Mengenal Tentang Busana Muslimah di Asia Tenggara dan Asia Tengah

Mengenal Tentang Busana Muslimah di Asia Tenggara dan Asia Tengah

Busana Muslimah Asia Tenggara--by.viva

Mereka sekarang ini telah memilih untuk mengekspresikan diri melalui pakaian, mode, dan gaya pribadi. Tetapi tetap menjadi rendah hati dan menutupi aurat sesuai syariat Islam yang diajarkan.

BACA JUGA: Bagi Kaum Hawa Inilah Korean Style Hijab yang Populer untuk OOTD dan Patut Anda Coba

2.Asia Tengah

Potret menisak merupakan pakaian tradisional wanita pada Asia Tengah. Dengan geografi dan iklimnya selalu memainkan peran penting dalam mendefinisikan busana wanita Muslim. 

Pakaian wanita di Asia Tengah ini sengaja didesain kuat dan berdiri tegak untuk memungkinkan wanita saat menunggang kuda dan duduk bersila.

Lalu pada abad ke-9, wanita Asia Tengah ini biasanya memadukan pakaian dalam, seperti tunik dan celana baggy, dengan pakaian luar seperti jubah.

sehingga mereka bisa bergerak bebas sambil tetap tertutup dalam berbusana. Jubah menisak ini dibuat dengan desain pinggul yang berbentuk lonceng yang besar.

Tidak hanya diselingi oleh lipatan-lipatan di kedua sisi pinggang saja, munisak dibuat dengan kain sutra berwarna-warni dan bermotif mencolok.

Busana yang dibuat ini lebih besar di bagian punggungnya dikenakan oleh pengantin wanita pada hari pernikahan mereka dan janda selama masa berkabung. Desain ini memungkinkan untuk memodifikasi layering ataupun kain tambahan terutama selama musim dingin.

Pakaian khas Asia Tengah lainnya bagi para wanita yaitu paranja. Mantel yang panjang dan nyaman ini dikenakan dari atas kepala sampai ujung kaki. Ini merupakan persyaratan mutlak bagi seorang wanita pada abad ke-19 saat melangkah keluar di depan umum.

Walaupun  paranja ini atau yang lebih dikenal dengan istilah burqa ini sangat tertutup bagi standar busana modern, tetapi ini ditujukan untuk melindungi wanita dari banyak bandit dan preman di sepanjang Jalur Sutra yang berbahaya. Muslimah pada saat ini memiliki lebih banyak pilihan mode dan gaya daripada sebelumnya. 

Bagi para wanita Muslim yang memilih untuk tetap menutup diri, jilbab atau kerudung telah menjadi aksesori yang tangguh serta modis, membentuk kepribadian, dan mempertahankan spiritualitas.(*)

BACA JUGA: Magnet Bagi pelancong Timur Tengah Tentang Fashion Hijab Indonesia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by.kumparan.com