Bikin Tambah Parah! Hindari Konsumsi 5 Buah Ini Bagi Kamu Penderita Asam Lambung

Bikin Tambah Parah! Hindari Konsumsi 5 Buah Ini Bagi Kamu Penderita Asam Lambung

Ilustrasi Hindari Konsumsi 5 Buah Ini Bagi Kamu Penderita Asam Lambung--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Buah kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Meski begitu, ada beberapa buah pantangan asam lambung yang sebaiknya dihindari atau dibatasi konsumsinya jika Anda menderita asam lambung.

Hal ini karena buah-buahan tersebut dapat meningkatkan produksi asam di lambung.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 5 buah yang bahaya dikonsumsi bagi penderita asam lambung:

1. Jeruk

Buah jeruk dapat menjadi masalah bagi beberapa orang yang memiliki masalah dengan asam lambung. Jeruk mengandung asam sitrat yang dapat meningkatkan produksi asam lambung dalam lambung.

Ketika asam lambung meningkat, ada kemungkinan terjadinya refluks asam lambung, yaitu ketika asam lambung naik ke kerongkongan.

Refluks asam lambung dapat menyebabkan iritasi pada kerongkongan dan menyebabkan gejala seperti nyeri dada, rasa terbakar di dada atau tenggorokan (heartburn), dan mungkin juga sensasi terasa seperti ada makanan yang naik kembali (regurgitasi).

Meskipun jeruk memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, seperti kaya akan vitamin C dan serat, orang yang memiliki sensitivitas terhadap asam lambung mungkin ingin menghindari konsumsi jeruk atau jus jeruk.

Bagi orang lain, jumlah jeruk yang dikonsumsi mungkin perlu dibatasi agar tidak memicu gejala asam lambung.

2. Tomat

Buah tomat dapat menjadi masalah bagi beberapa orang yang memiliki masalah dengan asam lambung. Tomat mengandung asam sitrat dan asam askorbat (vitamin C), yang dapat memperburuk gejala asam lambung.

Asam sitrat dalam tomat dapat memicu peningkatan produksi asam lambung dalam lambung. Ini dapat menyebabkan refluks asam lambung, di mana asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan gejala seperti nyeri dada, heartburn, dan regurgitasi.

Selain itu, asam askorbat atau vitamin C dalam tomat juga dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Beberapa orang dengan sensitivitas terhadap asam lambung mungkin menemukan bahwa mengonsumsi tomat atau produk tomat seperti saus tomat atau pasta tomat dapat memperburuk gejala asam lambung mereka.

BACA JUGA:Inilah 5 Buah yang Baik Dikonsumsi Bagi Penderita Asam Lambung, Baik untuk Lambung dan Kesehatan Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber