Magelang Memiliki Banyak Tempat Wisata, Bahkan Ada yang Mendunia! Ada Pula yang Gratis, Penasaran?

Magelang Memiliki Banyak Tempat Wisata, Bahkan Ada yang Mendunia! Ada Pula yang Gratis, Penasaran?

--

DISWAYJATENG - Magelang memiliki banyak tempat wisata yang sudah sangat terkenal. Magelang yang  meliputi Kabupaten Magelang, dan Kota Magelang, terletak pada provinsi Jawa Tengah.

Perihal tempat wisatanya, semua orang tidak meragukan  lagi. Bahkan ada yang menjadi salah satu dari  7 keajaiban dunia, yaitu Candi Borobudur. Setiap tempat wisata di Kabupaten Magelang, dengan Kota Magelang, masing-masing memiliki daya tarik tersendiri.

Tempat wisata pada Kabupaten Magelang lebih mendominasi dalam hal tempat wisata Candi, dan wisata Alam. Dan inilah review tempat wisata  Magelang, dari mulai wisata alam , wisata sejarah , wisata yang instagramable, dan romantis  lengkap dengan harga tiket masuknya.

Tempat Wisata Magelang

1.    Candi Borobudur

Kita mulai dari sebuah tempat yang sangat spektakuler, mendunia, dan memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi, hingga masuk ke dalam 7 keajaiban dunia. Nama tempat wisatanya adalah Candi Borobudur. Candi Borobudur sudah ada pada tahun 800 Masehi, tepatnya pada jaman Wangsa Syailendra. Candi Borobudur mampu menjadi gerbang sejarah, untuk mencoba memahami peradaban manusia pada masa lampau. Lokasi Dan Alamat Candi Borobudur berada pada Jl.Badrawati, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Candi Borobudur buka dari jam 06.30 – 16.30.

Harga tiket masuk Candi Borobudur Rp. 50.000 per orang.

2.    Taman Kyai Langgeng

Tempat wisata  Magelang selanjutnya, tepatnya berada pada Kota Magelang. Nama tempat wisatanya adalah Taman Kyai Langgeng. Sebuah tempat wisata di Kota Magelang yang bernilai sejarah, wisata keluarga yang nyaman, serta wisata alam yang dilengkapi dengan fasilitas yang akan menambah keseruan wisata anda. Taman Kyai Langgeng dibangun pada tahun 1981.

Taman Kyai Langgeng saat ini sangat indah jika anda pandang, padahal dulunya adalah sebuah lahan kritis.

Lokasi dan alamat Jl. Cempaka No.6, Kelurahan Kairirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Harga tiket masuk Taman Kyai Langgeng Rp. 24.000 per orang

3.    Gunung Andong

Tempat wisata  Magelang yang instagramable, romantis, dalam balutan pesona alam yang indah, sekaligus tempat wisata yang hits untuk kalangan muda-mudi, yaitu Gunung  Andong.

Aktivitas wisata yang hits  Gunung Andong adalah camping.

Lokasi campingnya berada pada puncak Gunung Andong. Meskipun tidak terlalu lebar kondisi puncaknya, namun mampu menyajikan panorama alam yang sangat indah.

Lokasi Gunung Andong terletak di 3 kabupaten.

Alamat Gunung Andong berada di Dusun Sawit, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Harga tiket masuk Gunung Andong Rp. 20.000 per orang.

4.    Candi Mendut

Daya tarik Candi Mendut bukan hanya terletak pada arsitektur bangunannya saja. Sisi sejarahnya juga menjadi daya tarik tersendiri, terutama tahun pembangunannya diduga sama, atau bahkan lebih tua dari Candi Borobudur.

Selain itu, relief 0 relief yang ada pada Candi Mendut mengandung nilai filosofi yang sangat menarik untuk anda pahami. Terdapat nilai luhur yang diterjemahkan dalam bentuk relief.

Lokasi dan alamat Candi Mendut berada pada Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Harga tiket masuk Candi Mendut Rp. 5.000 per orang.

5.    Gardu Pandang Silancur

Gardu Pandang Silancur adalah tempat wisata Magelang yang hits, menawarkan beragam spot selfie yang instagramable, dengan latar alam pegunungan yang eksotis. Selain itu, Gardu Pandang Silancur menjadi destinasi wisata keluarga yang nyaman dan edukatif.

 Apalagi pada lokasi tersebut sudah tersedia dengan fasilitas penginapan, dan cafe, yang akan menyajikan nuansa romantis saat malam tiba. Lokasi dan alamat Gardu Pandang Silancur berada pada Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Harga tiket masuk Gardu Pandang Silancur Rp. 10.000 per orang.

6.    Candi Selogriyo

Candi Selogriyo tidak seperti candi-candi pada umumnya, yang memiliki banyak candi dalam satu kompleks yang sama. Meskipun begitu, Candi Selogriyo memiliki daya tarik sebagai berikut:

Candi yang bersejarah, Peson alam sekitar yang sangat cantik.

Selain itu, Candi Selogriyo juga memilki sisi misteri, atau legenda yang masih diperbincangkan hingga saat ini. Salah-satunya tentang khasiat air awet muda. Lokasi Candi Selogriyo terletak pada lereng timur kumpulan 3 bukit. Alamat Candi Selogriyo berada pada Desa Candisari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Harga tiket masuk Candi Selogriyo Rp. 5.000 per orang.

7.  Curug Silawe

Kunjungan wisata ke Curug Silawe layaknya sekali mendayung, dua pulau terlampaui. Karena tidak jauh Curug Silawe terdapat air terjun lainnya, yang bernama Curug Sigong.

Curug Silawe memiliki ketinggian 60 meter, airnya tidak pernah kering sekalipun  musim kemarau. Lokasi Curug Silawe terletak di sebelah selatan Gunung Sumbing. Alamat Curug Silawe berada pada Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Harga tiket masuk Curug Silawe Rp. 6.000 per orang.

8.  Punthuk Setumbu

Tempat wisata  selanjutnya adalah tempat wisata yang lahir dari keajaiban, dan kekuatan media sosial. Namanya adalah Punthuk Setumbu. Punthuk Setumbu adalah spot, atau cara lain menikmati keindahan Candi Borobudur. Selain itu, para wisatawan yang datang tak ingin melewatkan panorama golden sunrisenya. Lokasi Punthuk Setumbu teletak pada gugusan Gunung Menoreh.

Alamat Punthuk Setumbu berada pada Krahan, Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Harga tiket masuk Punthuk Setumbu Rp. 15.000 per orang.

9.  Hutan Pinus Kragilan

Selanjutnya ada Pinusan Kragilan atau Top Sefie Hutan Pinusan tempat wisata yang berada pada area hutan Pinus yang kental dengan suasana nyaman, udara yang segar, serta pemandangan alam yang epic. Top Selfie Pinusan Kragilan ini berada dibawah kaki Gunung Merbabu, hal ini membuat para wisatawan tak melewatkan momen untuk mengabadikan foto dengan panorama gunung yang menjulang tinggi tempat hiking favorit para pendaki.

Selain menampilkan Hutan Pinus sebagai spot utamanya, di Pinusan Kragilan juga terdapat sejumlah gardu pandang yang disewakan untuk tempat selfie para pengunjung.

Lokasi dan alamat  Top Selfie Pinusan Kragilan di Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Magelang. Tiket masuk Pinusan Kragilan sebesar Rp. 10.000,- per orang

10.  Alun-Alun Magelang

Alun-Alun Magelang merupakan ikon wisata yang menjadi kebanggaan masyarakat kota Magelang. Sebagai pusat kegiatan, Alun-Alun Magelang selalu menjadi alternatif hiburan  utama para pengunjung lokal maupun luar daerah.

Uniknya lagi Alun-Alun Magelang ini yaitu terkelilingi empat tempat ibadah dari empat agama yang berbeda. Pada  kawasan Alun-Alun Magelang ini terdapat Masjid Agung Magelang, tak hanya itu ada pula Gereja Santo Ignatius, Klenteng Liong Hok Bio, serta Gereja Protestan Indonesia. Lokasi Alun-Alun Magelang berada pada Jalan Alun-Alun Utara, Kemirirejo, Kecamatan Magelang Tengah, Magelang. Tiket masuk Alun-Alun Magelang gratis

BACA JUGA:Siapa Sangka Destinasi Wisata Purworejo Sangat Menakjubkan! Ini Dia..

Nah, itulah beberapa tempat wisata yang ada pada kota dan kabupaten Magelang yang dapat menjadi referensi anda jika ingin berlibur kesana. Selain tempat tersebut masih banyak tempat lain yang juga tidak kalah indah. Selamat berlibur. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: