Bumil Wajib Tahu! Inilah 5 Buah yang Baik untuk Ibu Hamil

Bumil Wajib Tahu! Inilah 5 Buah yang Baik untuk Ibu Hamil

Ilustrasi Buah yang Baik untuk Ibu Hamil--pinterest

 

DISWAYJATENG.ID - Selama kehamilan, janin dalam kandungan bergantung pada ibu untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan. Itulah sebabnya, ibu hamil harus memastikan selalu mengonsumsi makanan yang terbaik untuk janin dan diri ibu sendiri. 

 

Penting untuk mengonsumsi makanan yang seimbang, mencakup buah dan sayuran. Khususnya buah, memberikan banyak manfaat untuk ibu dan bayi agar tetap sehat.

Selain dengan pemeriksaan rutin, pola makan yang sehat juga berperan penting dalam kesehatan ibu hamil secara keseluruhan, membantu tubuh berfungsi secara efektif dan mengurangi risiko penyakit selama kehamilan.

Lantas, apa saja buah yang bagus untuk ibu hamil?

 

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 5 buah yang baik untuk ibu hami :

 

1. Jeruk

 

Jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C, serat, dan memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil.

 

Vitamin C adalah nutrisi penting yang membantu menjaga kekebalan tubuh, memperbaiki jaringan, dan membantu penyerapan zat besi. Selama kehamilan, asupan vitamin C yang cukup sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang sehat pada janin.

 

Selain itu, serat dalam jeruk membantu menjaga pencernaan yang sehat dan mencegah sembelit, yang sering dialami selama kehamilan.

 

Jeruk juga mengandung asam folat, yang sangat penting dalam perkembangan sistem saraf janin. Asam folat membantu mencegah kelainan tabung saraf pada janin, seperti spina bifida.

 

Ada berbagai jenis jeruk yang dapat dikonsumsi selama kehamilan, termasuk jeruk manis, jeruk bali, jeruk mandarin, dan lain-lain. Selain dikonsumsi langsung, jus jeruk segar juga dapat menjadi pilihan yang baik untuk mendapatkan manfaat nutrisi dari jeruk.

 

2. Mangga

 

Mangga adalah buah yang kaya akan nutrisi dan memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi ibu hamil.

 

Mangga mengandung vitamin C, vitamin A, serat, dan kalium. Vitamin C penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Vitamin A penting untuk perkembangan jaringan dan organ janin yang sehat.

 

Serat dalam mangga membantu menjaga pencernaan yang sehat, mencegah sembelit, dan mempromosikan pergerakan usus yang teratur. Selama kehamilan, sembelit dapat menjadi masalah umum, sehingga konsumsi serat yang cukup sangat penting.

 

Mangga juga mengandung kalium, yang berperan dalam menjaga keseimbangan elektrolit tubuh, fungsi otot yang normal, dan menjaga tekanan darah yang sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber