Penasaran Dengan Kuliner Khas Daerah Surabaya, Ini Dia 4 Kuliner Yang Bisa Kalian Coba

Penasaran Dengan Kuliner Khas Daerah Surabaya, Ini Dia 4 Kuliner Yang Bisa Kalian Coba

Penasaran Dengan Kuliner Khas Daerah Surabaya, Ini Dia 4 Kuliner Yang Bisa Kalian Coba-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID Surabaya merupakan kota metropolitan ke dua setelah Jakarta, kota ini sangat terkenal dengan wisata dan kuliner khas Surabaya. Kota Surabaya adalah kota yang besar dengan urutan ke bawahnya adalah Medan, Bandung, dan Semarang.

Wisata kuliner Surabaya sudah tertata dengan baik dan rapih. Hal ini sudah terbukti dengan termilikinya beberapa sentra kuliner yang ada pada kota terbesar kedua Indonesia.

BACA JUGA:Resep Ayam Panggang Madu Mentega

Kota Surabaya sebagai kota metropolitan tentu Kota Surabaya memiliki tempat wisata kuliner kekinian, enak, dan banyak kuliner yang harganya murah. Maka dari itu kali ini kita akan membahas 4 kuliner yang bisa kalian cicipi ketika berkunjung ke surabaya, antara lain:

 

1. Rawon Setan Mbak Endang

Makanan rawon setan Mbak Endang bukan hanya ada pada Daerah Surabaya saja. Hal ini  melainkan sudah membuka cabang pada Jakarta Barat tepatnya daerah Kecamatan Palmerah.

Sajian kuah hitam dengan bau rempah-rempah yang khas berisikan daging sapi yang empuk lebih nikmat kita makan dengan nasi hangat. Kita campur dengan kerupuk udang, empal goreng, irisan telur asin, tauge rebus, dan ditaburi bawah goreng.

Jangan ketinggalan juga sambal terasinya yang enak. Bagi kalian ingin mencobanya tempat ini berlokasi pada Jl. Embong Malang No. 78/I, Genteng, Surabaya, Jawa Timur. Warung ini buka 24 jam dan harganya kisaran Rp. 25.000.

 

2. Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih merupakan salah satu penjual Sate Klopo paling enak, dan selalu menjadi incaran para penikmat rasa. Daging yang tebal kita campur dengan serundeng untuk menambah nikmat rasa dari sate klopo ini.

Dagingnya dapat berasal dari ayam, sapi, sumsum, juga udang. Sate Klopo Ondomohen Bu Asih sudah ada sejak tahun 1945 dengan masih eksis hingga saat ini.

Hal itu membuktikan bahwa sate klopo yang satu ini memiliki cita rasa tersendiri yang tak berkurang. Meski makanan ini telah berganti zaman alias cita rasa yang tak lekang oleh waktu atau zaman.

Tempat ini berlokasi pada Jalan Walikota Mustajab No. 36, RW 05, Ketabang, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur. Warung ini buka mulai 07.00 – 23.00 WIB, dan harganya kisaran Rp. 50.000.

 

3.  Rujak Cingur Delta

Kuliner satu ini merupakan makanan khas yang berasal dari Surabaya yang wajib kalian cicipi serta coba. Banyak pedagang yang menjual rujak cingur tetapi paling harus kita coba adalah rujak cingur delta yang berada pada Plaza Surabaya.

Rujak Cingur Delta berisikan kacang panjang, tahu, tempe, kangkung, tauge, mangga muda, nanas, kedondong, dan sang primadona cingur. Kemudian kita siram dengan kuah petis yang segar dan pedas dan bisa kita makan pada siang hari

Lokasi tempat ini berada pada Plaza Surabaya lantai 2 Jl. Pemuda, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur. Dengan jam buka 10.30 – 20.30 WIB  dan kisaran harga per porsinya: Rp. 30.000.

 

4. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Lontong Balap Garuda Pak Gendut ini cukup melegenda dan sangat terkenal. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya artis ibukota yang pernah mencicipi kelezatan lontong balap serta menu lainnya.

Tidak ketinggalan seprang chef legendaris Indonesia yakni Sisca Soewitomo yang pernah mencicipi lezatnya lontong balap Pak Gendut dan sate kerangnya. Lontong Balap Garuda Pak Gendut ini sudah ada sejak tahun 1958.

Yang pada awalnya berjualan depan trotoar Bioskop Garuda hingga akhirnya saat ini sudah memiliki 2 cabang. Lokasinya pada Jl. Embong Malang No. 38, Genteng, Surabaya, Jawa Timur. Dan jam buka mulai 09.00 – 20.00 WIB serta kisaran harga per porsinya Rp. 20.000.

 

Demikian pembahasan kita mengenai 4 kuliner yang bisa kalian coba ketika berkunjung pada Daerah Surabaya, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: