Cara Mudah Ngilangin Bau Kapur Barus Pada Lemari Pakaian Anda

Cara Mudah Ngilangin Bau Kapur Barus Pada Lemari Pakaian Anda

Bau kapur barus pada lemari dapat anda hilangkan dengan beberapa cara--

DISWAYJATENG – Aroma kapur barus yang menyengat kadang tercium saat kita membuka lemari pakaian. Umumnya kapur barus kita taruh pada tumpukan pakaian dalam lemari dengan tujuan menjaga pakaian dari serangga. Selain itu, kapur barus juga menjaga kelembapan berlebih dan mencegah jamur.

Kapur barus juga memiliki aroma yang wangi. Itulah mengapa kapur barus kerap orang gunakan untuk mengusir aromatidak sedap. Namun kadang ketika aroma kapur barus terhirup berualang kali, bahan kimia ini dapat memicu sakit kepala, mual, pusing dan bahkan anemia.

Lebih buruk lagi, bau kapur barus dapat dengan mudah menempel pada serat kayu, memicu bau yang bisa bertahan selama bertahun-tahun.

Namun anda tidak perlu khawatir, aroma tersebut dengan mudah dapat kita hilangkan  dengan beberapa langkah mudah. Melansir dari Home Made Simple, berikut cara menghilangkan bau kapur barus pada lemari pakaian.

Menghilangkan Bau Kapur Barus dalam Lemari

1.       Cuci Dengan Cuka

Cuka putih mengandung asam asetat yang memungkinkannya menetralkan bau alkali dan secara efektif sebagai pengharum alami. Jalankan mesin cuci dengan pakaian yang yang berbau kapur barus dengan menggunakan 236,5 ml cuka putih.

2.       Cuci dengan Deterjen

Setelah cuka bekerja menghilangkan bau kapur barus, cuci pakaian dengan cara biasa. Hal ini dapat membantu menyegarkan pakaian. Jalankan siklus pencucian kedua menggunakan deterjen biasa.

3.       Gunakan Penyegar Kain

Gunakan penyegar kain secara teratur untuk menjaga pakaian tetap esegar dan mencegah bau yang tidak kita inginkan.

4.       Singkirkan Pakaian yang Berbau

Untuk membersihkan bagian dalam lemari, mulailah dengan mengeluarkan pakaian yang berbau dari lemari.

5.       Bersihkan permukaan

Rak atau gantungan pakaian yang terpasang pada bagian dalam harus kita seka dengan lap basah atau kering dan multi-surface cleaner.

6.       Serap Bau

Setelah permukaan dibersihkan, serap baunya dengan bahan-bahan rumahan. Letakkan semangkuk cuka putih, sekotak soda kue atau semangkuk bubuk kopi dalam lemari. Sering-seringlah menggantinya hingga aroma terserap dan hilang.

7.       Udara Segar dan Panas

Bersama-sama, mereka dapat mengangkat aroma yang tidak anda inginkan dari kayu. Jika anda bisa, bawa lemari keluar rumah pada hari yang cerah dan lepaskan lacinya dan kompartemennya.

Panas akan mempercepat proses sublimasi, mengubah partikel kapur barus yang tersisa menjadi gas yang dapat hanyut.

Ventilasi ruang luar atau garasi akan mencegahnya mengendap pada permukaan lunak. Jika lemari tidak dapat anda pindahkan dengan mudah, buka jendela pada ruangan tempat lemari tersebut.

Kemudian arahkan pengering rambut dari jarak yang aman selama 15 hingga 30 menit setiap hari selama tiga hari.

BACA JUGA:Gak Perlu Putus Asa Lihat Kamar Mandi Berkerak, Pakai Cara Ini Dijamin Kinclong

8.       Gunakan Pengharum Ruangan

Langkah terakhir menggunakan langkah yang penting. Anda dapat menggunakan pengarum ruangan pada lemari anda. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: