Gak Tahu Cara Meminjam Uang ke Bank? Ini 12 Langkah Cara Mengajukan Pinjaman di Bank

Gak Tahu Cara Meminjam Uang ke Bank? Ini 12 Langkah Cara Mengajukan Pinjaman di Bank

--

DISWAYJATENG – Meminjam uang di Bank masih banyak yang menganggap sulit dan ribet. Tapi sebenarnya mudah asalkan tahu dan paham akan langkah-langkahnya.

Pinjaman di bank adalah fasilitas keuangan, yang diberikan oleh bank kepada nasabahnya dalam bentuk uang, dengan syarat nasabah harus mengembalikan uang tersebut beserta bunga dan biaya administrasi, sesuai dengan kesepakatan yang telah ditetapkan. Cara meminjam uang di bank bisa digunakan oleh nasabah, untuk berbagai keperluan seperti modal usaha, membeli kendaraan atau properti, biaya pendidikan, renovasi rumah, dan lain sebagainya.

Cara meminjam uang di bank umumnya diberikan dalam jumlah yang besar, dan dengan jangka waktu pembayaran lebih panjang dibandingkan dengan pinjaman dari sumber keuangan lain, seperti pinjaman dari keluarga atau teman.

Untuk mengajukan pinjaman di bank, nasabah harus memenuhi beberapa persyaratan seperti memiliki identitas resmi, memiliki penghasilan tetap, memiliki rekening bank dan memiliki jaminan seperti surat kendaraan atau sertifikat rumah.

Cara meminjam uang di bank tergolong mudah, di mana sebagai nasabah Anda perlu melengkapi dokumen-dokumen seperti formulir aplikasi, bukti penghasilan, dan dokumen-dokumen pendukung lainnya sesuai dengan kebijakan masing-masing bank. Setelah mengajukan pinjaman, bank akan melakukan proses analisis kredit untuk menilai kemampuan nasabah dalam melunasi pinjaman tersebut.

Berikut ini cara meminjam uang di bank yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/3/2023).

Langkah-Langkah Meminjam Uang

Meminjam uang di bank bisa menjadi pilihan yang tepat, jika Anda membutuhkan dana untuk keperluan mendesak atau untuk membiayai proyek besar seperti pembelian rumah atau mobil. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk meminjam uang dari bank, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dan langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

Berikut ini adalah cara meminjam uang di bank yang perlu Anda ketahui:

1.    Tentukan jumlah pinjaman yang dibutuhkan

Cara meminjam uang di bank yang pertama adalah tentukan jumlah pinjaman yang dibutuhkan. Pastikan jumlah tersebut memadai untuk keperluan, dan Anda memiliki kemampuan untuk membayarnya kembali sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan.

Selain itu, pertimbangkan pula biaya-biaya tambahan seperti bunga dan biaya administrasi yang akan dikenakan oleh bank.

2.    Persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan

Setiap bank memiliki persyaratan yang berbeda-beda untuk meminjam uang. Namun, beberapa dokumen yang umumnya dibutuhkan adalah KTP, NPWP, slip gaji, rekening koran, dan surat keterangan kerja. Pastikan dokumen-dokumen tersebut sudah disiapkan dengan lengkap dan benar, sebelum Anda mengajukan permohonan pinjaman.

3.    Pilih jenis produk pinjaman yang tepat

Setelah menentukan jumlah pinjaman yang dibutuhkan, pilih jenis produk pinjaman yang tepat. Bank biasanya menawarkan beberapa jenis produk pinjaman seperti kredit tanpa agunan, kredit dengan agunan, kredit kendaraan, kredit modal kerja, dan sebagainya.

Pilih jenis produk pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan, dan pastikan Anda memahami secara detail tentang syarat-syarat dan ketentuan produk tersebut.

4.    Ajukan permohonan pinjaman

Cara meminjam uang di bank selanjutnya setelah memilih jenis produk pinjaman, adalah ajukan permohonan pinjaman ke bank. Anda bisa mengajukan permohonan secara online,

atau datang langsung ke kantor bank untuk mengisi formulir permohonan.

Pastikan Anda mengisi formulir permohonan dengan lengkap dan benar, serta sertakan semua dokumen yang diminta.

5.    Tunggu persetujuan dari bank

Setelah mengajukan permohonan, bank akan melakukan proses verifikasi dan mengevaluasi kemampuan Anda dalam membayar cicilan pinjaman. Proses verifikasi ini dapat memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu, tergantung pada kebijakan masing-masing bank.

Jika permohonan Anda disetujui, bank akan memberikan keputusan tentang jumlah pinjaman yang bisa Anda terima, tingkat bunga, jangka waktu pembayaran, dan jumlah cicilan per bulan. Pastikan Anda memahami dengan jelas, tentang ketentuan tersebut sebelum menandatangani perjanjian pinjaman.

6.    Bayar cicilan secara tepat waktu

Setelah mendapatkan pinjaman, pastikan Anda membayar cicilan secara tepat waktu sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati. Jangan mengabaikan tagihan cicilan,

meskipun jumlahnya terasa kecil karena hal tersebut dapat mempengaruhi reputasi kredit Anda di bank, dan sulit jika Anda ingin meminjam uang lagi di masa depan.

7.    Perhatikan bunga dan biaya administrasi

Setiap bank memiliki kebijakan bunga dan biaya administrasi yang berbeda-beda. Pastikan Anda memperhatikan dengan seksama besaran bunga, dan biaya administrasi yang akan dikenakan oleh bank. Jangan sampai terjebak pada bunga dan biaya yang tidak terlalu dipahami sebelumnya, dan menyebabkan Anda kesulitan dalam membayar cicilan.

Sebelum meminjam uang, pastikan Anda memahami dengan jelas semua biaya yang akan dikenakan oleh bank dan hitung dengan teliti besaran cicilan yang harus Anda bayar setiap bulannya.

8.    Hindari membayar cicilan secara terlambat

Membayar cicilan pinjaman secara terlambat, dapat mempengaruhi reputasi kredit Anda di bank. Selain itu, bank juga akan memberikan sanksi berupa denda dan bunga tambahan, yang akan membuat jumlah cicilan menjadi semakin besar. Jangan sampai terjebak dalam siklus cicilan yang semakin besar, karena membayar cicilan secara terlambat.

9.    Lakukan negosiasi bunga

Jika Anda merasa bunga yang dikenakan terlalu tinggi, Anda bisa melakukan negosiasi dengan bank untuk mendapatkan bunga yang lebih rendah. Pastikan Anda memiliki alasan yang jelas, dan dapat memperkuat argumen Anda dalam melakukan negosiasi. Selain itu, pastikan Anda juga sudah membandingkan bunga dari beberapa bank sebelumnya untuk dapat melakukan negosiasi dengan lebih efektif.

10. Periksa kembali dokumen perjanjian

Sebelum menandatangani perjanjian pinjaman, pastikan Anda memeriksa kembali semua dokumen yang telah disiapkan oleh bank. Pastikan Anda memahami dengan jelas semua syarat dan ketentuan yang terdapat dalam perjanjian tersebut. Jangan sungkan untuk bertanya kepada petugas bank, jika terdapat hal yang kurang jelas atau tidak dipahami.

11. Melakukan survei terlebih dahulu

Sebelum memilih bank untuk meminjam uang, lakukanlah survei terlebih dahulu untuk membandingkan berbagai bank dan mengetahui penawaran yang diberikan oleh masing-masing

bank. Anda bisa melakukan survei melalui internet, atau bertanya kepada teman atau keluarga yang pernah mengambil pinjaman di bank tertentu.

12. Mempersiapkan jaminan yang cukup

Bank biasanya meminta jaminan sebagai bentuk kepastian pembayaran pinjaman. Pastikan Anda memiliki jaminan yang cukup untuk meminjam uang di bank, seperti sertifikat rumah atau kendaraan yang memiliki nilai jaminan yang cukup tinggi.

BACA JUGA:Pastikan Dulu Jenis Kredit yang Akan Anda Ajukan! Ini Daftar 10 Jenis Kredit Perbankan

Nah, itulah 12 langkah atau cara mengajukan pinjaman ke bank. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: