Pantai Jodo Batang: Pantai Viral Berkat Pemandangan Kereta Api yang Bersanding dengan Birunya Hamparan Laut

Pantai Jodo Batang: Pantai Viral Berkat Pemandangan Kereta Api yang Bersanding dengan Birunya Hamparan Laut

Ilustrasi Pantai Jodo batang--google

DISWAYJATENG.ID - Batang merupakan salah satu jalur perlintasan dari Jawa Barat menuju Jawa Tengah, memiliki pantai indah. Pantai ini bernama Pantai Jodo, dengan segudang keindahan dan mitosnya.

Pantai Jodo, sebuah pantai yang menawarkan beragam pesona keindahan alam, termasuk spot Bukit Cinta yang saat ini tengah ramai di kalangan netizen.

Pantai Jodo Batang juga cocok banget dijadikan destinasi wisata keluarga di akhir pekan, maupun saat libur nasional tiba. 

Dilansir dari beberapa sumber, berikut penjelasan lengkap mengenai Pantai Jodo.

Lokasi Pantai Jodo

Lokasi Pantai Jodo terletak satu kawasan dengan Bukit Cinta Batang. Alamat Pantai Jodo berada di Jl. Sidorejo, Desa Sidorejo, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah.

Rute Menuju Pantai Jodo

Para pengunjung yang ingin datang ke wisata Pantai Jodo Batang bisa menggunakan opsi bantuan google maps. Jalan menuju Pantai Jodo Batang juga bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat.

Jika start awal anda dari Alun – Alun Kabupaten Batang, maka jarak tempuh menuju Pantai Jodo sekitar 56 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Harga tiket Masuk Pantai Jodo

Harga tiket masuk Pantai Jodo Batang terbilang ramah kantong. Hanya dengan membayar Rp 3.000 per orang, wisatawan bisa menikmati keindahan Pantai Jodo sepuasnya.

Selain tiket masuk Pantai Jodo, wisatawan dikenai biaya parkir kendaraan yakni Rp 2000 untuk roda dua dan Rp 3.000 untuk roda empat.

BACA JUGA:Pantai Ombak Mati Jepara: Pantai Terindah di Jawa Tengah Sekaligus Surganya Bahari

Fasilitas Pantai Jodo

Pantai ini juga disebut juga dengan nama Pantai Buntu bagi warga sekitar. Di dekat pantai terdapat Tugu yang menjadi ikon dari tempat wisata tersebut.

Tugu ini berada di pintu utama masuk dan biasa digunakan sebagai background untuk berfoto bagi pengunjung pantai. Setelah masuk ke pintu gerbang, maka Anda akan disambut dengan hamparan pasir luas berwarna coklat.

Ada beberapa fasilitas yang ditawarkan, diantaranya adalah:

  • Tempat parkir
  • Toilet umum
  • Tempat bilas dan ruang ganti
  • Penjual makanan dan minuman
  • Tempat kuliner
  • Penyewaan motor ATV

Spot Menarik Pantai Jodo

Pantai Jodo memiliki beberapa spot menarik yang sangat instagramable. Pemandangan indah dan kondisi pantai yang tertata rapi menjadikan pantai ini memiliki daya tarik tersendiri.

  • Wahana permainan

Pengunjung yang datang bisa menikmati wahana ini dengan menyewa motor ATV untuk berkeliling menjelajahi kawasan pantai. Selain menyewa motor ATV, anda juga bisa menyewa motor trail atau perahu untuk mendapatkan pengalaman tersendiri saat berlibur.

  • ‌Bukit Cinta

Spot menarik yang tidak boleh dilewatkan dan sangat instagramable yaitu berkunjung dan berfoto di Bukit Cinta. Jika berkunjung ke bukit ini, maka Anda bisa berfoto dengan background bukit, pantai dan jalur rel kereta api.

  • ‌Kuliner

Tidak hanya itu saja, Anda bisa bersantai menikmati pemandangan pantai sambil mencoba kuliner yang ditawarkan di daerah tersebut. Karena di sepanjang pantai ini banyak terdapat warung-warung yang menjual berbagai menu kuliner.

  • Tempat Camping

Jika anda senang dengan kegiatan camping pantai ini juga bisa dijadikan tempat untuk melakukan kegiatan tersebut. Tempatnya lumayan luas dan juga ada pohon cemara sehingga anda tidak perlu takut kepanasan.

Mitos Pantai Jodo

Menurut Mitos  yang berkembang di masyarakat, Konon jika anda yang foto bertiga dengan laki-laki di tengah dan dua perepuan yang mengapit di sampingnya, maka kemungkinan ada di antara mereka yang berjodoh.

Tak berbeda dengan seorang yang melakukan foto seorang diri, selepas dari wisata Pantai Jodo tersebut akan mendapatkan jodohnya dalam waktu dekat. 

Begitu pula dengan sesama jenis yang berfoto di lokasi pantai tersebut, maka pertemanan atau persahabatan mereka akan kekal.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber