Gak Kebayang Pinternya! Berikut Nama-Nama Orang Dengan IQ Tertinggi di Dunia, Melebihi Albert Einstein

Gak Kebayang Pinternya! Berikut Nama-Nama Orang Dengan IQ Tertinggi di Dunia, Melebihi Albert Einstein

Ilustrasi Orang Dengan IQ Tertinggi di Dunia--

DISWAYJATENG.ID - Tingkat kecerdasan seseorang kerap diukur dari nilai intelligence quotient atau IQ-nya. Semakin tinggi nilai IQ, semakin cerdas orang tersebut.

IQ yang tinggi acapkali dihubungkan dengan ilmuwan jenius Albert Einstein. Namun nyatanya, ada banyak orang yang memiliki IQ tertinggi di dunia bahkan melebihi Einstein.

Intelligence quotient (IQ) diukur dengan sejumlah tes. Seperti tes mengukur kemampuan menalar, memecahkan masalah, merencanakan, belajar, daya tangkap, dan memahami permasalahan.

Seorang yang dikatakan jenius memiliki nilai IQ lebih dari 120-130. Albert Einstein misalnya, yang diketahui memiliki skor IQ sekitar 160-190. Sementara ilmuwan jenius terkemuka lainnya Stephen Hawking mencatatkan IQ 160.

Berikut daftar orang dengan IQ tertinggi di dunia:

1. Michael Kearney

Pria yang lahir pada 1984 silam ini diketahui memiliki skor IQ 200-325. Michael Kearney mengguncang publik saat mampu memecahkan rekor sebagai pria termuda yang lulus dari universitas dan juga sudah mengajar di universitas saat usianya masih belasan tahun.

Salah satu orang dengan IQ tertinggi di dunia ini menyelesaikan kuliah di usia 10 tahun di University of South Alabama, Amerika Serikat. Tak hanya itu, Kearney bahkan menyabet gelar Magister Kimia dari Middle Tennessee University di usiannya yang baru 14 tahun.

2. Ainan Celestle Cawley

Ainan Celestle Cawley merupakan seorang jenius yang lahir pada 23 November 1999 silam. Pada saat usianya baru menginjak 21 tahun, Ainan Cawley sudah memiliki IQ yang sangat tinggi, yakni mencapai nilai 263.

Ainan sudah mulai menekuni kursus kimia di Singapore Polytechnic pada usia belia, yakni 8 tahun. Kemudian pada usia 9 tahun, Ainan sudah mampu menghafal 518 titik desimal pertama pi dan pada usia 12 tahun ia sudah bekerja di industri film.

3. William James Sidis

William James Sidis diketahui memiliki skor IQ 250-300. Kejeniusannya sudah terlihat sejak usia 5 tahun ketika ia sudah mengoperasikan mesin tik dan belajar bahasa Latin, Yunani, Rusia, Prancis, Jerman, dan Ibrani.

Pada usia 11 tahun, Sidis sudah memberikan kuliah pertamanya yang sangat terkenal tentang fisika 4 dimensi di Harvard University.

4. Marilyn Vos Savant

Marilyn Vos Savant  merupakan seorang penulis dan juga kolumnis yang lahir di St. Louis, Missouri pada tahun 1946 silam.

Kejeniusan seorang Marilyn Vos Savant sudah tampak pada saat ia berusia 10 tahun. Dalam sebuah tes yang dilaksanakan di Stanford-Binet, Marilyn mencatatkan nilai IQ 228.

Kemudian pada 2012, lembaga pencatatan rekor dunia Guinness Book World Records menjadikan Marilyn Vos Savant sebagai pemilik IQ tertinggi di dunia dengan IQ mencapai 228.

5. Terence Tao

Terence Tao diketahui memiliki skor IQ mencapai 225-230. Ia sudah menunjukkan bakat luar biasa di bidang matematika pada usia yang sangat dini.

Bahkan Terence memperoleh gelar doktor saat umurnya baru 20 tahun. Kemudian pada 2006, ia menerima Fields Medal, penghargaan yang dianggap setara dengan Hadiah Nobel dalam matematika, tetapi penghargaan ini diberikan setiap empat tahun.

5. Kim Ung-Yong

Kim Ung-Yong lahir di Korea pada 1963 dan mulai berbicara pada usia enam bulan. Pada saat berusia 3 tahun, ia sudah bisa membaca bahasa Inggris, Korea, Jepang, dan Jerman.

Ung-Young saat ini lebih banyak menghabiskan waktunya untuk melakukan penelitian dan mengajar di Chungbuk National University, Korea Selatan. Adapun skor IQ nya 210.

6. Garry Kasparov

Kasparov adalah orang Rusia asli dan dianggap oleh beberapa orang sebagai pemain catur terhebat sepanjang masa. Sebagai bukti kecemerlangannya, dia pernah bermain game dengan IBM's Deep Blue, komputer catur yang bisa menghitung 100 juta gerakan per detik.

Kasparov juga pemegang rekor dengan jumlah kemenangan tertinggi berturut-turut. Adapun skor IQ nya mencapai 194.

7. Mislav Predavec

Mislav Predavec adalah seorang profesor matematika dari Kroasia yang dikatakan memiliki skor IQ 190. Predavec lahir di Zagreb pada 1967 dan kini mengajar di Schola Medica Zagrabiensis.

Ia juga pendiri sekaligus presiden GenerIQ Society, sebuah organisasi elit tempat berkumpulnya orang-orang paling jenius di dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber