Kamu Harus Tahu! Ini Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta yang Lengkap

Kamu Harus Tahu! Ini Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta yang Lengkap

kopi mania--Ini Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta yang Lengkap

DISWAYJATENG.ID - Saat mendengar Arabika dan Robusta, apa yang ada di benak Anda? Biasanya, kami akan mendapatkan jawaban seperti ini: “Arabika itu manis, Robusta itu pahit,” atau “Arabika itu harganya mahal, kalau Robusta lebih murah.”

Kedua jawaban diatas memang benar adanya.

Sebenarnya, apa yang membuat Arabika dan Robusta begitu berbeda? Kali ini kami akan mengulas lebih dalam soal perbedaan kedua jenis kopi ini. 

Kopi Arabika

Jangan tertipu dengan namanya, Arabika adalah jenis kopi yang berasal dari dataran tinggi Ethiopia Barat. Kenapa namanya disebut Arabika? Menurut sebuah sumber, kopi ini dinamakan Arabika karena pada abad ke-7, biji kopi ini dibawa sebuah daerah dataran rendah di Arab. 

BACA JUGA:

Ingin Hidup Hemat dan Menguntungkan? Cobalah Gaya Hidup Frugal Living!

 

Umumnya jenis kopi ini tumbuh pada ketinggian sekitar 3.000-7.000 kaki di atas permukaan laut. Daerah subtropis adalah daerah yang ideal untuk kopi Arabika, karena umumnya daerah tersebut punya tanah gembur (atau tanah vulkanik), curah hujan merata, serta sinar matahari cukup, yang membuat Arabika dapat tumbuh dengan baik. Namun, Arabika adalah jenis kopi yang tidak mudah untuk dirawat. Tanaman kopinya cukup rentan terhadap hama dan penyakit.

Arabika juga merupakan jenis kopi paling populer di dunia. Menurut statistik, tahun 2017 dan 2018, produksi kopi Arabika di seluruh dunia mencapai sekitar 94,88 juta (standar 60kg). Tahun 2019 mendatang, produksi kopi Arabika di dunia diperkirakan akan melampaui 101 juta (standar 60kg).

Di samping itu, kopi robusta cocok ditanam di daerah tropis yang basah. Biasanya, tanaman ini akan berbuah ketika umur 2 5 tahun. Untuk menghasilkan buah yang baik, setidaknya tanaman ini membutuhkan waktu kering 3-4 bulan dalam setahun dengan beberapa kali turun hujan.

Kopi Arabika

Selain itu, dalam segi perawatan kopi robusta jauh lebih mudah. Pasalnya, buah arabika mudah rontok dari tangkainya matang, sehingga harus hati-hati saat memanen. Sedangkan, buah kopi robusta yang matang cenderung tetap menempel kuat di tangkainya.

Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika dari Segi Ukuran

Salah satu perbedaan kopi robusta dan arabika bisa dilihat dari segi ukuran. Biji kopi robusta jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan arabika yang memiliki ukuran besar. Selain itu, bentuk biji kopi arabika berbentuk lonjong, sementara biji robusta cenderung membulat.

Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika dari Segi Aroma

Salah satu ciri khas kopi arabika adalah memiliki rasa yang sedikit asam dan warna yang tidak terlalu pekat. Sementara itu, kopi robusta cenderung memiliki rasa yang mirip dengan jenis kacang-kacangan, lebih pahit, dan kasar.

Tingkat Kafein

Kopi arabika memiliki kandungan kafein yang lebih kecil yaitu sebesar 1,1% hingga 1,5% sedangkan kopi robusta memiliki kandungan kafein sebesar 2,2% hingga 2,7%.  Untuk itu bagi pecinta kopi yang ingin tetap terjaga di malam hari maka minumlah kopi robusta.

Kandungan Lemak dan Gula

Kopi arabika memiliki kandungan lemak dan gula yang lebih banyak jika dibandingkan dengan kopi robusta.  Kopi arabika memiliki kandungan lemak hingga 60% serta memiliki kandungan gula lebih banyak 2 kali lipat dibandingkan kopi robusta.

Cara penyajian

Kopi arabika memiliki rasa yang manis sehingga lebih cocok disajikan secara single kopi original tanpa tambahan gula sehingga penikmat kopi lebih dapat merasakan rasa asli kopi.  Sedangkan kopi robusta memiliki rasa yang pahit sehingga lebih cocok untuk disajikan dengan ditambahkan susu dan cream menjadi kopi espresso.

Harga kopi arabika lebih mahal dibandingkan kopi robusta.  Hal ini dikarenakan kopi arabika menghasilkan sedikit biji kopi dan mempunyai rasa yang lebih bervariasi.  Semakin unik rasa yang dihasilkan, maka harga akan semakin mahal.

Menarik sekali ya?

 

Pada akhirnya, minum atau menyeduh kopi akan kembali ke selera pribadi. Jika sebelumnya Anda lebih menyukai kopi Arabika, tak ada salahnya pula mencoba kopi Robusta sebagai perbandingan dan menghilangkan rasa penasaran. Siapa tahu, Anda justru akan menyukainya!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ini perbedaan kopi arabika dan robusta yang lengkap