Pasti Anda Pernah Alami Kiriman Foto Whatsapp Gak Kesimpen di Galeri, Tahu Gak Penyebabnya?

Pasti Anda Pernah Alami Kiriman Foto Whatsapp Gak Kesimpen di Galeri, Tahu Gak Penyebabnya?

--

DISWAYJATENG – Hampir semua orang mengenal aplikasi whatsapp, dari anak-anak sampai orang dewasa mengenalnya. Dengan whatsapp, anda dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain tanpa terpengaruh jarak dan waktu.

Anda juga bisa melakukan panggilan telpon sambil melihat wajah yang anda ajak komunikasi.

WhatsApp merupakan aplikasi untuk komunikasi digital dengan segudang fitur. Salah satu fitur menarik yang ada di WhatsApp adalah mengirimkan berbagai file terutama foto maupun video. Dengan fitur tersebut pengguna WhatsApp bisa saling bertukar foto secara mudah dan cepat. Bahkan kualitas dari foto tersebut tidak dikurangi.

Namun seperti layaknya sebuah aplikasi , tentu WhatsApp memiliki beberapa masalah atau bug yang muncul. Untuk saling bertukar foto pengguna sering mengalami masalah dengan foto tidak tersimpan pada galeri secara otomatis. Tentu hal tersebut akan mengganggu, terutama foto tersebut sangat anda perlukan suatu saat nanti.

Penyebab foto yang anda terima dari pesan WhatsApp tidak dapat tersimpan secara otomatis karena beberapa hal. Melansir dari techno.id pada Rabu (31/8),penyebab dan cara atasi WhatsApp tidak simpan foto secara otomatis yang dihimpun dari FAQ resmi aplikasi.

Penyebab WhatsApp tidak simpan foto secara otomatis

1.    Kesalahan pada pengaturan tanggal dan waktu.

WhatsApp juga memiliki koneksi pada pengaturan jam dan tanggal perangkat. Apabila perangkat yang digunakan memiliki pengaturan waktu yang salah, maka server WhatsApp

tidak dapat membaca pengiriman pesan dengan baik. Akibatnya akan terjadi bug dan foto tidak bisa terunduh.

2.    Masalah pada jaringan internet.

Penyebab dari WhatsApp tidak bisa simpan foto yang pertama adalah internet. Seperti diketahui bersama, WhatsApp bisa bekerja dengan baik karena adanya jaringan

internet stabil. Apabila terdapat masalah pada jaringan seperti terputusnya koneksi, maka bisa saja foto tidak dapat terunduh dengan baik.

3.    Fitur penyimpanan ke galeri non-aktif

File foto yang diterima pada WhatsApp pada dasarnya tidak tersimpan secara otomatis. Apabila pengguna menonaktifkan fitur penyimpanan file ke galeri, maka WhatsApp tidak akan menyimpan foto ke galeri. Dengan kata lain, apabila pengguna mematikan fitur simpan ke galeri maka foto hanya akan tersimpan pada aplikasi saja.

4.    Pengaturan auto save mati

WhatsApp mempunyai fitur auto save. Fitur tersebut memungkinkan semua file media yang masuk akan diunduh secara otomatis dan tersimpan pada galeri. Apabila fitur

tersebut mati, maka WhatsApp secara otomatis tidak menyimpan file tersebut.

5.    Kapasitas penyimpanan penuh

Salah satu penyebab foto tidak tersimpan yang sering muncul adalah kapasitas penyimpanan perangkat telah penuh. Ketika memori penyimpanan penuh, maka AI secara otomatis akan menolak untuk WhatsApp menyimpan foto ke galeri.

Itulah beberapa penyebab foto WhatsApp tidak tersimpan secara otomatis ke galeri.

Cara Mengatasi

Untuk mengatasinya kamu bisa melakukan cara-cara berikut ini:

1.    Atur waktu dan tanggal

Untuk mengatur waktu dan tanggal, pengguna bisa masuk ke menu pengaturan. Silakan pilih "Waktu & Tanggal". Silakan atur jam dan tanggal sesuai dengan waktu terkini sebenarnya. Kamu juga bisa atur waktu secara otomatis, sehingga perangkat melakukan penyuntingan auto jam dan tanggal.

2.    Cek jaringan internet

Silakan untuk melakukan pengecekan jaringan internet yang dipakai perangkat. Apabila didapati koneksi buruk, coba untuk sambungkan ulang. Kamu bisa masuk ke mode pesawat selama beberapa saat. Kemudian hubungkan kembali ke jaringan internet yang tersedia.

3.    Aktifkan penyimpanan foto ke galeri

Untuk mengaktifkan fitur penyimpanan foto ke galeri anda bisa membuka menu "Pengaturan" pada aplikasi WhatsApp. Pada menu pengaturan silakan pilih opsi "Chat". Setelah itu hidupkan pilihan penyimpanan di galeri.

4.    Aktifkan fitur Auto Save

Untuk mengaktifkan fitur Autosave anda bisa membuka menu "Pengaturan" pada aplikasi WhatsApp. Kemudian pilih opsi Penyimpanan dan Data. Aktifkan pilihan pengunduhan foto dengan menggeser toggle yang tersedia.

5.    Hapus file yang tidak terpakai.

Apabila penyimpanan penuh, silakan untuk menghapus beberapa file yang sudah tak terpakai. Apabila kalau kamu masih menginginkan file tersebut tidak terhapus, anda bisa menambahkan slot penyimpanan eksternal. Selain itu, kamu juga bisa memindahkan berbagai file tersebut ke penyimpanan seperti Google Drive.

BACA JUGA:Para Pengguna Android Wajib Tau, Inilah 10 Cara Merawat Android Agar Tetap Awet

Itulah beberapa cara mengatasi masalah foto WhatsApp tidak tersimpan pada galeri. Cukup mudah bukan. Selamat mencoba! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: