Inilah 10 Hewan dengan Umur Terpendek di Dunia, Ada yang Umurnya Cuma 24 Jam

Inilah 10 Hewan dengan Umur Terpendek di Dunia, Ada yang Umurnya Cuma 24 Jam

Ilustrasi hewan mayfly--

DISWAYJATENG.ID - Hewan memiliki berbagai macam usia tergantung pada spesiesnya. Beberapa hewan memiliki masa hidup yang relatif pendek, sementara yang lain dapat hidup jauh lebih lama.

Berikut 10 hewan dengan umur terpendek di dunia :

1. Tikus (3 Tahun)

Hewan pengerat kecil ini masuk dalam daftar hewan dengan umur terpendek karena hanya hidup hingga tiga tahun. Tikus menjadi dewasa secara seksual hanya pada usia 30 hari.

Hewan pengerat ini memiliki banyak predator termasuk kucing, ular, rubah, dan burung hantu. Selain itu, umurnya pendek karena dianggap sebagai hama. Tikus dapat mengunyah kabel listrik, menggigit makanan dan meninggalkan kotoran kecil di belakang rumah.

2. Hamster (2 - 4 Tahun)

Hewan kecil ini memang salah satu hewan yang laris dijadikan peliharaan karena parasnya yang imut. Namun sayangnya, keimutannya gak berlangsung lama lantaran umurnya yang terbilang cukup singkat.

Ya, seekor hamster rata-rata hidup hanya sampai dua hingga empat tahun saja

3. Bunglon Labord (1 Tahun)

Bunglon labord ditemukan pertama kali di hutan Madagaskar oleh seorang penjelajah Prancis bernama Jean Laborde. Diketahui siklus hidup bunglon ini hanya sekitar 1 tahun.

Ketika bunglon labord lahir bulan November, maka mereka akan mencapai kematangan seksual pada Januari atau Februari. Bunglon akan berkembangbiak dan melahirkan lagi pada bulan November, dan begitu seterusnya. Bunglon labord dewasa yang lebih tua akan mati pada akhir tahun.

4. Lebah pekerja (8 Bulan)

Lebah pekerja terkenal sangat aktif. Mereka menghabiskan masa hidupnya untuk membantu sarang dan ratunya untuk bertahan hidup. Uniknya, usia lebah pekerja sangat bervariasi tergantung musim.

Lebah pekerja yang aktif pada musim panas, siklus hidupnya akan berakhir setelah 6 minggu atau 30-60 hari berikutnya. Sementara yang tumbuh dan aktif di musim dingin, cenderung punya usia hidup enam sampai delapan bulan.

Hal ini dikarenakan lebah pekerja tak butuh banyak tenaga saat musim dingin. Mereka juga menyimpan lemak di tubuhnya untuk makanan.

5. Capung (4-8 Bulan)

Capung adalah serangga yang tergolong dalam kelompok Odonata. Perlu diketahui, jenis hewan satu ini tidak bisa hidup jauh dari sumber air.

Hal tersebut dikarenakan air adalah tempat mereka bertelur, berkembang biak, dan menghabiskan waktu hidupnya. Capung juga hidup di waktu yang singkat yaitu sekitar 4-6 bulan.

BACA JUGA: Mau Rumah Aman dari Tikus? Berikut 7 Cara Menjaga Rumah Agar Terhindar dari Tikus

6. Nyamuk (10 - 56 Hari)

Hewan yang dibenci oleh banyak orang, yaitu nyamuk, punya umur yang sangat pendek. Nyamuk jantan hidup hanya dalam masa 10 hari, sedangkan nyamuk betina hidup lebih panjang.

Perlu kita ketahui, hanya nyamuk betina yang mengisap darah, sementara nyamuk jantan memakan madu seperti lebah.

7. Lalat (1 Bulan)

Lalat salah satu hewan yang sangat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun usia lalat rumah sangatlah singkat, sekitar satu sampai dua bulan. Meski begitu tahapan siklus hidup lalat juga tergolong cepat. Mulai dari telur lalat yang mampu menetas dalam waktu kurang dari 24 jam.

Kemudian tahap larva berlangsung antara 5-14 hari. Disusul dengan tahap kepompong yang berlangsung dari 3-10 hari. Artinya, setiap siklus hidup lalat sangat pendek durasinya. Hebatnya lagi, lalat betina mampu menghasilkan 500 butir telur sekaligus.

8. Gastrotich (5 hari)

Gastrotrich merupakan hewan kecil seperti cacing yang ditemukan di air tawar di seluruh dunia. Untuk melihatnya memerlukan bantuan mikroskop karena saat ukuran maksimalnya hanya sampai 3 milimeter.

Tidak hanya ukurannya yang kecil, sebagian besar hewan ini juga hanya mampu bertahan hidup selama lima hari.

9. Semut drone (1-2 Hari)

Hewan ini punya sayap dan tubuh yang besar seperti tawon. Mereka hidup berkoloni dan salah satu tujuannya berkembang biak agar populasi koloninya terus berkembang.

Maka dari itu semut ini dikenal juga dengan sebutan semut reproduksi. Usia semut ini tergolong sangat singkat, hanya 1-2 hari saja.

10. Mayfly atau lalat capung (24 Jam)

Hewan ini hidup di sekitar danau, kolam, dan sungai di Amerika Utara. Hewan ini diketahui punya usia paling pendek di dunia, yaitu hanya 24 jam. Lalat capung masuk dalam ordo Ephemeroptera, yang berasal dari bahasa Yunani dengan arti 'berumur pendek'. Siklus hidupnya sama seperi capung.

Dari sebuah telur kemudian menetas menjadi nimfa yang bertahan di air. Beberapa nimfa lalat capung tinggal di air beberapa bulan, bahkan bisa bertahun-tahun. Namun setelah menjadi lalat capumg dewasa, mereka hanya hidup kurang dari 24 jam.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber