Jangan Takut Lagi Untuk Minum Kopi Bagi Penderita Magh, Simak Penjelasannya

Jangan Takut Lagi Untuk Minum Kopi Bagi Penderita Magh, Simak Penjelasannya

--Jangan Takut Lagi Untuk Minum Kopi Bagi Penderita Magh,

DISWAYJATENG.ID - Kopi memang mengandung kafein, namun penderita asam lambung tetap bisa minum kopi. Ini cara minum kopi yang aman untuk penderita asam lambung.  

  

Penderita penyakit asam lambung kerap dibuat ketar-ketir saat akan minum kopi. Pasalnya, kopi mengandung kafein dan bersifat asam yang berpotensi membuat asam lambung naik.

 

Melansir Harvard Health Publishing, mencegah penyakit asam lambung kumat bisa dilakukan dengan menjaga asupan dan gaya hidup sehat. Misalkan, mengganti obat jenis tertentu yang umumnya tidak ramah pemilik gangguan lambung. 

 

Bisa juga dengan menghindari makanan atau minuman tertentu yang terlalu asam, pedas, atau berlemak. 

 

Para penderita asam lambung seperti maag dan GERD bisa minum kopi tanpa perlu takut kadar asam lambung naik. Dengan catatan, para penderita asam lambung tahu cara aman minum kopi.

 

Atur Porsi Minum Kopi

 

Sebagai seorang penderita maag, kamu harus sadar bahwa kemampuanmu minum kopi nggak bisa disamakan dengan orang yang nggak mempunyai riwayat penyakit serupa. Asupan kafein yang berlebihan dapat membuat gejala maag-mu semakin parah. Akibatnya, kamu nggak bisa beraktivitas dengan nyaman karena sakit yang menyerang perut. 

 

Seperti orang lain, penderita maag sebetulnya boleh juga minum kopi di pagi hari. Namun, kondisi perut nggak boleh dalam keadaan kosong, ya. Selain itu, dokter juga menyarankan batas aman dalam minum kopi setiap harinya, yakni maksimal sebanyak satu gelas aja.

 

Pilih Biji Kopi dengan Roasting-an Dark

 

Pemilihan kopi yang tepat juga berpengaruh terhadap naiknya asam lambung. Khusus untuk penderita maag, kamu perlu tahu bahwa biji kopi dark roast (dark roast coffee) adalah biji kopi yang dipanggang pada suhu tinggi dan lebih lama. Jenis biji kopi ini lebih cocok untuk penderita maag daripada jenis kopi light roast. Penyebabnya, dark roast coffee memiliki kandungan kafein yang lebih rendah. Lalu, bagaimana cara mengenali biji kopi dark roast? Berikut beberapa ciri-ciri kopi dark roast yang bisa kamu amati:

 

Warna Biji Kopinya Sangat Gelap.

 

Aroma dan rasa hangus lebih kuat saat diseduh.

Biasanya dicampurkan dengan susu, seperti pada menu cappuccino atau latte.

 

Pilih Biji Kopi dengan Tingkat keasaman Rendah

 

Cara minum kopi selanjutnya adalah memperhatikan tingkat keasaman kopi. Agar lebih aman buat asam lambung, kamu perlu memilih biji kopi yang mempunyai kadar asam rendah. Jenis kopi yang terkenal dengan tingkat keasaman rendah adalah Kopi Arabika. 

 

Pilih kopi yang difermentasi Ganda

 

Selain faktor-faktor di atas, teknik fermentasi juga dapat memengaruhi pemilihan kopi agar lebih aman buat asam lambung. Sebaiknya gunakan biji kopi yang difermentasi lebih dari sekali. Ternyata, teknik fermentasi ganda dapat menghasilkan kopi yang lebih nyaman untuk perut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jangan takut lagi untuk minum kopi bagi penderita magh