5 Cara Membedakan Nyeri Haid Yang Normal Dan Tidak Normal

5 Cara Membedakan Nyeri Haid Yang Normal Dan Tidak Normal

Nyeri haid--

 

DISWAY JATENG – Inilah 5 cara membedakan nyeri haid/menstruasi yang normal dan tidak normal. Banyak perempuan yang mengalami haid mengalami sakit kram atau nyeri pada perut.

Jadi ada yang ketika menstruasi mengalami nyeri, nyerinya macam-macam, mulai dari normal/biasa, ada juga nyerinya berlebihan sampai mengganggu aktivitasnya. Sampai anda khawatir, ini kenapa ya kok nyerinya sakit sekali, tidak seperti biasanya. Nah banyak yang bingung dan bertanya-tanya ini kira-kira normal atau tidak ?

Nyeri menstruasi ataupun haid tiap wanita itu berbeda-beda. ada yang nyerinya sedikit, ada yang sedang, ada yang berat. Bahkan ada yang ketika berbaring saja sudah nyeri, ada yang saat berjalan, ada yang ketika melakukan kegiatan tertentu baru terasa nyeri, jadi berbeda-beda.

Nah, artikel ini akan membahas ya lima cara membedakan nyerinya normal ataupun nyerinya tidak normal pada saat menstruasi. Bersumber dari laman youtube Dokter Saddam Ismail.

 

Bagaimana cara membedakan nyeri yang normal dan yang tidak normal saat menstruasi?

 

1.      Nyeri Durasi Menstruasi

 

Saat mendekati masa menstruasi, endometrium akan menebal ya, dindingnya akan menebal yaitu tempat untuk menempelnya sel telur dan sel pria.

 

Ketika terjadi pembuahan akan hamil, jika tidak ada atau tidak ada yang menempel ya dia akan meluruh bersama dengan darah. Nah itulah yang menyebabkan  anda mengalami menstruasi.

 

Kemudian, nanti setelah dia meluruh itu tubuh akan melepaskan prostaglandin. Nah inilah yang menyebabkan terjadinya kram perut atau timbulnya nyeri perut.

 

Jadi nyeri yang normal itu dirasakan dua sampai dengan tiga hari. Nah dengan rentang dua sampai dengan tiga hari ketika anda menstruasi, anda mengalami kram perut ataupun nyeri perut dengan durasi seperti itu, Ini masih kategori normal.

 

Jika melebihi tiga hari, bahkan sampai dengan empat, lima ataupun sembilan hari ya ini kan udah terlalu lama ya berarti sudah tidak normal lagi.

 

2.      Nyeri Haidnya Biasanya Mudah Teratasi

 

Ketika anda sedang alami nyeri yang normal itu mudah atasinya. Caranya mengatasinya bagaimana? Cukup mudah, yaitu dengan gunakan botol yang berisi air hangat lalu kompres pada area perut yang nyeri. Jika nyerinya normal maka akan mereda.

 

Selain itu, saat meminum  obat pereda nyeri yang terjual bebas di apotek seperti parasetamol ataupun Ibuprofen, Nah itu akan berkurang atau hilang nyerinya.

 

 

3.      Nyerinya Mengganggu aktifitas

 

Nah ketika kram perutnya itu tidak bisa atasi dengan yang cara tadi maka itu tidak normal lagi karena kram tidak  mudah teratasi.

 

Tipnya bagaimana?  tipsnya jika kram perutnya itu tidak mudah atasi dengan dua cara tersebut, sebaiknya meminta pertolongan ke dokter,  berkonsultasi dan perhatikan sudah tidak normal lagi, ya tidak bisa sendiri.

 

Kemudian juga kami sarankan untuk melakukan olahraga, melakukan aktivitas yang menyehatkan, agar nanti pasokan oksigen ke rahim itu lancar.

 

Seandainya anda menstruasi  itu bisa mengurangi nyeri ataupun kram perut. Jadi jika yang normal itu tidak mengganggu aktivitas, yang tidak normal itu mengganggu aktivitas.

 

 

4.       Nyerinya Tidak Bisa Atasi Dengan Obat Non Resep

 

Nah seperti poin yang sebelumnya, ketika anda membeli obat anti nyeri seperti parasetamol, Ibuprofen, anda minum nyerinya itu tidak berkurang sama sekali Nah ini menandakan tidak normal.

 

Jika seandainya anda menggunakan obat non resep tersebut, nyerinya itu hilang itu tandanya normal. Tapi jika sudah tidak hilang itu tidak normal.

 

Lalu bagaimana dok? jika ini terjadi ya langsung konsultasikan ke dokter ini kenapa, takutnya nanti ada fibroid Rahim, atau endometriosis, ataupun penyakit rahim lainnya. Jadi harus segera cek ke dokter kandungan nanti di USG ataupun pemeriksaan lainnnya.

 

 

5.      Nyerinya Itu Tidak Tiap Bulan

 

Maksudnya, ketika anda setiap bulannya dari dulu ya itu mengalami nyeri, otomatis kan anda sudah terbiasa yaitu berarti normal. Tapi ketika nyeri yang datang itu kok Tidak seperti biasanya, nah sebelumnya tidak pernah seperti ini, baru bulan ini nyeri sekali nah ini sudah tidaj normal juga.

 

Nah jika seandainya anda mengalami nyeri yang berlebihan saat menstruasi bulan ini tidak seperti bulan-bulan sebelumnya nah ini tidak normal.

 

Nyeri yang hebat itu biasanya sebutannya dengan dismenore, dismenore primer maupun dismenore sekunder.

 

Jika yang primer itu yang pertama, nyerinya tiap bulan sama, tapi jika dismenore sekunder yaitu nyerinya berlebihan. Nyerinya juga tidak teratur ini juga bisa menandakan adanya sesuatu.

 

Bisa juga potensi seperti sebutkan sebelumnya, entah itu radang panggul,  kista ovarium, fibroid Rahim, endometriosis ataupun penyakit lainnya.

 

Jadi memang harus konsultasikan ke dokter ya supaya tahu. Jadi jika tahu sebabnya akan lebih mudah untuk mengatasinya, Jadi tidak berulang-ulang nyeri yang berlebihan ataupun nyeri yang tidak normal.

 

Itulah 5 cara membedakan bagaimana sih nyeri yang normal ketika menstruasi ataupun haid dan juga nyeri yang tidak normal ketika anda menstruasi.

Baca juga: https://jateng.disway.id/read/615188/haid-datang-lebih-cepat-tiga-penyakit-ini-bisa-jadi-penyebabnya/15

Semoga bermanfaat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: