Inilah Tempat Wisata Unik dan Asyik di Indonesia, Nomor 5 sebagai Little Africa in Java

 Inilah Tempat Wisata Unik dan Asyik di Indonesia, Nomor 5 sebagai Little Africa  in Java

Sumur Raksasa, Donggala, Sulawesi Tengah--by.merdeka

Taman Nasional Baluran ini merupakan destinasi wisata unik di Indonesia lainnya yang terletak di Banyuwangi, Jawa Timur. Wisata anti-mainstream di Indonesia satu ini adalah kawasan khusus yang digunakan untuk melindungi berbagai macam ekosistem flora dan fauna. 

Taman Nasional Baluran ini mendapatkan julukan sebagai Little Africa in Java sebab pemandangan di musim kemaraunya menyerupai padang savana di Afrika.

Untuk luas kawasan ini sekitar 25.000 hektar. Di dalam Taman Nasional ini anda dapat melihat banyak hewan yang lalu lalang di jalanan.  Hal yang menarik lainnya yaitu kawasan ini tidak ada listrik untuk menjaga kelestarian dari habitat fauna yang ada disini. 

Di Taman Nasional Baluran,anda bisa berkunjung ke Goa Jepang, Savana Bekol, Pantai Bama, dan hutan mangrove Bama. Selain itu pula, anda dapat mengunjungi Hutan Musim di mana hutan ini akan berubah pemandangannya mengikuti dengan musimnya atau Hutan Evergreen, hutan yang selalu hijau dan subur.

6. Sumur Raksasa, Donggala

Sumur Raksasa yang terletak di Donggala, Sulawesi Tengah mempunyai diameter yang mencapai 10 meter dan kedalaman airnya hingga 5 meter. Sumur raksasa ini telah menjadi salah satu obyek wisata unik andalan yang ada di Kabupaten Donggala.

Masyarakat sekitarnya lebih mengenal sumur ini dengan Pusentasi. Penduduk setempat percaya bahwa air dalam sumur ini bisa mengobati segala macam penyakit, maka tak jarang banyak pengunjung yang ingin berendam di dalam sumur ini.  

Walaupun ini merupakan sebuah sumur, air yang mengisi sumur ini berwarna jernih kebiruan dan terasa asin karena konon katanya ada sebuah lubang penghubung yang menjadi pusat laut dengan Pantai Donggala. 

Kalau tertarik mengunjungi destinasi wisata unik di Indonesia satu ini,anda dapat datang kapan saja sebab tempat ini dibuka sepanjang hari selama 24 jam.

Tetapi, disarankan untuk datang pada siang hari karena terkendala penerangan kalau kamu datang sore atau malam hari. Destinasi wisata unik dan anti-mainstream di Indonesia yang satu ini juga terkenal dengan nama Pusentasi atau Pusat Laut. Menarik sekali, bukan?

BACA JUGA: Liburanmu Bosan Dengan Yang itu Melulu, Inilah 6 Tempat Wisata Keluarga Di Semarang

7. Goa Gong

Kota Pacitan memang ini mempunyai banyak sekali goa dan sangat terkenal dengan goa-goanya yang indah. Tetapi, ada pula satu goa yang cukup menarik dan menjadi goa yang populer di Asia Tenggara, yang bernama Goa Gong. 

Terkenal dengan mempunyai panorama yang indah dari stalaktit dan stalagmit menjadikan goa ini salah satu tempat wisata terbaik yang ada di Pacitan. Destinasi wisata unik di Indonesia satu ini berada pada Kecamatan Punung yang berjarak 37 kilometer dari pusat kota.

Kamu tidak perlu khawatir bila ingin melakukan penjelajahan terhadap goa ini sebab pemerintah telah menambahkan prasarana di dalam goa untuk memudahkan pengunjung segala. Dan Salah satu ruangan dalam goa ini pernah dilakukan sebagai tempat konser musik.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by.travelloka