Yakin Gak Mau Bubur Ayam Kuah Kuning Bikinan Sendiri, Ini Lho Resepnya

Yakin Gak Mau Bubur Ayam Kuah Kuning Bikinan Sendiri, Ini Lho Resepnya

Bubur ayam kuah kuning sangat cocok sekali untuk sarapan pagi--

DISWAYJATENG – Bubur ayam dengan berbagai macam varian serta macamnya banyak dan mudah kita temukan pada sekitar tempat tinggal kita. Ada yang menjajakan dengan cara keliling dalam kampung.

Ada juga yang menjualnya dengan cara mangkal pada tempat yang strategis. Bubur ayam sering kita kaitkan dengan menu sarapan bagi sebagian orang.

Makanan ini selalu orang cari dan menjadi favorit terutama untuk sarapan pagi. Siapapun pasti akan menyukainya karena rasanya enak dan juga gurih serta hangat.

Bubur ayam kampung bisa menjadi ide sarapan nikmat dengan kuah kuning serta anda sajikan bersama sate telur puyuh serta kerupuk. Pelengkap tersebut akan menambah tampilan serta rasanya semakin mengenyangkan.

Bubur ayam kampung ini mudah anda buat sendiri dengan bumbu halus terdiri dari ketumbar, kemiri, bawang putih, kunyit dan garam.

Penasaran dengan cara membuat bubur ayam kuah kuning? Melansir dari buku “60 Resep Masakan Favorit Anti Gagal” ( 2013), berikut resep bubur ayam kampung:

Bubur Ayam Kampung Kuah Kuning

Bahan:

1.       1 ekor ayam kampung

2.       3 ½ liter air

3.       150 gram beras

4.       1 sendok teh garam

5.       Minyak secukupnya

Bahan Kuah:

1.       2 lembar daun jeruk

2.       2 batang serai, lalu memarkan

Bumbu yang Anda Haluskan:

1.       2 sendok teh ketumbar, kemudian anda sangrai

2.       1 butir kemiri, lalu sangrai

3.       2 siung bawang putih

4.       1 cm kunyit

5.       1 sendok teh garam

Bahan Sambal:

1.       5 buah cabai merah, rebus

2.       3 buah cabai raeit, rebus

Pelengkap :

1.       Kecap manis

2.       Cakwe iris tipis

3.       Kerupuk merah

4.       Emping goreng

5.       Bawang goreng

6.       Sambal

Cara Pembuatan :

1.       Pertama, anda rebus ayam dengan tiga setengah liter air hingga mendidih, setelah matang anda angkat. Kemudian anda saring kaldunya dan sisihkan sebanyak tiga liter. Selanjutnya anda goreng ayam, kemudian anda suwir-suwir.

2.       Masak beras dengan dua setengah liter kaldu hingga menjadi bubur, kemudian angkat dan sisihkan.

3.       Untuk membuat kuahnya, panaskan minyak, kemudian anda tumis bumbu halus. Tambahkan daun jeruk dan serai hingga berbau harum. Tambahkan sisa kaldu, lalu masak hingga mendidih kemudian anda angkat.

4.       Sedangkan untuk membuat sambalnya, haluskan cabai merah dan rawit. Tambahkan dua sendok makan kaldu lalu anda aduk hingga rata.

5.       Sajikan bubur panas-panas dan siram dengan kuah. Kemudian beri taburan ayam suwir, cakwe, emping kemudian kerupuk dan bawang goreng.

6.       Hidangkan bubur ayam kuah kuning dengan sambal.   

Setelah bubur ayam siap anda hidangkan, anda juga perlu mengetahui beberapa lauk pendamping yang membuat bubur ayam makin enak.  Ada beberapa lauk pendamping yang bisa kita bilang paling enak , berikut beberapa lauk pendamping untuk sajian bubur ayam:

1.       Kerupuk Udang

Kerupuk udang sering menjadi lauk pelengkap bubur ayam. Saking enaknya kadang kehadiran kerupuk udang ini sering anda lupakan.

2.       Kecap kedelai

Kecap ini terbuat dari fermentasi kedelai hitam. Kurang lengkap rasanya menyantap bubur ayam tanpa kehadiran kecap sebagai penyeimbang rasa.

3.       Sate Ati Ampela

Sate ati ampela tidak kalah nikmatnya apabila anda jadikan lauk pendamping bubur ayam.

4.       Telur rebus

Pelengkap ini menambah cita rasa gurih dan kaya akan protein. Beberapa orang suka menikmati bubur ayam bersama telur rebus atau telur bacem.

BACA JUGA:Tauge, Sederhana Namun Ternyata Sangat Nikmat! Ini Resepnya

5.       Sate Usus

Sate usus juga menjadi primadona sebagai salah satu bahan pelengkap bubur ayam. Teksturnya yang kenyal membuat sarapan pagi anda semakin kenyang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: