Oleh-oleh Khas Magelang yang Wajib Anda Bawa Saat Berkunjung Di Magelang

Oleh-oleh Khas Magelang yang Wajib Anda Bawa Saat Berkunjung Di Magelang

Ampyang kacang Magelang--by.hartono trade center

3. Gethuk Trio

Gethuk ini adalah  jajanan tradisional yang mudah ditemukan di Magelang. Saking banyaknya, kota ini bahkan juga dikenal sebagai kota gethuk , untuk oleh-oleh, gethuk trio ini bisa menjadi pilihan.

Jajanan gethuk yang terbuat dari bahan dasar ketela atau singkong ini mempunyai  cita rasa manis dan gurih yang khas. Gethuk trio semakin menarik karena ada 3 variasi warna berbeda yang membuatnya unik dan berbeda dengan gethuk lainnya. Pengemasannya juga unik karena menggunakan besek (kotak dari anyaman bambu).

BACA JUGA: Menikmati Cita Rasa Makanan Khas Magelang yang Sangat Lezat, Nomor 2 Bikin keringat membasahi Tubuh, Mak nyus

4. Gethuk Bolen

Ketela atau singkong ini menjadi salah satu bahan favorit dalam pembuatan jajanan tradisional. Seperti gethuk bollen yang satu  ini. Inovasi jajanan ini dijamin akan membuat Anda terpesona akan cita rasanya yang unik.

Jajanan ini dibuat dengan cara membungkus gethuk dalam kulit pastry. Setelah itu, dibentuk menjadi seperti mangkuk kemudian di atasnya dibubuhi pasta. Rasanya  manis gethuk dan gurihnya pasta dijamin membuat Anda ketagihan.

5. Tape Ketan

Kalau Anda ingin mencari alternatif oleh-oleh khas  lainnya yang tidak terbuat dari bahan singkong, tape ketan ini pilihan tepat. Terbuat dari bahan dasar beras ketan yang difermentasi, tape ketan khas Magelang mempunyai  ciri khas pada warnanya yang menarik, yaitu warna hijau alami.

Tidak perlu khawatir karena warna hijau ini terbuat dari bahan alami, yaitu ekstrak daun katuk atau pandan. Jajanan ini coxok dijadikan oleh-oleh karena selain tahan lama, Anda bisa menjadikannya sebagai campuran minuman. Tidak hanya dimakan langsung, tape ketan bisa dijadikan campuran untuk membuat wedang tape atau es tape ketan.

6. Grubi

Selain singkong, ubi juga menjadi bahan favorit untuk membuat oleh-oleh khas Magelang. Seperti salah satunya  yaitu Grubi ini. Namanya unik, dengan cita rasa yang unik pula.

Bahan dasar ubi diiris memanjang kemudian dibentuk menyerupai bola. Setelah itu, bola-bola ubi ini digoreng hingga matang dan berwarna coklat.

Setelah matang kemudian dibumbui dengan gula jawa. Ketika digigit, rasanya yang  renyah dan manis akan membuat Anda tak bisa berhenti memakannya.(*)

BACA JUGA: Sultan Tajir Asal Magelang Senang Tampil Sederhana Yang Tidak Suka Pamer harta dan Kemewahannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by.itrip.id