Harganya Bikin Menjerit! Ini Deretan Susu Termahal di Dunia, Bukan Susu Sapi Ternyata

Harganya Bikin Menjerit! Ini Deretan Susu Termahal di Dunia, Bukan Susu Sapi Ternyata

Ilustrasi Susu Termahal Di Dunia--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Susu paling mahal di dunia ternyata bukan susu sapi, lho. Jenis susu pun beragam, ada sisi hewani hingga susu dari tumbuhan.

Harganya pun beragam. Manusia mengonsumsi susu sejak ribuan tahun yang lalu.

Kandungan dalam susu seperti kalsium, vitamin, lemak, mineral, dan lain-lainnya menyimpan berbagai manfaat. Selain itu, susu juga merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh.

Selain memiliki manfaat bagi kesehatan, susu juga dapat diolah menjadi berbagai makanan. Makanan yang memiliki bahan dasar susu seperti keju, yogurt, dan mentega dapat diolah menjadi makanan lain. Lalu, susu juga digunakan sebagai campuran untuk minuman seperti kopi dan es krim.

Susu paling mahal di dunia berasal dari hewan bahkan tumbuhan dengan kandungan dan manfaat yang beragam. Kebanyakan orang mengonsumsi susu ini sebagai gantinya susu sapi.

Berikut 7 jenis susu yang termahal di dunia, simak penjelasannya!

1. Susu Tikus

Tikus yang memiliki DNA hampir sama dengan manusia sering dijadikan sebagai percobaan bagi para periset di berbagai bidang ilmu pengetahuan. Bahkan, ada juga susu yang diperoleh dari tikus. Untuk menghasilkan satu liter susu tikus, dibutuhkan 4 ribu ekor tikus.

Maka tak heran jika susu ini memiliki nilai setara dengan EUR 23 ribu atau sekitar Rp370 juta. Namun, para ilmuwan yang melakukan percobaan tersebut belum memproduksinya secara massal.

2. Susu Nakazawa

Jenis susu yang satu ini berasal dari Jepang. Susu nakazawa masuk dalam salah satu susu termahal di dunia. Harga per liter susu ini sekitar $43 atau setara Rp 500 ribu dan susu ini juga termasuk langka di pasaran.

Susu ini diproduksi oleh Nakazawa Food, sebuah produsen makanan alami yang cukup ternama di Jepang. Susu ini berasal dari sapi yang diperah satu kali dalam semingggu.

Proses pemerahan susu ini dilakukan saat matahari terbit. Proses pemerahan pagi hari ini membuat kadar melatonin dalam susu semakin tinggi. Efeknya, susu ini disebut-sebut bisa mengurangi stress dan menenangkan pikiran.

3. Susu Keledai

Susu keledai disebut-sebut punya berbagai keunggulan dibandingkan susu sapi maupun susu kuda. Susu keledai bisa dikonsumsi langsung ataupun dibuat olahan keju.

Salah satu keju termahal di dunia bahkan dibuat menggunakan bahan baku susu keledai. Keju dari susu keledai ini dibanderol harga 1.000 euro (Rp 17 juta) per kilogramnya.

Susu keledai mulai diperah sejak 2012 di perternakan yang berlokasi di Serbia. Selain lezat, susu keledai juga disebut-sebut punya banyak manfaat untuk kesehatan seperti mengobati asma dan masalah pernapasan.

BACA JUGA:Hitungan Menit, Mati! Inilah 8 Jenis Ular Berbisa Paling Mematikkan di Dunia

4. Susu Unta

Susu paling mahal di dunia berikutnya adalah susu unta. Satu liter susu unta dijual 10 dollar atau Rp156 ribu. Susu ini mahal karena menyimpan berbagai manfaat.

Susu unta dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sistem imun. Lalu, bagi orang yang alergi susu sapi, susu unta bisa jadi alternatifnya.

5. Susu Kerbau

Susu kerbau banyak ditemui dan dikonsumsi di Asia dan Italia. Di negeri pizza, susu kerbau digunakan sebagai bahan dasar membuat keju mozzarella dan beberapa produk susu lainnya.

Kandungan lemaknya yang tinggi juga digunakan masyarakat India untuk membuat beberapa makanan seperti paneer, kheer, kulfi, dan ghee.

Meskipun memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi, susu kerbau mengandung lebih sedikit kolesterol daripada susu sapi. Lalu, susu kerbau juga tinggi kalsium dan dapat membantu mencegah penambahan berat badan.

Dalam satu hari, seekor kerbau memproduksi tujuh sampai sebelas liter susu. Harga susunya per liter pun dijual sekitar 30 dollar atau Rp470 ribu.

6. Milkshake Termewah

Susu yang satu ini merupakan olahan minuman kekinian. Milkshake yang diberi nama Serendipity 3 ini dibuat dan dijual di sebuah restoran di New York, Amerika Serikat.

Milkshake ini dibuat dengan berbagai bahan premium. Pelengkapnya ada kacang asli Madagaskar, emas 23 karat yang bisa dimakan serta milkshake disajikan di atas gelas bertabur kristal swarovksi. Harga segelas susu ini Rp 1,4 juta. Tertarik?

7. Susu Formula

Susu formula biasa dikonsumsi bayi. Ternyata ada susu formula yang harganya sangat mahal yakni Similac Alimentum. Meskipun berlabel susu, tapi sebenarnya sufor ini tidak mengandung susu sapi.

Susu formula ini bisa dinikmati bayi yang alergi terhadap susu sapi. Susu ini juga mengandung DHA dan ARA yang membantu perkembangan otak bayi. Sekaleng susu dengan berat 561 gram ini dibanderol mulai Rp 1,3 juta- Rp 1,8 juta.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber