Ini Dia Sejarah dan Mitos Pantai Indah Kemangi Kendal

Ini Dia Sejarah dan Mitos Pantai Indah Kemangi Kendal

Ini Dia Sejarah dan Mitos Pantai Indah Kemangi Kendal-disway jateng-

DISWAYJATENG.IDWisata Pantai yang ada di Kendal yang satu ini baru dibuka sekitar 2 tahun dan sempat vakum ketika pandemi covid-19 merajalela di Indonesia, bahkan waktu itu para pengunjung yang datang harus membeli tiket secara online.

Pantai Indah Kemangi atau biasa disingkat PIK yakni salah satu tempat wisata pantai di Kendal yang selalu ramai dikunjungi apalagi jika pada akhir pekan dan libur nasional.

Duhulu Pantai Indah Kemangi ini jarang dikunjungi karena terkesan berbau mistis, hal tersebut diakibatkan lokasinya yang berdekatan dengan Makam Kemangi yang terkenal akan cerita mistisnya.

Tetapi terlepas dari hal tersebut Pantai Indah Kemangi memiliki panorama alam yang indah serta areanya yang luas. Berikut singkat sejarah dan daya tarik wisata yang satu ini, antara lain:

Sejarah Wisata Pantai Indah Kemangi

Dahulu kisah mitos tentang Pantai Indah Kemangi berawal ketika Indonesia masih dijajah oleh Belanda, hal itu dimana Sultan Agung yang saat itu Raja Kerajaan Mataram hendak melakukan pertemuan dengan beberapa Adipati untuk melakukan perlawanan terhadap penjajah.

Lokasi untuk pertemuan tersebut sangat dirahasiakan sampai dipasangai pagar gaib oleh Tumenggung Rajegwesi atau Ki Ageng Kemangi. Dahulu yang konon katanya di Desa Jungsemi namun pagar gaib tersebut katanya masih ada hingga saat ini.

Maka jika ada yang memasukinya menurut mitos yang berkembang tidak akan bisa keluar lagi dari tempat itu. Kisah mitos tersebut memang sudah lama ada dan terus menyebar dan meski belum bisa dibuktikan kebenarannya, namun hal tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri untuk pantai ini.

Ragam Wisata Seru dan Menyenangkan

Terlepas dari mitos yang ada dan selain menikmati pantai dan panoramanya, Pantai Indah Kemangi juga memiliki cukup banyak ragam wisata seru yang tidak boleh kalian lewatkan.

Beberapa ragam wisata tersebut diantaranya seperti bermain banana boat dengan membayar Rp20.000 per orang, bermain ATV mengelilingi Pantai Indah Kemangi dengan sewa Rp25.000 per 15 menit.

Dengan memiliki pasir pantai yang cukup luas, sehingga membuat Pantai Indah Kemangi  memiliki banyak ragam wisata pantai yang dapat membuat liburan menjadi tambah seru dan asik untuk kalian coba.

Keindahan Pantai Indah Kemangi yang Cantik

Pantai Indah Kemangi memiliki deburan ombak yang cukup kencang dan pasirnya berwarna cokelat kehitaman dengan area yang cukup luas. Hingga banyak dimanfaatkan anak-anak untuk bermain pasir serta nyaman untuk melakukan berbagai keseruan ragam wisata.

Setiap akhir pekan dan libur nasional Pantai Indah Kemangi selalu ramai, bahkan tampak beberapa rombongan keluarga yang sedang melakukan piknik di pinggir pantai sambil menyantap hidangan yang sudah disiapkan dari rumah.

Jam Buka

Pantai Indah Kemangi beroperasi setiap hari dan buka selama 24 jam nonstop.

Harga Tiket Masuk

Untuk tiket masuk Pantai Indah Kemangi Kendal sangat murah yakni hanya Rp5.000 saja.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Indah Kemangi

Sedangkan fasilitas yang ada di sekitar kawasan wisata Pantai Indah Kemangi diantaranya seperti tempat duduk pinggir pantai, toilet, area parkir kendaraan, gazebo, spot foto, warung makanan dan minuman serta penyewaan ban.

Lokasi

Lokasi Pantai Indah Kemangi berada di Jalan Kemangi, Dusun Srandu, Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Petunjuk Jalan Menuju Pantai Indah Kemangi

Untuk rute menuju Pantai Indah Kemangi jika kalian berangkat dari Alun-Alun Kendal akan menempuh waktu sekitar 32 menit dengan jarak tempuh sekitar 15 km.

Yakni dengan belok kanan ke Jalan Notomudigdo, teruslah melaju hingga tiba di Jalan Raya Pantura. Kemudian tiba di Jalan KH. Malik Ibrahim, lalu belok kanan ke Jalan Raya Kangkung dan berlajulah hingga akhirnya tiba di Jalan Kemangi.

BACA JUGA:River Walk Boja: Tempat Wisata Bernuansa Modern yang Ada di Kendal

Demikian otulah pembahasan kita mengenai sejarah dan mitos serta daya tarik wisata Pantai Indah Kemangi Kendal, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: