Seblak Coet Ala Rafael Tan Viral di TikTok, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Seblak Coet Ala Rafael Tan Viral di TikTok, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Seblak coet Rafael Tan-By: TikTokRafaelTan-

DISWAYJATENG.IDSeblak siapa yang tidak mengenal makanan pedas satu ini, seblak adalah makanan yang kebanyakan sangat digemari oleh para wanita karena rada pedas dan gurihnya. Seblak ini merupakan makanan khas sunda yang berasal dari wilayah parahayangan dengan cira rada yang guruh dan pedas. Seblak umumnya memiliki kuah yang pekat dan isian utamanya adalah dari kerupuk dengan bumbu pelengkapnya yaitu bawang putih, cabai dan kencur. 

Namun dengan adanya perkembangan pada bidang food and Busines, seblak kini tidak hanya berisikan kerupuk saja namun kini seblak sudah memiliki banyak Varian. Bahkan saat ini mungkin sudah ada ratusan varian seblak, mulai dari seblak biasa, seblak yang di kombinasikan dengan daging, seafood, seblak bakar dan saat ini yang sedah firal di TikTok adalah Seblak Coet Mamang Rafael. Seblak ini merupakan seblak yang di buat oleh Rafael Tan yang kemudian di ekspos ke media TikTok.

 

Rafael Tan siapa yang tidak mengenalnya, mantan personel boy band Smash ini belakangan sedang viral di media sosial khususnya di Tik Tok karena resep seblaknya yang mudah untuk kalian tiru dan rasanya yang sedap. 

 

Selain Terlihat sedap dan simpel membuatnya, seblak coet buatan Rafael Tan ini sangat khas. Hidangan asli sunda tersebut memiliki cita rasa yang lezat dan sangat pedas.

Berbeda dengan seblak lainnya, Resep seblak ini dibuat dengan menggunakan cobek atau coet. Bahan utamanya adalah kerupuk mentah yang direbus, kemudian dicampurkan dengan aneka bumbu dapur lainnya.

Dalam unggahannya yang viral, Rafael membuat seblak coet dibantu oleh asisten rumah tangganya. Bagi yang ingin mencoba, simak resep seblak Coet Ala Rafel Tan selengkapnya berikut ini.

Resep Seblak Coet Rafael Tan

Seblak coet Rafael Tan ini berbeda dengan seblak pada umunya yang menggunakan kuah. Seblak coet ala rafael tan ini justru cenderung kering, teksturnya lembut, dan bumbunya meresap dengan sempurna.

Bahan utama yang dibutuhkan dalam pembuatan seblak coet ini adalah kerupuk putih mentah. Tetapi anda juga misa mengkreasikannya dengan menambahkan bahan lain seperti mie keriting, kerupuk, sayuran, telur, dan lain sebagainya. 

Bumbu yang digunakan pun sangat sederhana, kalian bisa memukannya dengan mudah di supermarket terdekat atau juga di pasar terdekat. Simak Resep berikut ini untuk membuat Seblak Coet Ala Rafael Tan yang enak, gurih dan lezat 

Cara Membuat Seblak Coet Ala Rafael Tan

Simak bahan-bahan dan tata cara membuat seblak coet Rafael tan berikut ini:

Bahan-bahan

· Coet atau ulekan

· Kerupuk putih

· Kencur yang sudah dipotong

· Bawang daun

· Cabai hijau 10 buah

· Bawang putih 4 siung

· Cabai rawit 5 buah

· Garam, gula, micin dan penyedap rasa.

· Minyak goreng

Langkah-langkah

1. Cuci terlebih dahulu bahan-bahan yang akan digunakan. Usahakan cuci dengan air bersih yang mengalir.

2. Potong bawang putih dan kencur di atas cobek.

3. Potong cabai rawit dan cabai merah, kemudian masukkan ke dalam cobek. Tambahkan gula, micin dan penyedap rasa secukupnya. Lalu, ulek sampai merata. 

4. Kemudan, rebus kerupuk putih menggunakan panci, tunggu sampai sedikit lembek.

5. Tambahkan gula, micin dan penyedap rasa ke dalam coet. Tambahkan daun bawang sesuai selera.

6. Panaskan minyak. Kemudian, campurkan minyak panas tersebut ke dalam bumbu yang sudah dihaluskan. Lalu, aduk menggunakan sendok.

7. Jika sudah, masukkan kerupuk yang sudah direbus dan aduk dengan bumbu sampai merata.

8. Seblak coet pun siap untuk dinikmati. Disarankan untuk menyantapnya selagi hangat.

(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: seblak