Pantai Madasari Pangandaran: Pantai di Jawa Barat dengan Pesona Keindahan yang Asri Sekaligus Menenangkan

Pantai Madasari Pangandaran: Pantai di Jawa Barat dengan Pesona Keindahan yang Asri Sekaligus Menenangkan

Ilustrasi Pantai Madasari Pangandaran--instagram; pesona.indonesia

DISWAYJATENG.ID - Pangandaran adalah salah satu kabupaten yang berada dibawah naungan provinsi Jawa Barat. Pangandaran juga terkenal memiliki pesona pantai yang beragam, mulai dari pantai pasir putih, pantai ombak surfing, hingga pantai yang nyaman untuk dijadikan tempat wisata camping.

Liburan yang seru dan menyenangkan tidak harus mahal. Karena masih banyak destinasi wisata yang bisa anda nikmati dengan biaya murah meriah. Salah satu wisata ramah kantong di Pangandaran Jawa Barat yaitu Pantai Madasari

Dilansir dari beberapa sumber, berikut penjelasan lengkap mengenai pantai madasari pangandaran:

Pesona Pantai Madasari Pangandaran

Pantai Madasari adalah salah satu dari sekian banyaknya pantai yang berada di Kabupaten Pangandaran. Dibanding dengan pantai-pantai yang berada di Kabupaten Pangandaran, Pantai ini masih tergolong sepi dan sunyi.

Suasana pantai yang masih asri dan sepi sangat cocok untuk kamu yang ingin menghilangkan penat dari kehidupan hiruk pikuk kota. Pantai ini berada disebelah selatan Objek Wisata Green Canyon atau sekitar 40 km dari Pantai Pangandaran.

Pantai ini memiliki gelombang ombak yang tinggi dibanding pantai-pantai lain yang berada di Kabupaten Pangandaran. Oleh sebab itu, di  pantai ini para wisatawan dilarang keras untuk berenang.

Selain gelombang ombaknya yang tinggi dan besar, di Pantai ini juga terdapat banyaknya batu karang yang cukup membahayakan.

Rute dan Lokasi Pantai Madasari

Pantai ini berada di Kabupaten Pangandaran, tepatnya di Desa Mesawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, atau sekitar 45 menit dari pusat Kota Pangandaran. Untuk menuju pantai ini, kamu bisa menggunakan kendaraan umum dan kendaraan pribadi.

Jika menggunakan kendaraan umum, Kawan Jalan bisa menggunakan bus dengan arah tujuan ke Pangandaran dan turun di terminal Pangandaran. Dari terminal Kawan Jalan meneruskan dengan bus ke arah tujuan Cimanuk, setelah di Cimanuk Kawan Jalan melanjutkan perjalanan menggunakan ojek pangkalan menuju pantai ini.

Jika kamu memilih pergi dengan kendaraan pribadi, dan berasal dari luar kota kamu bisa menuju Pertigaan Parungsari, dari pertigaan ini kamu bisa menuju Jl. Letjen Suwarto dan lurus terus sampai Tugu Pahlawan. Dari Tugu Pahlawan, Kawan Jalan belok kiri kemudian lurus terus sampai Tugu Marlin Pangandaran.

Dari Tugu Marlin Pangandaran, menuju Cimerak, dari Cimerak Kawan Jalan langsung belok kiri menuju Desa Masawah dan lurus terus menuju pantai ini. Jika Kawan Jalan ingin menikmati pemandangan sepanjang perjalan, dari Cimerak Kawan Jalan lurus terus menuju Legok Jawa, setelah sampai di Legok Jawa belok kiri menuju Pantai Madasari.

BACA JUGA:Gunung Merapi Yogyakarta: Gunung dengan Pesona yang Memukau Namun Banyak Mitos dan Misteri Menyelimuti

HTM dan Fasilitas

Pantai Madasari beroperasional setiap hari selama 24 jam nonstop. KMU tidak usah khawatir jika datang dimalam hari. Jika Kawan Jalan ingin mengunjungi Pantai Madasari, tiket masuk yang dikenakanpun bervariasi, tergantung Kawan Jalan menggunakan apa saat ke sini.

Berikut tarif yang dikenakan jika memasuki area Pantai Madasari:

  • Pejalan Kaki 1 Orang Rp2.500
  • Sepeda Motor Rp7.000
  • Mini bus Rp30.500
  • Bus kecil Rp110.000
  • Bus BesarRp160.000

(Htm bisa saja berubah sesuai dengan aturan pengelola)

Jika Kawan Jalan ingin menyewa peralatan camping, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp125.000/orangnya. Kapasitas tenda mampu menampung 3-4 orang.

Dibanding pantai-pantai yang lainnya di Kabupaten Pangandaran, failitas di pantai ini masih terbilang minim. Hal Ini dikarenakan Pantai Madasari masih belum banyak diketahui. Walaupun begitu beberapa fasilitas penunjang di Pantai Madasari diantaranya area parker yang cukup luas, toilet, warung-warung makanan, dan gazebo.

Daya Tarik Pantai Madasari

Pantai Madasari memiliki panorama yang sangat indah dengan hamparan pasir yang luas terbentang di sepanjang pantainya.

Hal yang paling unik di Pantai ini dikutip dari Disparbud.pangandarankab.go.id adalah keberadaan terumbu karang yang membentuk sekumpulan pulau-pulau kecil yang menyajikan pemandangan luar biasa dengan batuan karang yang cantik dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan, terutama para pecinta fotografi.

Terdapat sejumlah beberapa titik lokasi yang menjadi andalan dari Pantai Madasari ini, diantaranya seperti, Muara Madasari yang karakteristiknya landai serta berkarang dimana anak-anak kecil bisa bermain air tanpa harus khawatir akan ombak.

Selanjutnya, Menurut warga setempat di sekitaran Pantai Madasari masih banyak hewan-hewan yang hampir punah, seperti ayam hutan atau cangehgar. Di pantai ini pula, kamudapat menyaksikan keindahan dari pesona matahari terbenam.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber