dari hidangan berat, camilan, hingga minuman hangat / dingin. Selain Pujasera, tempat makan lain pun mudah ditemukan di sekitarnya.

Nah, buat Anda yang kebetulan sedang berada di sana, berikut saya sajikan review tempat wisata kuliner enak di Simpang Lima Semarang dan sekitarnya untuk memanjakan lidah, baik pagi, siang, sore, maupun malam hari. Oya, list kuliner ini dibuat untuk kalangan umum ya, bagi Anda yang beragama islam wajib memilih makanan halal. Jika perlu, tanyakan sertifikat halal MUI-nya.

Daftar Tempat Wisata Kuliner Enak Di Simpang Lima Semarang Yang Terkenal Wajib Dicoba

1. Nasi Ayam Bu Sami

Kuliner di sekitaran Simpang Lima Semarang yang pertama bisa kamu coba adalah Nasi Ayam Bu Sami. Menu nasi ayam khas Semarang memang jadi kuliner wajib yang kamu harus coba kalau mau kulineran di kota ini. Salah satu penjual nasi ayam khas Semarang yang terkenal lezat dan bisa ditemui di dekat Simpang Lima adalah Nasi Ayam Bu Sami.

Nasi ayam Bu Sami sudah berjualan sejak tahun 1970-an dan sampai saat ini jadi favorit karena harga terjangkau serta lokasi strategis. Seporsi nasi ayamnya berisi nasi gurih, siraman sayur labu siam, suwiran daging ayam, krecek, dan juga kuah kuning opor. Tambahan lauknya ada tahu dan telur bacem, sate kulit ayam, sate jeroan, dan sate telur puyuh.

Alamat: Pojok Matahari Simpang Lima, Karang Kidul, Semarang Tengah, Semarang.

2. Nasi Ayam Bu Wido

Kalau ngomongin soal nasi ayam legendaris lainnya yang ada di Semarang, gak lengkap kalau belum nyobain makan di Bu Wido. Lokasinya yang berada di kawasan Jalan Melati Selatan, Brumbungan, juga terhitung gak terlalu jauh dari area Simpang Lima. Berbentuk warung sederhana, kamu hanya perlu waktu 3 menit berkendara dari daerah Simpang Lima tersebut.

Dengan disajikan di atas wadah pincuk daun pisang, kamu bisa mendapatkan nasi gurih, siraman sayur labu siam, kuah krecek, dam suwiran ayam. Kamu juga bisa memesan daging per potongan serta aneka tambahan lauk yang tersaji di meja. Ada sate kulit ayam, sate usus, sate ati ampela, kepala ayam, Ceker, dan gorengan.

Alamat: Jl. Melati Selatan, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

3. Nasi Liwet Bu Widodo

Berada persis di pojokan kawasan Simpang Lima Semarang, warung Nasi Liwet dan Nasi Ayam Bu Widodo juga bisa untuk mengisi perut laparmu. Jam bukanya malam hari sampai pagi dini hari waktu sarapan, membuatnya memang cukup unik dan pas untuk orang yang suka begadang. Bumbunya pun lebih ringan dibanding nasi ayam gaya Semarang lainnya, sehingga gak bikin perut “berat” saat disantap tengah malam.

Menu nasi liwet yang sedikit mirip dengan gaya kuliner khas Solo menjadi salah satu menu andalan di sini. Komposisinya ada nasi gurih, siraman sayur labu, suwiran ayam, krecek, telur bumbu, serta kuah opor yang manis gurih. Tambahan lainnya ada sate jeroan, sate telur muda, gorengan, serta kerupuk.

Alamat: Jl. Simpang Lima, Karang kidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

BACA JUGA :

Anda Punya Tahu dan Tepung? Ini Dia 5 Resep Tahu Goreng Tepung yang Sangat Enak dan Gurih

4. Nasi Pecel Mbok Sador

Beralih kuliner nasi pecel, ada pilihan tempat makan yang enak di kawasan Simpang Lima Semarang, yaitu Nasi Pecel Mbok Sador. Berlokasi di area semacam foodcourt terpadu, kamu akan nyaman untuk bersantap di sini. Apalagi jam bukanya dari sore sampai malam, membuatnya jadi buruan selepas jam pulang kerja. 

Seporsi nasi pecelnya murah berisi nasi, bayam, kacang panjang, tauge, kembang turi, dan juga siraman saus kacang gurih, pedas, manis. Menu pendampingnya ada telur dadar/ceplok, telur asin, tempe tahu bacem, Perkedel, empal, babat, iso, paru, dan jeroan lainnya. Supaya lebih kriuk ada rempeyek, kerupuk gendar, dan sate keong.

Alamat: Jl. Pahlawan No.1, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang.

BACA JUGA : 

5. Tahu Gimbal Pak Edi

Makanan khas Semarang lainnya yang juga wajib kamu coba dan lokasinya gak jauh dari kawasan Simpang Lima ada tahu gimbal. Tahu Gimbal Pak Edi jadi pilihan pas dan legendaris untuk menikmati sajian khas satu ini yang lezat. Lokasinya yang berada di sekitar kawasan Taman Indonesia Kaya, hanya berjarak sekitar 3 menit berkendara dari Simpang Lima.

Satu porsi tahu gimbal punya komposisi potongan lontong, irisan kubis, tahu goreng, dan tentu saja gimbal udang atau bakwan udang. Bahan isian tersebut selanjutnya akan disiram dengan kuah saus kacang yang punya cita rasa gurih manis. Jangan lupa dinikmati dengan kerupuk udang yang gurih dan kriuk.

Alamat: Jl. Pandanaran No.2, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang.

6. Lumpia Cik Me Me

Siapa sih yang nggak tau sajian Lumpia Khas Semarang yang memang jadi kuliner ikonik dari kota ini? Dari beberapa pilihan tempat lumpia terkenal yang gak jauh dari kawasan Simpang Lima, rekomendasi yang bisa kamu coba ada Lunpia Cik Me Me.  Nama Cik Me Me sendiri merupakan panggilan dari sang pendiri yaitu Meliani Sugiarto yang merupakan generasi kelima dari pendiri lumpia legendaris Semarang.

Jika umumnya lumpia tradisional hanya berisikan olahan rebung (bambu muda) dan udang, maka di sini kreasi lebih terkini. Di sini tersedia lumpia crab isian daging kepiting, lalu ada lumpia ikan kakap, lumpia jamur, hingga lumpia keripik. Ada juga isian lumpia yang unik yaitu lumpia isi daging kambing muda.

Alamat: Jl. Gajahmada No.107, Miroto, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

Masih banyak lagi kuliner khas Simpang Lima yang wajib untuk anda coba. Jangan lupa untuk mencoba berbagai makanan khas yang ada, selain itu anda juga bisa membawanya pulang untuk dijadikan oleh-oleh saat pulang ke kota asal anda. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: yuk berburu kuliner di simpang lima semarang yang enak