Ini Dia Berbagai Manfaat Daun Bidara Antaranya Untuk Kecantikan

Ini Dia Berbagai Manfaat Daun Bidara Antaranya Untuk Kecantikan

Ini Dia Berbagai Manfaat Daun Bidara Antaranya Untuk Kecantikan-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID Bidara atau widara adalah sejenis pohon kecil penghasil buah yang tumbuh pada daerah yang kering sering kita jumpai pohon bidara. Pohon bidara juga memiliki nama lain yaitu Ziziphus mauritiana. 

 

Tanaman bidara ini mirip dengan perdu akan tetapi  pohon ini bisa tumbuh hingga 15 meter. Bahkan pohon ini memiliki banyak cabang dan ranting yang sangat banyak dan berduri pada pohonnya.

 

BACA JUGA:Ini Dia Berbagai Makanan Dan Buah untuk Kecantikan Alami Pada Kulit

Pohon bidara sering kali tumbuh pada daerah yang kering dan sedikit hujan dan berbentuk lonjong dengan warna hijau mengkilat. Kali ini kita akan membahas apa saja manfaat daun bidara terutama untuk kecantikan, antara lain:

1.Menjaga kelembaban kulit

Bagi kalian yang memiliki karakter kulit wajah yang kering maka menggunakan daun bidara ini sangat cocok sebagai pelembab alami. Menurut Pharm Easy pohon bidara memiliki sifat antioksidan dan dapat membantu menjaga kesehatan kulit kita

Bagi kalian yang ingin mencobanya bisa padukan daun bidara dengan daun jeruk nipis, madu, dan lemon. Maka akan mempunyai hasil yang sangat ampuh untuk melengkapi kulit kita, gunakan air hangat untuk membasuh dan membilas wajah.

Bagi kalian yang menggunakan cara ini dengan cara yang benar agar hasil yang kita dapatkan sangat optimal.

2.Meningkatkan nafsu makan

Kalian jangan anggap remeh masalah kurang nafsu makan karena jika saat nafsu makan berkurang otomatis asupan nutrisi juga berkurang. Dan pada asupan nutrisi yang berkurang tentu ada efek buruknya bagi kesehatan kita.

Jika kalian mengalami masalah ini kita tidak perlu mengonsumsi suplemen kesehatan yang membutuhkan cadangan kimia. Kita cukup gunakan rebusan daun bidara ini setiap pagi maka tidak lama nafsu makan akan segera kembali meningkat.

3.Mengatasi masalah jerawat

Kalian tidak usah meragukan daun bidara karena sudah lama terpercaya mampu mengatasi masalah kulit berjerawat secara spesifik. Bahkan buah bidara dapat mengobati jerawat, noda, dan bekas luka serta membuat kulit tampak bercahaya dan mulus.

Untuk mendapatkan manfaat ini kalian dapat menyiapkan beberapa lembar daun bidara kemudian kalian tumbuk daun tersebut sampai halus. Lalu kita campur sedikit air hingga teksturnya seperti krim.

Jika sudah kita bersihkan wajah kita dengan air bersih dan oleskan pada permukaan wajah kita yang berjerawat. Kita diamkan hingga kering sekitar 20-30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Untuk hasil yang maksimal kalian bisa gunakan secara rutin dan waktu yang tepat pada malam hari. Dan jika kita rutin memakainya minimal 2 bulan akan langsung terlihat hasilnya pada permukaan wajah kita.

4.Baik untuk penderita diabetes

Penyakit diabetes sangat berbahaya untuk tubuh kita karena menyebabkan pankreas tidak lagi berfungsi dengan baik untuk memproduksi insulin. Insulin adalah hormon yang dapat mengontrol kadar gula darah pada tubuh kita.

Dengan ramuan daun bidara dapat membantu produksi sistem insulin dan mengembalikan kadar gula darah. Sehingga sangat baik untuk penderita penyakit diabetes.

Selain itu buahnya yang kita sebut jujube memiliki indeks glikemik rendah yang dapat bermanfaat bagi penderita diabetes. Penyerapan buah ini yang lambat pada dalam aliran darah mencegah lonjakan kadar gula darah yang tiba-tiba.

5.Menghilangkan bau mulut

Jika kita mengalami bau mulut sebabnya adalah pembusukan sisa makanan oleh bakteri atau kuman yang ada pada antara gigi berlubang. Tanaman herbal ini  sudah banyak terakui memiliki sifat anti bakteri yang bagus bagi tubuh kita.

Bahakan sifatnya ini sangat baik untuk menghilangkan bau mulut yang kita alami dengan cara sangat mudah. Bagi kalian yang kuat dengan rasa daun bidara maka kalian bisa langsung mecoba mengunyahnya beberapa saat. 

Demikian pembahasan kita mengenai berbagai manfaat daun bidara terutama untuk kecantikan, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: