Ini Dia 10 Destinasi Wisata Bersejarah di Palembang yang Belum Banyak Orang Tahu

Ini Dia 10 Destinasi Wisata Bersejarah di Palembang yang Belum Banyak Orang Tahu

--

DISWAYJATENG.ID - Palembang, ibu kota Provinsi Sumatera Selatan, merupakan kota yang kaya akan sejarah dan budaya. Dengan warisan panjangnya, Palembang menawarkan banyak tempat wisata bersejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Berikut Ini Beberapa Wisata Bersejarah yang Wajib Anda Kunjungi Saat Berada di Palembang

 

1. Benteng Kuto Besak

Terletak di tengah kota Palembang, Benteng Kuto Besak merupakan salah satu warisan sejarah yang paling penting di daerah ini.

Benteng ini sudah ada pada abad ke-18 oleh Kesultanan Palembang Darussalam untuk melindungi kota dari serangan musuh. Saat ini, bangunan tersebut menjadi museum yang menyimpan berbagai artefak sejarah.

2. Masjid Agung Palembang

Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia. sudah ada pada 1738. Arsitektur masjid ini menampilkan pengaruh budaya Melayu dan Tionghoa.

Demikian pula, Masjid Agung Palembang juga memiliki koleksi Al-Quran yang langka dan menarik untuk Anda lihat.

3. Keraton Kuto Lamo

Keraton ini merupakan bekas istana Kesultanan Palembang Darussalam yang terletak di seberang Benteng Kuto Besak.

Meskipun hanya tersisa beberapa bangunan, tempat ini masih memancarkan kemegahan masa lalu dan menawarkan wawasan tentang kehidupan kerajaan Palembang.

4. Jembatan Ampera

Merupakan ikon kota Palembang, Jembatan Ampera merupakan salah satu jembatan kabel yang menghubungkan kota lama dengan kota baru.

Sudah ada bangun pada 1962, jembatan ini memiliki nilai sejarah yang tinggi karena menjadi simbol perjuangan dan persatuan masyarakat Palembang.

5. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Museum ini dedikasikan untuk menghormati Sultan Mahmud Badaruddin II, seorang tokoh penting dalam sejarah Palembang.

Di dalam museum, pengunjung dapat melihat koleksi seni, perhiasan, dan artefak sejarah yang berkaitan dengan kehidupan Sultan Mahmud Badaruddin II.

BACA JUGA:Ingin Berwisata Sejarah? Museum Semedo Tegal Rekomendasi Buat Kamu

6. Pulau Kemaro

Pulau ini terkenal karena memiliki pagoda Tua Pek Kong yang sudah ada pada abad ke-19. Pagoda ini merupakan tempat ibadah penting bagi masyarakat Tionghoa di Palembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: