Ini Dia Salah Satu Destinasi Wisata Sejarah dan Budaya Situs Giri Kedaton yang Berada di Kota Gresik

Ini Dia Salah Satu Destinasi Wisata Sejarah dan Budaya Situs Giri Kedaton yang Berada di Kota Gresik

Ini Dia Salah Satu Destinasi Wisata Sejarah dan Budaya Situs Giri Kedaton yang Berada di Kota Gresik-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID  Situs Giri Kedaton adalah salah satu situs Islam yang berada di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Merupakan lokasi pesantren atau kerajaan Islam yang didirkan oleh Sunan Giri pada abad ke-15.

Situs Giri Kedaton selalu ramai akan dikunjungi wisatawan setiap harinya terutama apalagi pada akhir pekan. Baik itu bagi para peziarah maupun wisata umum untuk menambah pengetahuan sejarah tentang islam.

Bahkan wisatawan juga bisa menikmati indahnya pemandangan yang sudah disajikan oleh Situs Giri Kedaton.Situs ini memiliki luas sekitar 1 hektar dan berada di puncak sebuah bukit dengan ketinggian 200 mdpl.

BACA JUGA:Inilah Beberapa Pilihan Wisata Religi yang Ada di Indonesia

Tempat ini menjadi pusat pemerintahan Sunan Giri atau Raden Paku atau salah seorang tokoh Walisongo. Situs Giri Kedaton menjadi salah satu destinasi wisata sejarah dan budaya di Kabupaten Gresik Jawa Timur yang wajib kalian kunjungi.

Tempat ini mempunyai banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan sekaligus menambah pengetahuan sejarah Islam di Kota Gresik. Mengunjungi situs sunan giri dan sejarah penyebaran Islam di Gresik saat itu.

Disini juga terdapat Makan Raden Supeno yang merupakan putra dari Sunan Giri. Situs ini berdiri di sebuah bukit yang lumayan tinggi, untuk datang kesana para wisatawan harus berjalan melewati anak tangga yang semakin lama anak tangga tersebut semakin memuncak.

Tempat ini memiliki pemandangan asri dengan hamparan pegunungan hijau menyajikan suasana terbaik ditambah dengan udara sejuk. Bagi kalian sangat cocok jika ingin berlibur sekaligus untuk menambah pengetahuan.

Kali ini kita akan membahas lebih dekat sejarah dan fasilitas yang ada di situs giri kedato, sebagai berikut:

 

1. Sejarah Situs Giri Kedaton

Giri Kedaton dibangun oleh Sunan Giri pada tahun 1487 serta keberadaan bangunan ini berawal dari permintaan sang ayah yaitu Maulana Ishak. Beliau adalah yang merupakan seorang ulama di Pasai.

Suatu ketika ayah dari pada Raden Paku menyuruh untuk membangun sebuah pondok pesantren di wilayah Gresik. Pada akhirnya Sunan Giri menemukan tanah yang mirip dengan tempat tinggal sang ayahnya.

Tanah tersebut terletak di Bukit Giri atau sekarang masuk pada Kecamatan Kebomas, Gresik, Jawa Timur. Dan tempat ini berada diatas bukit Raden Paku mendirikan sebuah pesantren yang bernama Giri Kedaton.

Tempat ini digunakan sebagai tempat para santri dalam menuntut ilmu agama islam dan santrnyai berasal dari berbagai daerah. Yaitu meliputi Daerah Banjarmasin, Madura, Tidore, Ternate, Bima, Hitu (Filipina) dan daerah-daerah lain di Indonesia.

Raden Paku sendiri menjadi pemimpinnya dan mempunyai gelar Prabu Satmata atau Sunan Giri I. Selanjutnya dijalankan secara turun temurun oleh para keturunannya.

2. Rute Perjalanan Menuju Situs Giri Kedaton

Untuk menuju ke situs giri kedaton kalian lebih baik ditemani oleh pemandu atau seseorang yang telah mengenal daerah ini. Karena akses jalan menuju tempat ini tidak ada satu pun papan petunjuk arah seperti yang terdapat ditempat wisata pada umumnya.

3. Fasilitas Situs Giri Kedaton

Berikut ini adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia pada Situs Giri Kedaton & Makam Raden Supeno antara lain:

 

1)          Lokasi parkir kendaraan

2)          Warung wisata

3)          Toilet

4)          Mushola

5)          Spot foto

6)          Situs petilasan

7)          Pusat oleh-oleh dan lain-lain

 

4. Alamat Situs Giri Kedaton

Tempat ini berada pada Jalan Sunan Giri XIII, Pedukuhan, Kebomas, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

 

5. Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

 

1)      Harga tiket Masuk Gratis

2)      Parkir motor Rp5.000

3)      Parkir mobil Rp10.000

4)      Parkir bus besar Rp15.000

5)      Buka 24 jam

 

Demikian pembahasan kita mengenai Situs Giri Kedaton, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: