Berikut 7 Candi yang Ada di Thailand, Bisa Jadi Referensi Liburanmu!

Berikut 7 Candi yang Ada di Thailand, Bisa Jadi Referensi Liburanmu!

Ilustrasi Candi yang Ada di Thailand--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Negara Thailand terletak di Asia Tenggara dengan astronomis antara 5ºLU - 20ºLU, 98ºBT - 106ºBT. Pada bagian sebelah utara berbatasan dengan myanmar dan laos, pada bagian timur berbatasan dengan loas dan kamboja, sebelah selatan berbatasan dengan teluk siam dan malaysia, pada sebelah barat berbatasan dengan myanmar dan laut andaman.

Seperti halnya Indonesia, wisata di Thailand juga menawarkan banyak sekali candi yang worthy untuk dikunjungi. Tepatnya negara Thailand, kamu bakal disuguhi wisata sejarah candi Buddha dengan segala keistimewaannya.

Berikut merupakan nama-nama candi yang ada di Thailand, Penasaran? Berikut Penjelasannya!

1. Wat Phra Kaew

Wat Phra Kaew atau yang disebut sebagai candi buddha zamrud, merupakan candi terbesar di Thailand. Nama resminya Wat Phra Sri Rattana Satsadaram berlokasi di pusat Bangkok.

Pada candi ini tidak terdapat bangunan tempat tinggal biarawan, bangunan ini terdiri dari stupa, patung, dan pagoda. Bangunan utama terletak di tengah dimana lokasi tersebut merupakan rumah buddha zamrud. Ada 3 utama untuk memasuki kuil ini, namun pintu tengah hanya raja dan ratu yang boleh memasukinya.

Dalam candi ini terdapat patung buddha yang konon katanya berasal dari India yang dikerjakan oleh pengikut kerajaan Kamboja yang dimaksutkan sebagai persembahan kepada Raja Ayutthaya pada abad ke-15.

2. Wat Phu Khao Thong

Wat Phu Khao Thong (Candi Gunung Emas), didirikan pada tahun 1569. Pada saat kependudukan Birma di Ayuttaya stupa asli pada candi ini didirikan.

Seiring waktu stupa ini mengalami kerusakan sehingga pada saat kepemimpinan Raja Borommakot menginstruksikan pemugarannya. Pemugaran tersebut ditambahkan dengan Patung Raja Nareusan yang terdapat di depan candi.

Pada bagian utara candi ini terdapat pusat stupa namun tanpa lampu penerangan sehingga terlihat gelap.

3.  Wat Phanan Choeng Worawihan

Candi yang juga bisa kamu kunjungi adalah Wat Phanan Choeng Worawihan. Candi ini terletak di sisi timur sungai Chao Phraya dan didirikan pada abad ke-14. Atraksi utama Wat Phanan Choeng Worawihan adalah patung Buddha bernama Luang Pho Tho yang memiliki tinggi mencapai 19 meter.

Saat mengunjungi Wat Phanan Choeng Worawihan, pastikan kamu memerhatikan larangan menginjak area di sekitar patung Budha tadi.

BACA JUGA:Pantai Jodo Batang: Pantai Viral Berkat Pemandangan Kereta Api yang Bersanding dengan Birunya Hamparan Laut

4. Wat Phra Si Sanphet

Dikenal sebagai candi paling suci di Ayutthaya, komplek Wat Phra Si Sanphet adalah bucket list selanjutnya. Kecantikan Wat Phra Si Sanphet terletak pada deretan tiga buah chedi atau stupa berbentuk lonceng berukuran besar.

Lokasi Wat Phra Si Sanphet berada di dalam Royal Palace. Kabarnya, komplek Wat Phra Si Sanphet menjadi kuil percontohan untuk pembangunan Kuil Emerald Buddha di Bangkok.

5. Wat Maha That

Selanjutnya adalah Wat Maha That, sebuah candi dengan kuil yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Ayutthaya. Daya tarik Wat Maha That terletak pada sebuah patung kepala Buddha yang tertanam di sela-sela akar pohon banyan.

Sayangnya, Wat Maha That hanyalah sebagian dari keseluruhan bangunan candi yang didirikan pada tahun 1374. Sebab di tahun 1767, kerajaan Burma sempat memporak-porandakan Ayutthaya dan membakar Wat Maha That.

6. Wat Yai Chai Mongkhon

Dari Wat Maha That, beralihlah ke komplek candi berikutnya, yaitu Wat Yai Chai Mongkhon. Meski area komplek candi gak seluas candi-candi lainnya, namun ada satu hal menarik yang menjadikan Wat Yai Chai Mongkhon tersohor, yakni keberadaan reclining Buddha atau patung Buddha yang sedang berbaring.

Panjangnya sekitar 7 meter dan dibalut dengan jubah safron berwarna oranye. Patungnya sendiri dibangun menghadap ke timur dan sering disebut sebagai Wihan Phra Phuttha Saiyat.

Selain patung reclining Buddha, adanya stupa berukuran besar dan tinggi di Wat Yai Chai Mongkhon juga menjadi ciri khas komplek ini dan merupakan landmark Ayutthaya.

7. Wat Phra Yai

Wat Phra Yai ini berada di sebuah pulau yang memiliki bebatuan indah, dan pulau ini kalian bisa menemukan Big Buddha Temple. memang sesuai dengan julukannya patung Buddha yang ada disini memeng berukuran besar, dan memiliki ketinggian sekitar 12 meter.

Jadi saat kalian berada di Thailand pastikan untuk mampir ke Wat Phra Yai untuk melihat indahnya Big Buddha Temple.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: beberapa sumber