Parenting; 7 Tips Ampuh Cara Memulihkan Mental Anak Usai Perceraian

Parenting; 7 Tips Ampuh Cara Memulihkan Mental Anak Usai Perceraian

DiswayJateng.com - Perceraian orang tua adalah peristiwa yang bisa memiliki dampak emosional dan psikologis yang signifikan bagi anak-anak.--Istimewa

Membantu anak membangun jaringan dukungan sosial yang sehat juga merupakan faktor penting dalam pemulihan kesehatan mental. Mendukung mereka untuk menjalin hubungan dengan teman sebaya, anggota keluarga lain, atau bergabung dengan kelompok dukungan untuk anak-anak yang mengalami perceraian orang tua dapat membantu mereka merasa didukung dan tidak sendirian.

7. Fokus pada Peningkatan Resiliensi

Mendorong anak untuk mengembangkan resiliensi dapat membantu mereka menghadapi dan mengatasi perubahan yang terjadi akibat perceraian orang tua. Membantu mereka mengidentifikasi dan memanfaatkan kekuatan dan kemampuan mereka sendiri, serta memberikan contoh positif dalam menghadapi tantangan, akan memperkuat kesehatan mental mereka.

Pemulihan kesehatan mental setelah perceraian orang tua adalah proses yang kompleks dan bervariasi untuk setiap anak. Penting untuk memberikan waktu, dukungan, dan pemahaman yang kontinu. Dengan memberikan lingkungan yang stabil, dukungan emosional, dan akses ke sumber daya yang tepat, anak dapat memulihkan kesehatan mental mereka dan tumbuh menjadi individu yang tangguh dan berdaya.

Sekian artikel tipsampuh cara memulihkan mental anak usai perceraian, metode parenting ini penting mengingat anak memiliki perjalanannya sendiri. Memiliki garis hidupnya sehingga memulihkan mentalnya agar tidak stres atau depresi merupakan langkah yang sangat bijaksana.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber